Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Mempresentasikan dan Mengomentari Presentasi Hasil Penelitian
1. Sebagai karya ilmiah, laporan hasil penelitian setidaknya mengandung tiga bagian sebagai berikut?2. Tuliskan teknik presentasi yang benar!
3. Bagaimana mengomentari tanggapan orang lain terhadap hasil presentasi penelitian yang baik.?
4. Tuliskan empat hal yang perlu diperhatikan dalam mengemukakan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian!
5. Tuliskan dan jelaskan dua langkah persiapan dalam memberikan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian!
6. Tuliskan format laporan yang dapat digunakan untuk melaporkan hasil penelitian!
7. Jelaskan perbedaan faktual, objektif, dan denotatif dalam penyampaian laporan penelitian!
8. Tuliskan tiga manfaat presentasi hasil penelitian!
9. Jelaskan perbedaan antara cara berpikir skeptis, analitis, dan kritis yang harus dipenuhi seorang peneliti!
Kunci Jawaban:
1.1. Bagian pendahuluan, berisi tujuan penelitian, alasan penelitian, maupun manfaat penelitian.
2. Bagian pembahasan, memuat hipotesis penelitian, ruang lingkup penelitian, metodologi penelitian, kajian teori, prosedur penelitian, dan pembahasan hasil penelitian.
3. Bagian penutup, memuat simpulan pembahasan dan saran-saran.
2. Teknik presentasi yang perlu untuk dipahami sebagai berikut.
2. Bagian pembahasan, memuat hipotesis penelitian, ruang lingkup penelitian, metodologi penelitian, kajian teori, prosedur penelitian, dan pembahasan hasil penelitian.
3. Bagian penutup, memuat simpulan pembahasan dan saran-saran.
2. Teknik presentasi yang perlu untuk dipahami sebagai berikut.
1. Penyajian makalah secara lisan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
Makalah disajikan dengan baik. Makalah merupakan karya tulis atau dapat dibuat laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah. Anda harus menguasai materi makalah. Penguasaan materi dapat meyakinkan pendengar/peserta. Makalah tersebut menjelaskan gagasan yang tepat. Anda harus mengatur suara sesuai dengan intonasi. Variasikan suara berdasarkan inti pembicaraan. Variasi suara dapat menarik perhatian pendengar.
2. Peserta mengajukan pertanyaan setelah penyajian makalah selesai
Peserta atau pendengar dapat mengajukan pertanyaan terhadap isi makalah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab langsung oleh penyaji atau menunggu beberapa pertanyaan dari peserta lain.
3. Penyaji memberi jawaban dan tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan
Penyaji memberi jawaban dan tanggapan peserta dengan santun. Jawaban yang di beri- kan sesuai dengan pertanyaan peserta. Jawaban dipaparkan secara terperinci dan jeias.
4. Presentasi dipandu oleh moderator
Moderator bertugas memimpin jalannya presentasi agartertib dan iancar. Moderator juga menentukan waktu dan mengarahkan alur presentasi.
3.
Makalah disajikan dengan baik. Makalah merupakan karya tulis atau dapat dibuat laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah. Anda harus menguasai materi makalah. Penguasaan materi dapat meyakinkan pendengar/peserta. Makalah tersebut menjelaskan gagasan yang tepat. Anda harus mengatur suara sesuai dengan intonasi. Variasikan suara berdasarkan inti pembicaraan. Variasi suara dapat menarik perhatian pendengar.
2. Peserta mengajukan pertanyaan setelah penyajian makalah selesai
Peserta atau pendengar dapat mengajukan pertanyaan terhadap isi makalah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab langsung oleh penyaji atau menunggu beberapa pertanyaan dari peserta lain.
3. Penyaji memberi jawaban dan tanggapan terhadap pertanyaan yang diajukan
Penyaji memberi jawaban dan tanggapan peserta dengan santun. Jawaban yang di beri- kan sesuai dengan pertanyaan peserta. Jawaban dipaparkan secara terperinci dan jeias.
4. Presentasi dipandu oleh moderator
Moderator bertugas memimpin jalannya presentasi agartertib dan iancar. Moderator juga menentukan waktu dan mengarahkan alur presentasi.
3.
1. Gunakan bahasa yang jelas, singkat, dan mudah dipahami.
2. Komentari isi atau hasil dari penelitian yang dipresentasikan , bukan orang yang melakukan penelitian.
3. Sampaikan saran yang menarik dan bermanfaat disertai dengan data atau argumen yang faktual.
4. Beri komentar seobjektif mungkin
2. Komentari isi atau hasil dari penelitian yang dipresentasikan , bukan orang yang melakukan penelitian.
3. Sampaikan saran yang menarik dan bermanfaat disertai dengan data atau argumen yang faktual.
4. Beri komentar seobjektif mungkin
4.
