Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Linguistik Umum
1. Wacana nonbahasa yang berbentuk isyarat dapat berupa :A. lampu lalu lintas yang memberikan tanda di jalan raya
B. bunyi kentongan sebagai tanda ada bahaya di suatu desa
C. bunyi peluit seorang wasit sepak bola pada suatu pertandingan
D. gerakan kepala seperti menggeleng sebagai tanda tidak setuju atau tidak suka
2. Wacana hortatori adalah wacana yang ... .
A. menjelaskan sesuatu dan berisi pendapat atau kesimpulan dari sebuah pandangan
B. berupa rangkaian tuturan yang melukiskan sesuatu secara kronologis
C. berupa tuturan yang berisi ajakan atau nasihat
D. berupa rangkaian penyajian peristiwa melalui penonjolan pelaku I dan pelaku III
3. Berikut ini yang termasuk maxim cara adalah ... .
A. A : Bagaimana kita bisa mendapatkan informasi mengenai pendidikan?
B : Kita bisa mencarinya melalui internet
B. A : Mau makan apa hari ini?
B : Aku mau makan ayam goreng
C. A : Kepala aku sakit sekali
B : Itu disana ada apotik
D. A : Kamu mau tidur dimana?
B : Dimana saja aku bisa tidur
4. Berikut ini yang merupakan contoh tindak deklaratif adalah ... .
A. keputusan hakim di pengadilan tindak pidana korupsi
B. meminta maaf karena datang terlambat di kantor
C. bersumpah untuk tidak melakukan tindak kejahatan
D. memohon meminta dibelikan rumah
5. Labov menyatakan bahwa masyarakat bahasa merupakan ... .
A. sekelompok orang yang satu sama lain bisa saling mengerti sewaktu mereka berbicara
B. masyarakat pemakai bahasa yang terbentuk karena adanya saling pengertian
C. sekelompok orang yang menggunakan sistem tanda-tanda ujaran yang sama
D. satu kelompok masyarakat yang memiliki norma-norma yang sama mengenai bahasa
6. Pernyataan berikut ini merupakan penjelasan hubungan bahasa dengan kebudayaan, kecuali ... .
A. kebudayaan manusia tidak akan terjadi tanpa bahasa, bahasalah yang memungkinkan terbentuknya kebudayaan
B. bahasa sebagai sistem komunikasi memiliki makna hanya dalam kebudayaan
C. adanya saling pengertian di antara sesama pemakai bahasa
D. bahasa adalah sine qua non(yang mesti ada) bagi masyarakat manusia
7. Variasi bahasa disebut diolek, jika variasi tersebut ... .
A. digunakan pada sekelompok penutur yang jumlahnya relatif, yang berada pada satu tempat, wilayah, atau area tertentu
B. bersifat perorangan
C. digunakan oleh kelompok sosial pada masa tertentu
D. berkenaan dengan status, golongan, dan kelas sosial para
8. Ragam bahasa ilmiah berciri ... .
A. tegas, ringkas, dan dipenuhi oleh berbagai akronim
B. lebih mementingkan unsur komunikatif dan ringkas
C. estetis, bermetafora, dan berkonotasi
D. lugas, jelas, dan bebas ambigu
9. Ragam bahasa resmi terdapat pada kalimat ... .
A. Ketika menyadari pentingnya jatuh cinta pada diri sendiri, telah lama saya belajar memandikan badan halus dengan obat mujarab yang bernama rasa syukur .
B. Seperti firman Alllah SWT : ”Orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah.”
C. ”A yo dong, sekarang aja deh berangkatnya!”
D. A : ”Belajar yuk besok kan ujian”
B : ”T api dimana?
A : Itu ada meja di taman.
B : ’Baiklah.
10. Menurut Abdul Chaer , sifat bahasa adalah ...
A. arbitrer
B. kalimat
C. fonem
D. morfem
11. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri linguistik tradisional adalah ...
