Latihan Soal IPS Kelas 8 SMP/ MTs semester 2, Bab 3 Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN, Materi Bahasan II

Posting Komentar
Halo sobat Soal Point, selamat datang kembali di blog Soal PointNet. Pada post kali ini kita lanjutkan lagi latihan soal IPS kelas 8 bab 3 yaitu Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN. Pada bagian ini kita beranjak ke bagian kedua latihan soal IPS Kelas 8 bab 3 yaitu tentang perdagangan antar pulau, perdagangan antar negara dan alat pembayaran antar negara (devisa). Untuk bagian pertama, sahabat Soal Point bisa berlatih melalui post sebelumnya yaa..

Image by Pexels from Pixabay 




Latihan soal disarikan dari buku paket IPS kelas 8 SMP/ MTs Bab 3, Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN.  Terdapat 25 latihan soal tipe pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Untuk memudahkan belajar, kunci jawaban dalam format spoiler (buka tutup). 

Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,,

========================================================================================
Latihan Soal IPS Kelas 8 SMP/ MTs semester 2, 
Bab 3 Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN 

Part II
Perdagangan antar pulau, perdagangan antar negara dan alat pembayaran antar negara (devisa)
========================================================================================

1. Kegiatan tukar menukar barang atau jasa atau keduanya yang berdasarkan kesepakatan bersama bukan pemaksaan disebut ....
A. permintaan
B. penawaran
C. perdagangan
D. pembelian



2. Sebelum mata uang ditemukan, kebutuhan antar manusia dilakukan dengan saling tukar menukar barang dengan barang yang disebut ....
A. barter
B. ijon
C. kredit
D. pajak



3. Kegiatan untuk menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang untuk memenuhi kebutuhan disebut ....
A. produksi
B. distribusi
C. konsumsi
D. retribusi



4. Kegiatan mengantar barang dari produsen ke konsumen disebut ....
A. produksi
B. distribusi
C. konsumsi
D. retribusi



5. Orang yang menggunakan barang dari hasil produksi disebut ....
A. produsen
B. distributor
C. konsumen
D. importir



6. Berikut ini adalah tujuan perdagangan antardaerah, kecuali ....
A. memenuhi kebutuhan suatu daerah
B. memperoleh keuntungan
C. menciptakan kesenjangan sosial antardaerah
D. memperluas jangkauan pasar agar konsumen meningkat



7. Yang bukan merupakan faktor penyebab terjadinya perdagangan antardaerah adalah ....
A. perbedaan hasil produksi
B. perbedaan harga barang
C. keinginan suatu pulau/daerah untuk meningkatkan produktivitasnya
D. memperluas wilayah daerah



8. Perhatikan pernyataan berikut ini,
(1) Terpenuhinya segala jenis kebutuhan yang diperlukan pulau atau daerah tertentu.
(2) Terciptanya lapangan kerja yang luas.
(3) Terciptanya perbedaan persentase kemakmuran dan kesejahteraan antar pulau/daerah.
(4) Terbangunnya hubungan silaturahmi yang positif antar daerah
(5) meningkatnya angka pengangguran

Yang merupakan manfaat melakukan perdagangan antarpulau/daerah ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), (3)
B. (1), (3), (4)
C. (2), (3), (5)
D. (1), (2), (4)



9. Produk susu tradisional dari Sumbawa Nusa Tenggara dijual sampai ke daerah di pulau Jawa. Hal ini menyebabkan produk susu tersebut dikonsumsi oleh konsumen di pulau Jawa. Contoh tersebut merupakan sebuah gambaran tentang tujuan perdagangan antar pulau dalam mencakup ....
A. keuntungan
B. memperluas pangsa pasar
C. silaturahmi antar daerah
D. memperbesar produktifitas



10. Sarung Samarinda atau Tajong Samarinda adalah jenis kain tenunan tradisional terkenal dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Dikarenakan kualitas dan keindahannya, banyak pembeli yang menginginkan produk ini. Pesanan pun membanjir dari daerah lain bahkan antar pulau. Hal ini merupakan suatu keuntungan dalam perdagangan sarung ini, khususnya bagi para perajin untuk ....
A. mengenalkan produk mereka
B. menjelaskan detail sarung
C. meningkatkan produktivitasnya
D. meningkatkan silaturahmi