Hal yang perlu diperhatikan dalam mengemukakan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian adalah:
- Tanggapan dikemukakan dalam uraian yang padat dan tersusun baik (rapi).
- Tanggapan yang dikemukakan harus berhubungan atau sesuai dengan topik.
- Tanggapan terarah pada sasaran yang diinginkan, sehingga dapat menarik perhatian
- Tanggapan juga dapat menjelaskan apa yang sesungguhnya hendak dijelaskan, merangsang, dan meyakinkan.
- Menggunakan kata yang tepat dan bersahaja (sederhana).
5. Langkah persiapan dalam memberikan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian adalah:
- Tanggapan dikemukakan dalam uraian yang padat dan tersusun baik (rapi).
- Tanggapan yang dikemukakan harus berhubungan atau sesuai dengan topik.
- Tanggapan terarah pada sasaran yang diinginkan, sehingga dapat menarik perhatian
- Tanggapan juga dapat menjelaskan apa yang sesungguhnya hendak dijelaskan, merangsang, dan meyakinkan.
- Menggunakan kata yang tepat dan bersahaja (sederhana).
5. Langkah persiapan dalam memberikan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian adalah:
- Mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan masalah pokok melalui observasi, wawancara, atau membaca buku-buku yang sesuai dengan masalah yang ditanggapi.
- Tiap masalah pokok dikemukakan dengan kata-kata yang tepat dan disusun menjadi kalimat bersahaja.
6. Salah satu format laporan yang dapat digunakan untuk melaporkan hasil penelitian sebagai berikut,
1. Judul laporan
2. Bagian pendahuluan
3. Bagian isi
4. Permasalahan
5. Latar belakang masalah
6. Tujuan penelitian
7. Ruang lingkup penelitian
8. Perumusan masalah
9. Manfaat penelitian
10. Kajian teori (pembahasan kepustakaan)
11. Metodologi (uraian metode dan prosedur pengkajian)
12. Hasil penelitian dan diskusi hasil kajian
13. Simpulan dan saran
14. Bagian penunjang
15. Daftar pustaka
16. Daftar lampiran
- Tiap masalah pokok dikemukakan dengan kata-kata yang tepat dan disusun menjadi kalimat bersahaja.
6. Salah satu format laporan yang dapat digunakan untuk melaporkan hasil penelitian sebagai berikut,
1. Judul laporan
2. Bagian pendahuluan
3. Bagian isi
4. Permasalahan
5. Latar belakang masalah
6. Tujuan penelitian
7. Ruang lingkup penelitian
8. Perumusan masalah
9. Manfaat penelitian
10. Kajian teori (pembahasan kepustakaan)
11. Metodologi (uraian metode dan prosedur pengkajian)
12. Hasil penelitian dan diskusi hasil kajian
13. Simpulan dan saran
14. Bagian penunjang
15. Daftar pustaka
16. Daftar lampiran
7. Perbedaan faktual, objektif, dan denotatif dalam penyampaian laporan adalah:
- Faktual (sesuai dengan keadaan yang sebenarnya)
- Objektif (tidak ditambah atau dikurangi)
- Denotatif (menggunakan bahasa yang bermakna lugas)
8. Manfaat presentasi hasil penelitian adalah:
- Mengungkapkan berbagai kemampuan yang dimiliki para peserta
- Memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menyalurkan kemampuan masing-masing.
- Memperoleh umpan balik dari peserta mengenai sasaran laporan yang telah dan belum tercapai.
9. Perbedaan skeptis, analitis, dan kritis adalah:
- Skeptis adalah kurang percaya, ragu-ragu terhadap keberhasilan ajaran dan sebagainya.
- Analisis adalah berisfat/menurut analisis
- Kritis adalah tajam dalam penganalisaan.
- Faktual (sesuai dengan keadaan yang sebenarnya)
- Objektif (tidak ditambah atau dikurangi)
- Denotatif (menggunakan bahasa yang bermakna lugas)
8. Manfaat presentasi hasil penelitian adalah:
- Mengungkapkan berbagai kemampuan yang dimiliki para peserta
- Memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menyalurkan kemampuan masing-masing.
- Memperoleh umpan balik dari peserta mengenai sasaran laporan yang telah dan belum tercapai.
9. Perbedaan skeptis, analitis, dan kritis adalah:
- Skeptis adalah kurang percaya, ragu-ragu terhadap keberhasilan ajaran dan sebagainya.
- Analisis adalah berisfat/menurut analisis
- Kritis adalah tajam dalam penganalisaan.
Posting Komentar
Posting Komentar