A. ujaran yang diucapkan atau yang didengar oleh kita
B. bahasa dalam arti yang umum
C. sistem bahasa tertentu
D. penghakiman penggunaan bahasa dengan vonis benar salah
12. Fokus perhatian kajian linguistik adalah ...
A. fonologi
B. kalimat
C. fonem
D. morfem
13. Berikut ini yang termasuk alat artikulator aktif adalah ...
A. tim
B. korban-korban
C. banjir
D. ujung lidah
14. Yang merupakan ciri verba adalah ...
A. berfungsi utama sebagai predikat
B. Lupakan saja semua yang telah terjadi
C. Andi menangis karena bahagia
D. Bagai kemarau setahun disiram hujan sehari, hatiku bahagia mendengar kabar darinya
15. Sebuah kata disebut kata penuh jika memiliki ciri-ciri ...
A. tua atau muda
B. sangat lapar
C. siang atau malam
D. memiliki makna
16. Berikut ini yang termasuk contoh antonim hubungan adalah ...
A. orangtua dan anak
B. memperhatikan
C. gaya busana
D. dirinya
17. Berikut ini yang merupakan contoh wacana monolog adalah ...
A. seluk beluk pembentukan kata
B. makna bahasa sebagai alat komunikasi verbal
C. makna dari suatu tanda atau lambang pada umumnya
D. Hati-hati ketika membeli madu, jangan sampai tertipu oleh madu tiruan
A. ilmu yang meneliti dasar fisik bunyi-bunyi bahasa, tanpa memperhatikan fungsinya sebagai pembeda makna
B. ilmu yang membahas mengenai penempatan secara bersama-sama kata-kata menjadi kelompok kata atau kalimat
C. ilmu yang mengkaji bunyi bahasa sebagai pembeda makna
D. ilmu yang mempelajari seluk beluk pembentukan kata
19. Berikut ini yang merupakan kalimat interogatif adalah ... .
A. Musim penghujan telah tiba.
B. Bukankah kalian yang menulis berita itu?
C. Segera kirimkan barang itu secepatnya!
D. ”Aku tidak mengira engkau yang melakukan semua ini!”
A. Musim penghujan telah tiba.
B. Bukankah kalian yang menulis berita itu?
C. Segera kirimkan barang itu secepatnya!
D. ”Aku tidak mengira engkau yang melakukan semua ini!”
20. Pernyataan manakah yang menjelaskan tentang pengertian frase?
A. satuan gramatikal yang terdiri dari dua kata atau lebih dan tidak memiliki unsur predikatif
B. satuan sintaksis berbentuk rangkaian kata-kata yang berkonstruksi predikatif
C. satuan sintaksis yang terdiri dari konstituen dasar
D. satuan terkecil yang membentuk kalimat
A. satuan gramatikal yang terdiri dari dua kata atau lebih dan tidak memiliki unsur predikatif
B. satuan sintaksis berbentuk rangkaian kata-kata yang berkonstruksi predikatif
C. satuan sintaksis yang terdiri dari konstituen dasar
D. satuan terkecil yang membentuk kalimat
21. Berikut ini yang merupakan frase endosentrik adalah ... .
A. tua atau muda
B. sangat lapar
C. siang atau malam
D. di sekolah
A. tua atau muda
B. sangat lapar
C. siang atau malam
D. di sekolah
22. Walaupun cuaca terlihat mendung sekali, aku memutuskan pergi juga.
Yang termasuk frase pada contoh kalimat tersebut adalah ... .
A. walaupun cuaca terlihat mendung sekali, aku memutuskan pergi juga
B. mendung sekali, pergi juga
C. aku memutuskan, walaupun cuaca
D. pergi juga, cuaca mendung
Yang termasuk frase pada contoh kalimat tersebut adalah ... .
A. walaupun cuaca terlihat mendung sekali, aku memutuskan pergi juga
B. mendung sekali, pergi juga
C. aku memutuskan, walaupun cuaca
D. pergi juga, cuaca mendung
23. Roni sangat memperhatikan gaya busana dirinya.
Fungsi predikat pada kalimat tersebut adalah ... .
A. Roni
B. memperhatikan
C. gaya busana
D. dirinya
Fungsi predikat pada kalimat tersebut adalah ... .
A. Roni
B. memperhatikan
C. gaya busana
D. dirinya
24. Semantik merupakan cabang ilmu bahasa yang mengkaji ... .
A. seluk beluk pembentukan kata
B. makna bahasa sebagai alat komunikasi verbal
C. makna dari suatu tanda atau lambang pada umumnya
D. bagaimana bunyi bahasa dihasilkan oleh alat ucap manusia
A. seluk beluk pembentukan kata
B. makna bahasa sebagai alat komunikasi verbal
C. makna dari suatu tanda atau lambang pada umumnya
D. bagaimana bunyi bahasa dihasilkan oleh alat ucap manusia
25. Berikut ini yang merupakan contoh kalimat yang memiliki makna konotasi negatif adalah ... .
A. Ayah wafat seminggu yang lalu
B. Andi harus mengulang di kelas yang sama tahun ini
C. Rani mengunjungi mantan suaminya di rumah sakit
D. Para pedagang kaki lima diciduk petugas karena berjualan di trotoar
A. Ayah wafat seminggu yang lalu
B. Andi harus mengulang di kelas yang sama tahun ini
C. Rani mengunjungi mantan suaminya di rumah sakit
D. Para pedagang kaki lima diciduk petugas karena berjualan di trotoar
26. Berikut ini yang merupakan salah satu jenis sinonim menurut Colliman adalah ... .
A. sinonim antarkalimat
B. sinonim antarfrase
C. sinonim yang memiliki unsur makna yang lebih intensif
D. sinonim antarmorfem
A. sinonim antarkalimat
B. sinonim antarfrase
C. sinonim yang memiliki unsur makna yang lebih intensif
D. sinonim antarmorfem
27. Berikut ini yang merupakan contoh sinonim antarkalimat adalah... .
A. Mereka menebangi pohon-pohon dan Pohon-pohon ditebangi mereka
B. cerdas dan pintar
C. Ini bukuku dan Ini buku saya
D. Anak nakal itu dan Anak yang nakal itu
A. Mereka menebangi pohon-pohon dan Pohon-pohon ditebangi mereka
B. cerdas dan pintar
C. Ini bukuku dan Ini buku saya
D. Anak nakal itu dan Anak yang nakal itu
28. Faktor –faktor berikut ini yang menyebabkan kata-kata yang bersinonim tidak dapat tergantikan adalah ... .
A. faktor waktu yang berbeda, faktor tempat atau daerah, faktor bidang kegiatan
B. faktor gramatikal, faktor leksikal, faktor pengaruh bahasa asing
C. faktor pemakai bahasa, faktor bahasa itu sendiri, faktor metafora
D. faktor oposisi mutlak, faktor oposisi hubungan, faktor hierarkial
A. faktor waktu yang berbeda, faktor tempat atau daerah, faktor bidang kegiatan
B. faktor gramatikal, faktor leksikal, faktor pengaruh bahasa asing
C. faktor pemakai bahasa, faktor bahasa itu sendiri, faktor metafora
D. faktor oposisi mutlak, faktor oposisi hubungan, faktor hierarkial
29. Berikut ini yang bukan merupakan jenis antonim menurut Verhaar adalah ... .
A. antonim antarkalimat
B. antonim antarmorfem
C. antonim antarkata
D. antonim hierarkial
A. antonim antarkalimat
B. antonim antarmorfem
C. antonim antarkata
D. antonim hierarkial
30. Menurut Pateda, polisemi terjadi karena faktor leksikal yang dapat bersumber dari ... .
A. sebuah kata yang mengalami perubahan pemakaian dalam bahasa yang mengakibatkan munculnya makna baru
B. perubahan makna dari kata yang lebih umum menjadi lebih khusus
C. gejala penyempitan makna
D. perubahan makan kata dari yang lebih khusus ke yang lebih luas
A. sebuah kata yang mengalami perubahan pemakaian dalam bahasa yang mengakibatkan munculnya makna baru
B. perubahan makna dari kata yang lebih umum menjadi lebih khusus
C. gejala penyempitan makna
D. perubahan makan kata dari yang lebih khusus ke yang lebih luas
31. Yang merupakan contoh polisemi pada kalimat berikut ini adalah ... .
A. Kepala suku di daerah terpencil itu sangat kejam dan bengis
B. Operasi militer yang diberlakukan di daerah Aceh sudah dihapuskan sekarang
C. Kakaknya miskin tetapi adiknya kaya
D. Bentuk rumah-rumahan itu mungil dan kecil
A. Kepala suku di daerah terpencil itu sangat kejam dan bengis
B. Operasi militer yang diberlakukan di daerah Aceh sudah dihapuskan sekarang
C. Kakaknya miskin tetapi adiknya kaya
D. Bentuk rumah-rumahan itu mungil dan kecil
32. Berikut ini contoh perubahan makna yang berupa penghalusan makna adalah ... .
A. jelek dan bagus
B. kelaparan dan rawan pangan
C. melihat dan mengamati
D. masa dan massa
A. jelek dan bagus
B. kelaparan dan rawan pangan
C. melihat dan mengamati
D. masa dan massa
33. Pernyataan berikut yang merupakan pendapat Samsuri, tentang wacana :
A. satuan bahasa yang lengkap baik lisan maupun tulisan yang di dalamnya terdapat konsep, gagasan, pikiran atau ide yang utuh, yang bisa dipahami pembaca atau pendengar
B. satuan bahasa yang terlengkap dan tertinggi di atas kalimat atau klausa dengan kohesi dan koherensi yang tinggi
C. rentetan kalimat yang berkaitan yang menghubungkan preposisi satu dengan preposisi lain sehingga embentuk kesatuan
D. rekaman kebahasaan yang utuh tentang peristiwa komunikasi
A. satuan bahasa yang lengkap baik lisan maupun tulisan yang di dalamnya terdapat konsep, gagasan, pikiran atau ide yang utuh, yang bisa dipahami pembaca atau pendengar
B. satuan bahasa yang terlengkap dan tertinggi di atas kalimat atau klausa dengan kohesi dan koherensi yang tinggi
C. rentetan kalimat yang berkaitan yang menghubungkan preposisi satu dengan preposisi lain sehingga embentuk kesatuan
D. rekaman kebahasaan yang utuh tentang peristiwa komunikasi
34. Berikut ini yang merupakan unsur-unsur wacana segmental adalah ... .
A. ruang, waktu pemakaian, tujuan pemahaman bahasa
B. kalimat, morfem, dan fonem
C. intonasi, tekanan, dan pemakai bahasa itu sendiri
A. ruang, waktu pemakaian, tujuan pemahaman bahasa
B. kalimat, morfem, dan fonem
C. intonasi, tekanan, dan pemakai bahasa itu sendiri
D. tekanan, makna, dan perasaan bahas
A. bahasa lahir dalam satu kegiatan sosial (Yo-he-ho theory)
B. bahasa lahir secara alamiah (dingdong theory)
C. manusia dan bahasa berkembang bersama
D. isyarat mendahului ujaran (gesture theory)
36. Parole adalah ... .
A. ujaran yang diucapkan atau yang didengar oleh kita
B. bahasa dalam arti yang umum
C. sistem bahasa tertentu
D. sistem bahasa yang disebut juga competence
A. ujaran yang diucapkan atau yang didengar oleh kita
B. bahasa dalam arti yang umum
C. sistem bahasa tertentu
D. sistem bahasa yang disebut juga competence
37. Fungsi linguistik bagi guru bahasa adalah membantu guru untuk dapat ... .
A. menjelaskan masalah dan gejala-gejala bahasa, serta mampu berbahasa dengan baik dan benar
B. mengapresiasi karya-karya sastra dengan menggunakan bahasa sebagai sarana ekspresinya
C. memahami fonem-fonem bahasa yang dikamuskan
D. membahasakan materi dengan kosakata dan kalimat yang tepat sehingga tidak terjadi kesalahpahaman
A. menjelaskan masalah dan gejala-gejala bahasa, serta mampu berbahasa dengan baik dan benar
B. mengapresiasi karya-karya sastra dengan menggunakan bahasa sebagai sarana ekspresinya
C. memahami fonem-fonem bahasa yang dikamuskan
D. membahasakan materi dengan kosakata dan kalimat yang tepat sehingga tidak terjadi kesalahpahaman
38. Linguistik sinkronik mendeksripsikan bahasa pada masa tertentu secara apa adanya, berikut ini yang merupakan kegiatan kajian linguistik sinkronik adalah ... .
A. mengkaji pengaruh bahasa ibu pada kosakata anak pada saat belajar bahasa Indonesia
B. mengkaji struktur kalimat pada novel-novel pada masa perang kemerdekaan Indonesia kurun waktu 1944-1950
C. mengkaji pengaruh bahasa slangpada perkembangan bahasa Indonesia
D. mengkaji naskah-naskah lam
A. mengkaji pengaruh bahasa ibu pada kosakata anak pada saat belajar bahasa Indonesia
B. mengkaji struktur kalimat pada novel-novel pada masa perang kemerdekaan Indonesia kurun waktu 1944-1950
C. mengkaji pengaruh bahasa slangpada perkembangan bahasa Indonesia
D. mengkaji naskah-naskah lam
39. Fonetik artikulatoris adalah ... .
A. studi yang mempelajari fungsi bunyi untuk mengidentifikasi kata-kata tertentu
B. studi yang berupaya menjelaskan bunyi-bunyi ujaran sebagai suatu proses fisik
C. studi yang mempelajari proses penerimaan bunyi-bunyi bahasa oleh telinga
D. studi yang mempelajari bagaimana bunyi-bunyi bahasa dihasilkan oleh alat ucap manusia
A. studi yang mempelajari fungsi bunyi untuk mengidentifikasi kata-kata tertentu
B. studi yang berupaya menjelaskan bunyi-bunyi ujaran sebagai suatu proses fisik
C. studi yang mempelajari proses penerimaan bunyi-bunyi bahasa oleh telinga
D. studi yang mempelajari bagaimana bunyi-bunyi bahasa dihasilkan oleh alat ucap manusia
40. Fonemik merupakan bagian dari ilmu fonologi yang bertugas mempelajari fungsi bunyi untuk membedakan kata-kata tertentu, adapun pada fonetik bunyi-bunyi pada sebuah kata dianalisis
berdasarkan ... .
A. cara membunyikannya
B. konteks ujaran atau kata
C. penambahan afiks
D. hubungan suatu kata dengan kata-kata lain atau unsurunsur lain sebagai suatu ujaran
berdasarkan ... .
A. cara membunyikannya
B. konteks ujaran atau kata
C. penambahan afiks
D. hubungan suatu kata dengan kata-kata lain atau unsurunsur lain sebagai suatu ujaran
41. Objek kajian fonemik adalah ... .
A. fon
B. kalimat
C. fonem
D. morfem
A. fon
B. kalimat
C. fonem
D. morfem
42. Bloomfield sebagai tokoh aliran struktural, memberikan perhatian utama pada ujaran, karena ... .
A. bunyi-bunyi ujaran merupakan fenomena yang dapat diamati langsung
B. tidak ada pengenalan akan perbedaan antara bahasa ujaran dan bahasa tulisan
C. ujaran merupakan performancebahasa
D. unsur competence melahirkan berbagai ujaran yang tak terbatas jumlahnya
A. bunyi-bunyi ujaran merupakan fenomena yang dapat diamati langsung
B. tidak ada pengenalan akan perbedaan antara bahasa ujaran dan bahasa tulisan
C. ujaran merupakan performancebahasa
D. unsur competence melahirkan berbagai ujaran yang tak terbatas jumlahnya
43. Pernyataan manakah yang menjelaskan tentang fonem ... .
A. realisasi bunyi bahasa terkecil yang fungsinal atau dapat membedakan makan kata
B. satuan bunyi bahasa terkecil yang fungsional atau dapat membedakan makna kata
C. pelambangan fonem ke dalam transkripsi ortografis
D. perubahan dua buah fonem yang sama menjadi fonem yang berlainan
A. realisasi bunyi bahasa terkecil yang fungsinal atau dapat membedakan makan kata
B. satuan bunyi bahasa terkecil yang fungsional atau dapat membedakan makna kata
C. pelambangan fonem ke dalam transkripsi ortografis
D. perubahan dua buah fonem yang sama menjadi fonem yang berlainan
44. Berikut ini yang merupakan tanda grafem adalah ... .
A. < ...>
B. [ .... ]
C. /..../
D. ?
A. < ...>
B. [ .... ]
C. /..../
D. ?
45. Berikut ini yang merupakan contoh asimilasi pada kata dalam bahasa Indonesia adalah ... .
A. kata masadengan massa memiliki pengucapan yang sama
B. kata akrab dibaca /akrap/
C. kata tidakpenyebutannya dipendekkan /ndak/
D. kata /sebentar/ penyebutannya dipendekan menjadi /ntar/
A. kata masadengan massa memiliki pengucapan yang sama
B. kata akrab dibaca /akrap/
C. kata tidakpenyebutannya dipendekkan /ndak/
D. kata /sebentar/ penyebutannya dipendekan menjadi /ntar/
46. Pernyataan berikut yang merupakan pengertian dari morfologi adalah ... .
A. bentuk bahasa yang dapat dipotong-potong
B. satuan gramatikal bebas yang terkecil
C. bentuk-bentuk realisasi yang berlainan dari morfem yang sama
D. cabang ilmu bahasa yang mempelajari seluk beluk pembentukan kata
A. bentuk bahasa yang dapat dipotong-potong
B. satuan gramatikal bebas yang terkecil
C. bentuk-bentuk realisasi yang berlainan dari morfem yang sama
D. cabang ilmu bahasa yang mempelajari seluk beluk pembentukan kata
47. Tim evakuasi sedang melakukan pertolongan pada korbankorban banjir. Pada contoh kalimat tersebut yang merupakan morfem terikat adalah ... .