11. Perdagangan yang dilakukan oleh suatu penduduk antarnegara dengan penduduk daerah lain atas dasar kesepakatan bersama disebut ....
A. perdagangan daerah
B. perdagangan antar ddaerah
C. perdagangan antar pulau
D. perdagangan antar negara



12. Suatu kegiatan menjual produk barang atau jasa ke luar negeri disebut ....
A. ekspor
B. impor
C. transito
D. distribusi



13. Orang atau lembaga perantara dagang yang mendatangkan barang dari luar negeri disebut ....
A. distributor
B. regulator
C. importir
D. eksportir



14. Kegiatan membeli barang dari suatu negara untuk ddipasarkan ke negara lain disebut ....
A. ekspor
B. impor
C. transito
D. distribusi



15. Berikut ini adalah manfaat dari perdagangan antarnegara, kecuali ....
A. kebutuhan setiap negara tercukupi
B. keuntungan dari negara pengekspor yaitu devisa
C. mendorong kegiatan produksi barang secara besar- besaran
D. perekonomian negara- negara maju akan semakin maju dan negara berkembang akan semakin turun



16. Keuntungan yang diperoleh dari kegiatan ekspor suatu negara adalah dalam bentuk mata uang asing yang disebut ....
A. valas
B. deposito
C. saham
D. devisa



17. Pernyataan yang benar tentang perdagangan dalam negeri adalah ....
A. alat pembayaran menggunakan valas (valuta asing)
B. mutu barang harus memenuhi standar internasional
C. pembeli dan penjual dapat bertatap muka langsung
D. biaya angkutan tinggi dan terkena pajak



18. Di bawah ini adalah salah satu penyebab negara melakukan impor, kecuali ....
A. belum mendapat barang yang diinginkan
B. tidak dapat menghasilkan barang yang dibutuhkan
C. biaya produksi yang masih tinggi meskipun sudah dapat menghasilkan barang
D. kelebihan stok barang dalam negeri



19. Jika nilai ekkspor melebihi dari nilai impor maka disebut dengan neraca perdagangan aktif atau disebutkan bahwa neraca perdagangan tersebut mengalami ....
A. defisit
B. penurunan
C. peningkatan
D. surplus



20. Pembayaran dalam perdagangan antarnegara dapat dilakukan oleh beberapa cara berikut ini, kecuali ....
A. transfer bank lokal
B. wesel
C. telegraphic transfer
D. clearing international



21. Yang bukan termasuk sumber devisa negara adalah ....
A. hasil ekspor barang- barang
B. hutang luar negeri
C. kunjungan wisatawan mancanegara
D. modal investasi



22. Secara umum devisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan negara di luar negeri. Di bawah ini adalah termasuk kebutuhan negara diluar negeri yang dibiayai oleh devisa, kecuali ....
A. membiayai kedutaan dan konsultan di luar negeri
B. memperoleh jasa dari luar negeri dan biaya pengiriman pemuda- pemudi yang belajar di luar negeri
C. membiayai perjalanan dinas ke luar negeri
D. membayar pajak ekspor barang ke luar negeri  


23. Yang termasuk barang konsumsi dalam kooditas impor dari luar negeri adalah ....
A. bahan kimia, kapas, bahan obat- obatan
B. mesin- mesin, alat pengangkutan, peralatan listrik
C. bahan kimia, kapas, beras
D. beras, tekstil, susu



24. Indonesia membutuhkan barang - barang yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan kembali  atau disebut dengan barang ....
A. konsumsi
B. bahan baku penolong
C. modal
D. produksi



25. Berdasarkan sumbernya, devisa dibedakan menjadi dua yaitu devisa umum dan devisa kredit. Yang termasuk devbisa kredit adalah ....
A. hasil ekspor
B. penyelenggaraan jasa luar negeri
C. wesel asing
D. hutang luar negeri


========================================================================================
Demikian latihan soal IPS kelas 8 bab 3 yaitu Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN. Semoga menjadi tambahan refernsi untuk belajar khususnya dalam menghadapi penilaian harian bab tersebut. Latihan soal bab 3 bagian 3 akan saya lanjutkan setelah postingan ini selesai. 

Semoga Bermanfaat yaa...

Salam.

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan