Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Teori Belajar Bahasa
1. Bakat bahasa yang dimiliki seseorang dapat membantunya dalam belajar bahasa.Yang dimaksud dengan bakat bahasa adalah kemampuan....
A. yang diperoleh dari keturunan
B. berbicara yang diperoleh dari berlatih
C. menyimak yang diperoleh sejak kecil
D. alamiah dalam belajar bahasa
2. Kebiasaan belajar bahasa yang berbeda-beda pada setiap orang disebut ....
A. formal strategy
B. planning strategy
C. internalizatin strategy
D. communication strategy
3. Dalam belajar B2, Sunu membuat rumus untuk membantu mengingatkannya pada macam-macam akhiran. Y ang dilakukan Sunu merupakan penerapan strategi....
A. strategi practice
B. strategi planning
C. strategi formal
D. strategi communication
4. Dalam hipotesis kesamaan perolehan B1 merupakan komponen yang hakiki dari perkembangan kognitif dan sosial anak, sedangkan perolehan B2 terjadi....
A. Sebelum perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
B. Sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
C. Bersamaan dengan perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
D. Tidak berhubungan dengan perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
5. Menurut hipotesis kontrastif penguasaan B1 sangat berpengaruh terhadap B2 yaitu…
A. Jika struktur B1 berbeda dengan struktur B2 maka belajar B2 menjadi lebih mudah
B. Jika struktur B1 memiliki banyak kesamaan maka belajar B2 menjadi sangat sulit
C. Jika struktur B1 memiliki banyak kesamaan maka belajar B2 menjadi lebih mudah
D. Jika struktur B1 dan B2 tidak saling mempengaruhi maka belajar B2 sangat tidak bermanfaat
6. Kontribusi B1 dalam pandangan teori behaviorisme berkaitan dengan (stimulusrespon) dalam pemerolehan bahasa yaitu...
A. Pembelajar akan merespon sebelum ia mendapatkan stimulus B2
B. Pembelajar akan merespon B2 sebelum ia mendapatkan stimulus B1
C. Semakin sering pembelajar merespon stimulus semakin cepat ia memperoleh bahasa
D. Semakin sering pembelajar merespon stimulus semakin sulit ia belajar
bahasa
7. Yang dimaksud dengan input dalam bahasa anak adalah....
A. bahasa-bahasa yang diserap anak dari lingkungan keluarganya
B. organ bahasa anak yang telah diberikan Tuhan
C. bahasa yang dimiliki anak selama masa balita
D. bahasa anak yang diperdengarkan kepada orang lain
8. “Idih pacaran!” Kata Ani kepada kakaknya yang sedang duduk bersandar kepada ibunya. Ucapan Ani tersebut mengikuti input yang diterimanya karena....
A. anak memiliki penyimpangan bahasa
B. anak sering mengatakan sesuatu di luar yang dipahaminya
C. orang tua kurang mengawasi perkembangan bahasa anak
D. baik buruknya bahasa anak tergantung baik atau buruknya input yang masuk
9. Autentisitas adalah salah satu pokok pikiran model kontruktivisme yang menyatakan bahwa bahan belajar yang diambil untuk B2 harus yang ....
A. dikuasai guru sehingga mudah mengajarkannya
B. singkat sehingga mudah diterima pembelajar
C. menarik sekalipun pembelajar tidak mengerti
D. aktual dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
10. Yang dimaksud dengan bahasa primer adalah bahasa yang ...
A. pertama kali dikenal diperoleh oleh seseorang
B. bahasa kedua yang dipelajari seseorang
C. lebih sering dipakai seseorang dalam kehidupan dia sehari-hari
D. menjadi bahasa pertama yang dikuasai seseorang
11. Contoh berikut merupakan cara anak bersosialisasi dengan lingkungannya
A. “ Mah saya mau makan!” kata anak kepada setiap orang yang berada di dekatnya
B. “ Mah itu Bapak pulang ayo bukakan pintu!’ kata anak meniru perilaku ibunya setiap suaminya pulang
C. “Bi, aku minta pisau itu untuk memotong kucing ini!” Kata beni menirukan adegan televise yang baru ditontonnya
D. “Bu, ajari saya bahasa Indonesia!” Kata Ida yang baru berumur tiga tahun kepada ibunya
A. “ Mah saya mau makan!” kata anak kepada setiap orang yang berada di dekatnya
B. “ Mah itu Bapak pulang ayo bukakan pintu!’ kata anak meniru perilaku ibunya setiap suaminya pulang
C. “Bi, aku minta pisau itu untuk memotong kucing ini!” Kata beni menirukan adegan televise yang baru ditontonnya
D. “Bu, ajari saya bahasa Indonesia!” Kata Ida yang baru berumur tiga tahun kepada ibunya
12. Pengertian kecenderungan adalah....
A. motivasi yang tinggi dari seseorang untuk mempelajari bahasa yang diinginkannya
B. seluruh faktor yang menyebabkan pelajar menerapkan kemampuan berbahasa untuk memperoleh bahasa tertentu
C. keinginan seseorang yang sangat kuat untuk mempelajari bahasa tertentu
D. dorongan yang sangat kuat yang muncul kepada jiwa seseorang untuk mempelajari bahasa
13. Integrasi sosial adalah salah satu komponen kecenderungan yang …
A. menggunakan kemampuan belajarnya untuk menguasai bahasa target
B. mencoba menggunakan bahasa target sebagai alat ekspresi dirinya
C. rela mengambil resiko apapun yang diakibatkan ia mempelajari bahasa tersebut
D. berusaha menggunakan bahasa target sebagai alat mempelajari budaya tertentu
14. Sikap mau mengambil resiko adalah salah satu dari kecenderungan yang berciri berikut ini kecuali,
A. berani menggunakan bahasa target jika sudah dapat berbahasa seperti penutur aslinya
B. tidak ragu dalam menggunakan unsur-unsur kebahasaan yang baru
C. berani mengutarakan isi hati meski ada kemungkinan melakukan kesalahan
D. berani mencobakan bahasa meskipun menggunakan pola-pola yang rumit
15. Yang dimaksud dengan kapasitas dalam belajar bahasa adalah daya tampung otak untuk....
A. menyerap stimulus kebahasaan yang masuk
B. menyaring stimulus kebahasaan yang masuk
C. mengolah stimulus kebahasaan yang masuk
D. berbahasa simbolik.
16. Sumbangan lingkungan dalam belajar B2 berupa…
A. bahasa baru yang ditemui pembelajar
B. input yang berasal dari bahasa pembelajar
C. bahasa awal + bahasa lingkungan yang berinteraksi dengan pembelajar B2
D. tubian bahasa target yang harus dikuasainya
17. Pernyataan yang benar tentang perbedaan antara pemerolehan bahasa dengan belajar bahasa adalah....
A. pemerolehan bahasa proses berlangsungnya secara bawah sadar, belajar bahasa proses berlangsungnya secara sadar dan disengajari.
B. pemerolehan bahasa pengetahuan yang diperoleh secara eksplisit, belajar bahasa pengetahuan yang diperoleh secara eksplisit
C. Pemerolehan bahasa, pembelajar mengetahui B2, belajar bahasa, pembelajar memungut B2
D. Pemerolehan bahasa pengetahuan secara formal, belajar bahasa mengetahui ciri-ciri seperti penutur asli
18. Dalam pembelajaran bahasa guru memegang peranan penting di kelas terutam dalam....
A. merekrutpembeljar agar terbentuk kelompok-kelompok belajar
B. mengoreksi kesalahan pembelajar sekaligus memberikan masukan
C. mengelompokkan materi pembelajaran yang sejenis
D. menyelesaikan tugas administrasi sekolah yang dilaksanakan secara formal
19. Contoh komunikasi verbal untuk bayi 12-18 bulan adalah....
A. Mengucapkan “Mum” sambil menunjuk gelas dihadapannya.
B. Bayi tersenyum melihat wajah ibunya.
C. Memandang pada benda-benda di sekelilingnya.
D. Mengucapkan”ma ma ,enum!” sambil menunjuk minumanyang dilihatnya
A. Mengucapkan “Mum” sambil menunjuk gelas dihadapannya.
B. Bayi tersenyum melihat wajah ibunya.
C. Memandang pada benda-benda di sekelilingnya.
D. Mengucapkan”ma ma ,enum!” sambil menunjuk minumanyang dilihatnya
20. Menurut Krashen pengertian pemerolehan bahasa adalah....
A. proses yang digunakan oleh anak-anak untuk menyesuaikan serangkaian hipotesis dengan ucapan orang tua sampai dapat memilih kaidah tata bahasa yang paling baik dan sederhana dari bahasa yang bersangkutan
B. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal
C. Mempunyai permulaan yang mendadak, dan gradual yang muncul dari prestasi-prestasi motorik, social, dan kognitif
D. Proses alami yang berlangsung tanpa adanya perhatian secara sadar terhadap bentuk-bentuk linguistik.
A. proses yang digunakan oleh anak-anak untuk menyesuaikan serangkaian hipotesis dengan ucapan orang tua sampai dapat memilih kaidah tata bahasa yang paling baik dan sederhana dari bahasa yang bersangkutan
B. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal
C. Mempunyai permulaan yang mendadak, dan gradual yang muncul dari prestasi-prestasi motorik, social, dan kognitif
D. Proses alami yang berlangsung tanpa adanya perhatian secara sadar terhadap bentuk-bentuk linguistik.
21. Salah satu penanda perkembangan pralinguistik adalah pertukaran giliran antara orang tua dengan anak. Yang dimaksud pertukaran giliran adalah sebagai berikut kecuali,
A. Ketika ibu mendapat giliran berbicara, anak diam sambil mengamati ibunya
B. Ketika anak banyak berbicara maka ibu hanya diam sambil mengamati atau sebaliknya
C. Anak diberi giliran berbicara pertama sekali kemudian disusul ibu yang berbicara setelah anak diam
D. Baik anak maupun ibu harus saling mengalah untuk menunggu giliran berbicara
A. Ketika ibu mendapat giliran berbicara, anak diam sambil mengamati ibunya
B. Ketika anak banyak berbicara maka ibu hanya diam sambil mengamati atau sebaliknya
C. Anak diberi giliran berbicara pertama sekali kemudian disusul ibu yang berbicara setelah anak diam
D. Baik anak maupun ibu harus saling mengalah untuk menunggu giliran berbicara
22. Anak diperkenalkan dengan pedoman : “Gunakan beberapa “prinsip operasi” umum untuk memikirkan serta menetapkan bahasa.” Prinsip tersebut merupakan penerapan strategi....
A. meniru
B. produktifitas
C. produktif
D. prinsip operasi
A. meniru
B. produktifitas
C. produktif
D. prinsip operasi
23. Perkembangan bahasa anak berhubungan dengan kematangan neoromoskularnya, tetapi dalam menyimak ada perbedaan yaitu....
A. pada awalnya kematangan berbicara lebih dulu dari pada kematangan menyimak
B. pada awalnya kematangan menyimak lebih dulu dari pada kematangan berbicara
C. kematangan menyimak dan berbicara terjadi secara bersamaan
D. antara menyimak dan berbicara terjadi kematangan secara bergantian
A. pada awalnya kematangan berbicara lebih dulu dari pada kematangan menyimak
B. pada awalnya kematangan menyimak lebih dulu dari pada kematangan berbicara
C. kematangan menyimak dan berbicara terjadi secara bersamaan
D. antara menyimak dan berbicara terjadi kematangan secara bergantian
24. Proses pemerolehan bahasa terdapat pada contoh berikut....
A. Adi biasa menggunakan kata “Ape?” untuk bertanya dan “Engga.” untuk menyatakan ketidaksetujuan yang biasa ia tiru dari kebiasaan ibunya.
B. Adi mendapat kesulitan belajar bahasa Indonesia di TK tempat ia belajar padahal sebelum ia pindah dari Sukabumi ia terbiasa berbahasa Sunda.
C. Setiap sore Ida dan Adi mempelajari bahasa Sunda dari guru yang didatangkan orang tuanya agar nilai bahasa Sundanya baik
D. Beni belajar bahasa Inggris tiga kali seminggu di tempat kursus bahasa Inggris untuk anak usia TK
A. Adi biasa menggunakan kata “Ape?” untuk bertanya dan “Engga.” untuk menyatakan ketidaksetujuan yang biasa ia tiru dari kebiasaan ibunya.
B. Adi mendapat kesulitan belajar bahasa Indonesia di TK tempat ia belajar padahal sebelum ia pindah dari Sukabumi ia terbiasa berbahasa Sunda.
C. Setiap sore Ida dan Adi mempelajari bahasa Sunda dari guru yang didatangkan orang tuanya agar nilai bahasa Sundanya baik
D. Beni belajar bahasa Inggris tiga kali seminggu di tempat kursus bahasa Inggris untuk anak usia TK
25. Kompetensi bahasa kedua diperoleh melalui belajar bahasa, bukan “memungut bahasa”. Maksud pernyataan tersebut adalah ....
A. pengetahuan yang sadar tentang bahasa kedua
B. mendapatkan bahasa tanpa disadari
C berawal tidak disadari tetapi kemudian timbul keinginan belajar bahasa
D keinginan belajar bahasa pada anak usia prasekolah
A. pengetahuan yang sadar tentang bahasa kedua
B. mendapatkan bahasa tanpa disadari
C berawal tidak disadari tetapi kemudian timbul keinginan belajar bahasa
D keinginan belajar bahasa pada anak usia prasekolah
26. Proses pemerolehan B2 dilakukan dengan cara memungut sedangkan belajar B2 melalui....
A. belajar
B. mengetahui
C. meniru.
D. mengingat
A. belajar
B. mengetahui
C. meniru.
D. mengingat
27. Dorongan yang datang dari dalam diri pembelajar yang menyebabkan pembelajar berkeinginan kuat untuk mempelajari bahasa kedua merupakan faktor ....
A. Kondisi interaksi
B. penyajian formal
C. motivasi
D. usia
A. Kondisi interaksi
B. penyajian formal
C. motivasi
D. usia
28. Contoh pemerolehan bahasa berdasarkan usia anak yang tepat terdapat pada pernyataan....
A. Uli melavalkan kata rujak “b∂b∂k”menjadi rujak bEbEk meskipun dari lahir ia tinggal di Jakarta hingga dewasa.
B. Bunga setelah masuk SD fasih berbahasa Sunda padahal bahasa tersebut baru ia kenal
C. Edi sangat fasih dalam berbicara bahasa Inggris karena dari lahir hingga usia tiga tahun dia tinggal di Australi
D. Manis setelah remaja tetap belajar bahasa Mandarin dan menjadi fasih sehingga dia disebut dwibahasawan
A. Uli melavalkan kata rujak “b∂b∂k”menjadi rujak bEbEk meskipun dari lahir ia tinggal di Jakarta hingga dewasa.
B. Bunga setelah masuk SD fasih berbahasa Sunda padahal bahasa tersebut baru ia kenal
C. Edi sangat fasih dalam berbicara bahasa Inggris karena dari lahir hingga usia tiga tahun dia tinggal di Australi
D. Manis setelah remaja tetap belajar bahasa Mandarin dan menjadi fasih sehingga dia disebut dwibahasawan
29. Berikut ini pengaruh pembelajaran B1 terhadap B2 kecuali,
A. Pengaruh urutan kata karena proses penerjemahan
B. Pengaruh morfem terikat pada bahasa yang dipelajari
C. Pengaruh usia anak saat memperoleh B1
D. Meskipun tidak kuat ada pengarauh dari bahasa pertama.
A. Pengaruh urutan kata karena proses penerjemahan
B. Pengaruh morfem terikat pada bahasa yang dipelajari
C. Pengaruh usia anak saat memperoleh B1
D. Meskipun tidak kuat ada pengarauh dari bahasa pertama.
30. Hal-hal berikut adalah aspek yang harus diperhatikan ketika mempelajari B2 kecuali,
A. kemampuan berbahasa
B. usia
C. kecerdasan
D. motivasi.
A. kemampuan berbahasa
B. usia
C. kecerdasan
D. motivasi.
31. Teori bahasa yang dipergunakan harus relevan dengan kondisi pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satu kriterianya adalah berguna yaitu....
A. ketepatgunaan sebuah teori
B. dapat tidanya diterapkan dalam pembelajaran bahasa
C. kebergunaan dan dapat diaplikasikan
D. kebermanfaatan teori belajar bahasa
A. ketepatgunaan sebuah teori
B. dapat tidanya diterapkan dalam pembelajaran bahasa
C. kebergunaan dan dapat diaplikasikan
D. kebermanfaatan teori belajar bahasa
32. “Ala bisa karena biasa” Peribahasa tersebut terlahir dari pendekatan bihaviorisme yang berarti....
A. bahasa bukanlah sebuah kebiasaan
B. tidak ada hubungan antara berbahasa baik dengan kebiasaan
C. membiasakan berbahasa baik akan melahirkan kebiasaan berbahasa baik.
D. kemampuan bahasa dimiliki oleh semua manusia bukan dari pembiasaan
33. Kesulitan penerapan teori pembelajaran bahasa salah satunya mengenai wilayah dan generalisasi yaitu....
A. Indonesia memiliki wilayah geografis sangat luas
B. terlalu banyaknya suku-suku di indonesia dengan bahasa berbeda-beda
C. terlalu luasnya wilayah kajian menyulitkan penerapan teori bahasa tersebut
D. Indonesia memiliki beberapa wilayah yang rumpun bahasanya tidak sama
34. Tidak mudah menerapkan teori bahasa di lapangan karena salah satunya dipengaruhi oleh karakteristik pembelajar yaitu....
A. karakter pembelajar yang sudah terbentuk dari awal
B. sikap keluarga terhadap karakter pembelajar
C. penghasilan, pendidikan, dan keterlibatan orang tua pembelajar
D. latar belakang bahasa, motivasi, intelektual dan budaya pembelajar
35. “Belajar merupakan terbentuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwa-peristiwa yang disebut stimulus(S) dengan respon (R)” adalah hukum belajar ...
A. Classical Conditioning oleh Pavlov
B. Operant Conditioning oleh Skinner
C. Social Learning oleh Bandura
D. Connection(S-R Bond)
36. Ibu bercerita bahwa Rumah Sakit yang mereka biasa berobat kini sudah modern katanya. Pasien yang mendaftar begitu datang langsung diberi nomor antrian oleh satpam dari printout computer . Nomor antrian dipanggil oleh lampu yang berisi nomor antrean pasien menyala. Cara antrian seperti ini berhubungan dengan teori....
A. Classical Conditioning oleh Pavlov
B. Operant Conditioning oleh Skinner
C. Social Learning oleh Bandura
D. Connection(S-R Bond).
37. Untuk pembelajaran bahasa teori empirisme sangat bertentangan dengan aliran rasionalisme yang beranggapan seperti berikut kecuali,
A. Salah satu dari teori empirisme tidak mampu menjelaskan kreativitas anak dalam mengembangkan bahasanya
B. Perilaku bahasa itu jauh lebih rumit dari pada suatu hubungan S-R
C. Bahwa belajar bahasa memerlukan pembiasaan yang akhirnya membentuk perilaku yang diinginkan
D. Kaum behaviorisme tidak dapat menjelaskan mengapa anak dapat menyusun kalimat panjang hanya dengan memiliki sedikit kata saja
38. Contoh pembelajaran berikut menerapkan teori behaviorisme kecuali,
A. Guru menyajikan materi dari yang sederhana ke yang kompleks
B. Hasil belajar diukur berdasarkan pencapaian perilaku yang diinginkan
C. Di dalam kelas siswa sangat berperan dalam mendapatkan materi sesuai arahan guru (guru sebagai pengarah)
D. Peran guru sangat dominan dalam memberikan materi sampai luas dan tuntas
39. Teori nativisme berpandangan bahwa …
A. peniruan bahasa oleh anak secara sistematis dan kontinyu akan memampukan anak berbahasa
B. pelenturan organ wicara melalui wicara yang bertubi-tubi menyebabkan anak mampu berbahasa
C. Setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisition Device( LAD)
D. Peniruan rangsangan alamiah dengan bentuk yang lain efektif dalam menerima respon yang lebih baik
40. Teori kognitivisme menyatakan bahwa....
A. kemampuan berbahasa seseorang berasal dan diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak
B. manusia membentuk versi mereka sendiri terhadap kenyataan dengan menggandakan berbagai cara untuk mendapatkan pengetahuan
C. setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisstimulition Device( LAD)
D. Belajar merupakan terbentuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwaperistiwa yang disebut us(S) dengan respon (R)
A. Classical Conditioning oleh Pavlov
B. Operant Conditioning oleh Skinner
C. Social Learning oleh Bandura
D. Connection(S-R Bond)
36. Ibu bercerita bahwa Rumah Sakit yang mereka biasa berobat kini sudah modern katanya. Pasien yang mendaftar begitu datang langsung diberi nomor antrian oleh satpam dari printout computer . Nomor antrian dipanggil oleh lampu yang berisi nomor antrean pasien menyala. Cara antrian seperti ini berhubungan dengan teori....
A. Classical Conditioning oleh Pavlov
B. Operant Conditioning oleh Skinner
C. Social Learning oleh Bandura
D. Connection(S-R Bond).
37. Untuk pembelajaran bahasa teori empirisme sangat bertentangan dengan aliran rasionalisme yang beranggapan seperti berikut kecuali,
A. Salah satu dari teori empirisme tidak mampu menjelaskan kreativitas anak dalam mengembangkan bahasanya
B. Perilaku bahasa itu jauh lebih rumit dari pada suatu hubungan S-R
C. Bahwa belajar bahasa memerlukan pembiasaan yang akhirnya membentuk perilaku yang diinginkan
D. Kaum behaviorisme tidak dapat menjelaskan mengapa anak dapat menyusun kalimat panjang hanya dengan memiliki sedikit kata saja
38. Contoh pembelajaran berikut menerapkan teori behaviorisme kecuali,
A. Guru menyajikan materi dari yang sederhana ke yang kompleks
B. Hasil belajar diukur berdasarkan pencapaian perilaku yang diinginkan
C. Di dalam kelas siswa sangat berperan dalam mendapatkan materi sesuai arahan guru (guru sebagai pengarah)
D. Peran guru sangat dominan dalam memberikan materi sampai luas dan tuntas
39. Teori nativisme berpandangan bahwa …
A. peniruan bahasa oleh anak secara sistematis dan kontinyu akan memampukan anak berbahasa
B. pelenturan organ wicara melalui wicara yang bertubi-tubi menyebabkan anak mampu berbahasa
C. Setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisition Device( LAD)
D. Peniruan rangsangan alamiah dengan bentuk yang lain efektif dalam menerima respon yang lebih baik
40. Teori kognitivisme menyatakan bahwa....
A. kemampuan berbahasa seseorang berasal dan diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak
B. manusia membentuk versi mereka sendiri terhadap kenyataan dengan menggandakan berbagai cara untuk mendapatkan pengetahuan
C. setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisstimulition Device( LAD)
D. Belajar merupakan terbentuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwaperistiwa yang disebut us(S) dengan respon (R)
41. Bloom, Piaget, dan Slobin meneliti tentang hubungan antara perkembangan kognitif dengan pemerolehan bahasa pertama ditemukan bahwa apa yang dipelajari oleh anak tentang bahasa ditentukan oleh...
A. seberapa penting bahasa bagi mereka
B. bagaimana lingkungan anak menghargai bahasa
C. berapa banyak anak mendengar bahasa
D. apa yang mereka ketahui tentang dunia ini
A. seberapa penting bahasa bagi mereka
B. bagaimana lingkungan anak menghargai bahasa
C. berapa banyak anak mendengar bahasa
D. apa yang mereka ketahui tentang dunia ini
42. Komprehensi dan produksi merupakan salah satu isu penting yang menunjukkan bahwa dalam belajar bahasa anak-anak....
A. lebih mampu memahami dari pada menuturkan
B. lebih mampu menuturkan dari pada memahami
C. lebih cepat dibandingkan orang dewasa
D. lebih lambat dibandingkan orang dewasa
43. “Anak lebih banyak memahami dari pada apa yang dituturkannya” Hal tersebut dicontohkan pada kalimat berikut ini, kecuali anak menuturkan....
A. /mam/ untuk konsep makanan
B. atit/ untuk konsep sakit
C. butan/ untuk konsep bukan
D. ikan /untuk konsep ikan
44. Pemerolehan bahasa anak sangat erat hubungannya dengan perkembangan kognitif anak karena....
A. Kemampuan anak berbicara bersamaan dengan kemampuan berpikir
B. Kamampuan anak berbicara adalah hasil dari berpikirnya
C. pemerolehan bahasa memiliki suatu permulaan yang gradual yang muncul dari prestasi-prestasi motorik, social, dan kognitif pralinguistik
D. pemerolehan bahasa anak sejalan dengan perkembangan organ bicaranya
A. Kemampuan anak berbicara bersamaan dengan kemampuan berpikir
B. Kamampuan anak berbicara adalah hasil dari berpikirnya
C. pemerolehan bahasa memiliki suatu permulaan yang gradual yang muncul dari prestasi-prestasi motorik, social, dan kognitif pralinguistik
D. pemerolehan bahasa anak sejalan dengan perkembangan organ bicaranya
45. Sebagian dari sitem bahasa itu adalah sistem pikirannya karena...
A. makna dan semantik bahasa yang digunakan adalah ide yang merupakan bagian dari isi pikiran
B. berbahasa memerlukan latihan berpikir terus menerus
C. pikiran adalah bagian dari bahasa
D. berpikir dan berbahasa adalah sama-sama hasil kerja otak
A. makna dan semantik bahasa yang digunakan adalah ide yang merupakan bagian dari isi pikiran
B. berbahasa memerlukan latihan berpikir terus menerus
C. pikiran adalah bagian dari bahasa
D. berpikir dan berbahasa adalah sama-sama hasil kerja otak
46. Contoh pertukaran giliran yang terjadi pada masa perkembangan pralinguistik adalah....
A. Anak dan ibu itu berteriak serempak memanggil tukang eskrim yang melewati rumah mereka
B. Anak-anak Play-group menyanyikan lagu Bangun Tidur mengikuti gurunya
C. Anak mendengarkan dengan tenang ketika ibunya mendongeng sebelum tidur
D. Ibu meminta anaknya menutup pintu rumah mereka yang terbuka
A. Anak dan ibu itu berteriak serempak memanggil tukang eskrim yang melewati rumah mereka
B. Anak-anak Play-group menyanyikan lagu Bangun Tidur mengikuti gurunya
C. Anak mendengarkan dengan tenang ketika ibunya mendongeng sebelum tidur
D. Ibu meminta anaknya menutup pintu rumah mereka yang terbuka
47. Strategi pertama yang berpegang pada semboyan “Gunakanlah pemahaman nonlinguistik Anda sebagai dasar untuk penetapan atau pemikiran bahasa!” Menurut Brown strategi ini beroperasi pada tahap umum dasar kognitif dengan pernyataan berikut kecuali,
A. Panjang ucapan anak kecil merupakan indikator perkembangan bahasa yang lebih baik dari perkembangan usia kronologisnya
B. Morfem rata-rata perucapan dapat digunakan sebagai ukuran panjangnya
C. Di sekeliling tahap umum pemahaman nonlinguistik muncul pengertian anak terhadap situasi-situasi tertentu atau khusus
D. Membagi dua yaitu kelompok anak referensial dan ekspresif
A. Panjang ucapan anak kecil merupakan indikator perkembangan bahasa yang lebih baik dari perkembangan usia kronologisnya
B. Morfem rata-rata perucapan dapat digunakan sebagai ukuran panjangnya
C. Di sekeliling tahap umum pemahaman nonlinguistik muncul pengertian anak terhadap situasi-situasi tertentu atau khusus
D. Membagi dua yaitu kelompok anak referensial dan ekspresif
48. Peran Piaget dalam teori konstruktivisme sebagai....
A. pencetus teori tahapan individu
B. pelopor teori kognitifisme
C. penentang teori Behaviorisme
D. pengikut teori behaviorisme
A. pencetus teori tahapan individu
B. pelopor teori kognitifisme
C. penentang teori Behaviorisme
D. pengikut teori behaviorisme
49. Teori fungsional dalam pembelajaran bahasa beranggapan bahwa....
A. pemerolehan bahasa anak dipengaruhi oleh lingkungan sosial anak
B. anak tidak memerlukan latihan berbahasa karena sudak dibekali dengan potensi bahasa
C. bahasa digunakan untuk mengetahui keadaan kognitif anak
D. belajar bahasa adalah belajar memahami fungsi-fungsi bahasa sebagai tujuan komunikasi
A. pemerolehan bahasa anak dipengaruhi oleh lingkungan sosial anak
B. anak tidak memerlukan latihan berbahasa karena sudak dibekali dengan potensi bahasa
C. bahasa digunakan untuk mengetahui keadaan kognitif anak
D. belajar bahasa adalah belajar memahami fungsi-fungsi bahasa sebagai tujuan komunikasi
50. Teori kontruktinisme berpandangan bahwa…
A. Kemampuan berbahasa seseorang diperoleh akibat kematangan kognitif anak
B. bahasa diperoleh melalui stimulus yang gencar dari luar dirinya
C. perolehan bahasa dipengaruhi oleh bakat seseorang yang telah ada secara alamiah
D. untuk mempelajari bahasa manusia membentuk versi sendiri terhadap kenyataan
Kunci Jawaban:
1. D. alamiah dalam belajar bahasa
2. B. planning strategy
3. C. strategi formal
4. B. Sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
5. C. Jika struktur B1 memiliki banyak kesamaan maka belajar B2 menjadi lebih mudah
6. C. Semakin sering pembelajar merespon stimulus semakin cepat ia memperoleh bahasa
7. A. bahasa-bahasa yang diserap anak dari lingkungan keluarganya
8. D. baik buruknya bahasa anak tergantung baik atau buruknya input yang masuk
9. D. aktual dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
10. C. lebih sering dipakai seseorang dalam kehidupan dia sehari-hari
2. B. planning strategy
3. C. strategi formal
4. B. Sesudah perkembangan kognitif dan sosial seorang anak
5. C. Jika struktur B1 memiliki banyak kesamaan maka belajar B2 menjadi lebih mudah
6. C. Semakin sering pembelajar merespon stimulus semakin cepat ia memperoleh bahasa
7. A. bahasa-bahasa yang diserap anak dari lingkungan keluarganya
8. D. baik buruknya bahasa anak tergantung baik atau buruknya input yang masuk
9. D. aktual dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
10. C. lebih sering dipakai seseorang dalam kehidupan dia sehari-hari
11. B. “ Mah itu Bapak pulang ayo bukakan pintu!’ kata anak meniru perilaku ibunya setiap suaminya pulang
12. B. seluruh faktor yang menyebabkan pelajar menerapkan kemampuan berbahasa untuk memperoleh bahasa tertentu
13. D. berusaha menggunakan bahasa target sebagai alat mempelajari budaya tertentu
14. A. berani menggunakan bahasa target jika sudah dapat berbahasa seperti penutur aslinya
15. C. mengolah stimulus kebahasaan yang masuk
16. B. input yang berasal dari bahasa pembelajar
17. A. pemerolehan bahasa proses berlangsungnya secara bawah sadar, belajar bahasa proses berlangsungnya secara sadar dan disengajari.
18. B. mengoreksi kesalahan pembelajar sekaligus memberikan masukan
19. A. Mengucapkan “Mum” sambil menunjuk gelas dihadapannya.
20. D. Proses alami yang berlangsung tanpa adanya perhatian secara sadar terhadap bentuk-bentuk linguistik
12. B. seluruh faktor yang menyebabkan pelajar menerapkan kemampuan berbahasa untuk memperoleh bahasa tertentu
13. D. berusaha menggunakan bahasa target sebagai alat mempelajari budaya tertentu
14. A. berani menggunakan bahasa target jika sudah dapat berbahasa seperti penutur aslinya
15. C. mengolah stimulus kebahasaan yang masuk
16. B. input yang berasal dari bahasa pembelajar
17. A. pemerolehan bahasa proses berlangsungnya secara bawah sadar, belajar bahasa proses berlangsungnya secara sadar dan disengajari.