A. tim
B. korban-korban
C. banjir
D. me- dan perbenar
A. tim
B. korban-korban
C. banjir
D. me- dan perbenar
48. Berikut ini kalimat yang di dalamnya terdapat kata yang tergolong adjektiva kualitatif adalah ... .
A. Pesawat mendarat darurat
B. Kardus yang dipegangnya ringan, sehingga dia tidak memerlukan tenaga tambahan
C. Kami tidak akan campur tangandengan masalah rumah tanggamu
D. Kehidupan di dunia tidaklah kekal
A. Pesawat mendarat darurat
B. Kardus yang dipegangnya ringan, sehingga dia tidak memerlukan tenaga tambahan
C. Kami tidak akan campur tangandengan masalah rumah tanggamu
D. Kehidupan di dunia tidaklah kekal
49. Berikut ini kalimat yang di dalamnya terdapat kata ber-sufiks adalah ... .
A. Anda tentunya sangat menyukai es buah, bukan?
B. Lupakan saja semua yang telah terjadi
C. Andi menangis karena bahagia
D. Bagai kemarau setahun disiram hujan sehari, hatiku bahagia mendengar kabar darinya
A. Anda tentunya sangat menyukai es buah, bukan?
B. Lupakan saja semua yang telah terjadi
C. Andi menangis karena bahagia
D. Bagai kemarau setahun disiram hujan sehari, hatiku bahagia mendengar kabar darinya
50. Berikut ini kalimat yang di dalamnya terdapat jenis reduplikasi dwiwasana adalah ... .
A. Perlahan-lahan dia membuka pintu pagar
B. Pagi-pagi sekalisaya sudah datang ke rumahnya
C. T etanaman itu tertata indah di kebun belakang
A. Perlahan-lahan dia membuka pintu pagar
B. Pagi-pagi sekalisaya sudah datang ke rumahnya
C. T etanaman itu tertata indah di kebun belakang
D. Rumah-rumahdi sekitarnya sudah digusur sebulan yang lalu
2. C. berupa tuturan yang berisi ajakan atau nasihat
3. A. A : Bagaimana kita bisa mendapatkan informasi mengenai pendidikan?
B : Kita bisa mencarinya melalui internet
4. A. keputusan hakim di pengadilan tindak pidana korupsi
5. D. satu kelompok masyarakat yang memiliki norma-norma yang sama mengenai bahasa
6. C. adanya saling pengertian di antara sesama pemakai bahasa
7. B. bersifat perorangan
8. D. lugas, jelas, dan bebas ambigu
9. A. Ketika menyadari pentingnya jatuh cinta pada diri sendiri, telah lama saya belajar memandikan badan halus dengan obat mujarab yang bernama rasa syukur .
10. A. arbitrer
11. D. penghakiman penggunaan bahasa dengan vonis benar salah
12. A. fonologi
13. D. ujung lidah
14. A. berfungsi utama sebagai predikat
15. D. memiliki makna
16. A. orangtua dan anak
17. D. Hati-hati ketika membeli madu, jangan sampai tertipu oleh madu tiruan
Jawaban:
1. D. gerakan kepala seperti menggeleng sebagai tanda tidak setuju atau tidak suka2. C. berupa tuturan yang berisi ajakan atau nasihat
3. A. A : Bagaimana kita bisa mendapatkan informasi mengenai pendidikan?
B : Kita bisa mencarinya melalui internet
4. A. keputusan hakim di pengadilan tindak pidana korupsi
5. D. satu kelompok masyarakat yang memiliki norma-norma yang sama mengenai bahasa
6. C. adanya saling pengertian di antara sesama pemakai bahasa
7. B. bersifat perorangan
8. D. lugas, jelas, dan bebas ambigu
9. A. Ketika menyadari pentingnya jatuh cinta pada diri sendiri, telah lama saya belajar memandikan badan halus dengan obat mujarab yang bernama rasa syukur .