18. B. mengoreksi kesalahan pembelajar sekaligus memberikan masukan
19. A. Mengucapkan “Mum” sambil menunjuk gelas dihadapannya.
20. D. Proses alami yang berlangsung tanpa adanya perhatian secara sadar terhadap bentuk-bentuk linguistik
21. D. Baik anak maupun ibu harus saling mengalah untuk menunggu giliran berbicara
22. D. prinsip operasi
23. B. pada awalnya kematangan menyimak lebih dulu dari pada kematangan berbicara
24. A. Adi biasa menggunakan kata “Ape?” untuk bertanya dan “Engga.” untuk menyatakan ketidaksetujuan yang biasa ia tiru dari kebiasaan ibunya.
25. A. pengetahuan yang sadar tentang bahasa kedua
26. B. mengetahui
27. C. motivasi
28. C. Edi sangat fasih dalam berbicara bahasa Inggris karena dari lahir hingga usia tiga tahun dia tinggal di Australi
29. C. Pengaruh usia anak saat memperoleh B1
30. C. kecerdasan
22. D. prinsip operasi
23. B. pada awalnya kematangan menyimak lebih dulu dari pada kematangan berbicara
24. A. Adi biasa menggunakan kata “Ape?” untuk bertanya dan “Engga.” untuk menyatakan ketidaksetujuan yang biasa ia tiru dari kebiasaan ibunya.
25. A. pengetahuan yang sadar tentang bahasa kedua
26. B. mengetahui
27. C. motivasi
28. C. Edi sangat fasih dalam berbicara bahasa Inggris karena dari lahir hingga usia tiga tahun dia tinggal di Australi
29. C. Pengaruh usia anak saat memperoleh B1
30. C. kecerdasan
31. D. kebermanfaatan teori belajar bahasa
32. C. membiasakan berbahasa baik akan melahirkan kebiasaan berbahasa baik.
33. C. terlalu luasnya wilayah kajian menyulitkan penerapan teori bahasa tersebut
34. D. latar belakang bahasa, motivasi, intelektual dan budaya pembelajar
35. D. Connection(S-R Bond)
36. A. Classical Conditioning oleh Pavlov
37. C. Bahwa belajar bahasa memerlukan pembiasaan yang akhirnya membentuk perilaku yang diinginkan
38. D. Peran guru sangat dominan dalam memberikan materi sampai luas dan tuntas
39. C. Setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisition Device( LAD)
40. A. kemampuan berbahasa seseorang berasal dan diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak
32. C. membiasakan berbahasa baik akan melahirkan kebiasaan berbahasa baik.
33. C. terlalu luasnya wilayah kajian menyulitkan penerapan teori bahasa tersebut
34. D. latar belakang bahasa, motivasi, intelektual dan budaya pembelajar
35. D. Connection(S-R Bond)
36. A. Classical Conditioning oleh Pavlov
37. C. Bahwa belajar bahasa memerlukan pembiasaan yang akhirnya membentuk perilaku yang diinginkan
38. D. Peran guru sangat dominan dalam memberikan materi sampai luas dan tuntas
39. C. Setiap manusia sudah dilengkapi oleh alat penguasaan bahasa yang dinamakan Language Acquisition Device( LAD)
40. A. kemampuan berbahasa seseorang berasal dan diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak
41. D. apa yang mereka ketahui tentang dunia ini
42. A. lebih mampu memahami dari pada menuturkan
43. D. ikan /untuk konsep ikan
42. A. lebih mampu memahami dari pada menuturkan
43. D. ikan /untuk konsep ikan
44. C. pemerolehan bahasa memiliki suatu permulaan yang gradual yang muncul dari prestasi-prestasi motorik, social, dan kognitif pralinguistik
45. A. makna dan semantik bahasa yang digunakan adalah ide yang merupakan bagian dari isi pikiran
46. C. Anak mendengarkan dengan tenang ketika ibunya mendongeng sebelum tidur
45. A. makna dan semantik bahasa yang digunakan adalah ide yang merupakan bagian dari isi pikiran
46. C. Anak mendengarkan dengan tenang ketika ibunya mendongeng sebelum tidur
47. D. Membagi dua yaitu kelompok anak referensial dan ekspresif
48. B. pelopor teori kognitifisme
49. D. belajar bahasa adalah belajar memahami fungsi-fungsi bahasa sebagai tujuan komunikasi
50. D. untuk mempelajari bahasa manusia membentuk versi sendiri terhadap kenyataan
50. D. untuk mempelajari bahasa manusia membentuk versi sendiri terhadap kenyataan
Posting Komentar
Posting Komentar