10. A. arbitrer
11. D. penghakiman penggunaan bahasa dengan vonis benar salah
12. A. fonologi
13. D. ujung lidah
14. A. berfungsi utama sebagai predikat
15. D. memiliki makna
16. A. orangtua dan anak
17. D. Hati-hati ketika membeli madu, jangan sampai tertipu oleh madu tiruan
18. B. ilmu yang membahas mengenai penempatan secara bersama-sama kata-kata menjadi kelompok kata atau kalimat
19. B. Bukankah kalian yang menulis berita itu?
20. A. satuan gramatikal yang terdiri dari dua kata atau lebih dan tidak memiliki unsur predikatif
21. B. sangat lapar
22. B. mendung sekali, pergi juga
23. B. memperhatikan
24. B. makna bahasa sebagai alat komunikasi verbal
25. D. Para pedagang kaki lima diciduk petugas karena berjualan di trotoar
26. C. sinonim yang memiliki unsur makna yang lebih intensif
27. A. Mereka menebangi pohon-pohon dan Pohon-pohon ditebangi mereka
28. A. faktor waktu yang berbeda, faktor tempat atau daerah, faktor bidang kegiatan
29. D. antonim hierarkial
30. A. sebuah kata yang mengalami perubahan pemakaian dalam bahasa yang mengakibatkan munculnya makna baru
31. B. Operasi militer yang diberlakukan di daerah Aceh sudah dihapuskan sekarang
32. B. kelaparan dan rawan pangan
33. D. rekaman kebahasaan yang utuh tentang peristiwa komunikasi
34. B. kalimat, morfem, dan fonem
19. B. Bukankah kalian yang menulis berita itu?
20. A. satuan gramatikal yang terdiri dari dua kata atau lebih dan tidak memiliki unsur predikatif
21. B. sangat lapar
22. B. mendung sekali, pergi juga
23. B. memperhatikan
24. B. makna bahasa sebagai alat komunikasi verbal
25. D. Para pedagang kaki lima diciduk petugas karena berjualan di trotoar
26. C. sinonim yang memiliki unsur makna yang lebih intensif
27. A. Mereka menebangi pohon-pohon dan Pohon-pohon ditebangi mereka
28. A. faktor waktu yang berbeda, faktor tempat atau daerah, faktor bidang kegiatan
29. D. antonim hierarkial
30. A. sebuah kata yang mengalami perubahan pemakaian dalam bahasa yang mengakibatkan munculnya makna baru
31. B. Operasi militer yang diberlakukan di daerah Aceh sudah dihapuskan sekarang
32. B. kelaparan dan rawan pangan
33. D. rekaman kebahasaan yang utuh tentang peristiwa komunikasi
34. B. kalimat, morfem, dan fonem
35. C. manusia dan bahasa berkembang bersama
36. A. ujaran yang diucapkan atau yang didengar oleh kita
37. A. menjelaskan masalah dan gejala-gejala bahasa, serta mampu berbahasa dengan baik dan benar
38. B. mengkaji struktur kalimat pada novel-novel pada masa perang kemerdekaan Indonesia kurun waktu 1944-1950
39. D. studi yang mempelajari bagaimana bunyi-bunyi bahasa dihasilkan oleh alat ucap manusia
40. A. cara membunyikannya
41. C. fonem
42. A. bunyi-bunyi ujaran merupakan fenomena yang dapat diamati langsung
43. B. satuan bunyi bahasa terkecil yang fungsional atau dapat membedakan makna kata
44. A. < ...>
45. B. kata akrab dibaca /akrap/
46. D. cabang ilmu bahasa yang mempelajari seluk beluk pembentukan kata
47. D. me- dan perbenar
48. B. Kardus yang dipegangnya ringan, sehingga dia tidak memerlukan tenaga tambahan
49. B. Lupakan saja semua yang telah terjadi
50. A. Perlahan-lahan dia membuka pintu pagar
36. A. ujaran yang diucapkan atau yang didengar oleh kita
37. A. menjelaskan masalah dan gejala-gejala bahasa, serta mampu berbahasa dengan baik dan benar
38. B. mengkaji struktur kalimat pada novel-novel pada masa perang kemerdekaan Indonesia kurun waktu 1944-1950
39. D. studi yang mempelajari bagaimana bunyi-bunyi bahasa dihasilkan oleh alat ucap manusia
40. A. cara membunyikannya
41. C. fonem
42. A. bunyi-bunyi ujaran merupakan fenomena yang dapat diamati langsung
43. B. satuan bunyi bahasa terkecil yang fungsional atau dapat membedakan makna kata
44. A. < ...>
45. B. kata akrab dibaca /akrap/
46. D. cabang ilmu bahasa yang mempelajari seluk beluk pembentukan kata
47. D. me- dan perbenar
48. B. Kardus yang dipegangnya ringan, sehingga dia tidak memerlukan tenaga tambahan
49. B. Lupakan saja semua yang telah terjadi
50. A. Perlahan-lahan dia membuka pintu pagar
Posting Komentar
Posting Komentar