Votere | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPS kelas VIII revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal materi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPS.
Gambar: freepik.com
1. Dibawah ini merupakan faktor interen dari lahirnya pergerakan di Indonesia....
A. Kemenangan Jepang atas Rusia
B. Lahirnya kaum terpelajar
C. Munculnya faham-faham baru di dunia
D. Kemenangan Amerika atas Jepang
2. Keinginan bangsa Eropa untuk mencari sendiri pusat rempah-rempah yang ada di Indonesia, mendorong bangsa Eropa mengadakan ....
A. Penyerangan terhadap kerajaan-kerajaan di Nusantara
B. Penjelajahan samudra ke timur
C. Menghancurkan pedagang Islam di Selat Malaka
D. Perjanjian dengan pedagang-pedagang Islam
3. Indische Partij (IP) adalah partai politik pertama di Indonesia yang didirikan oleh 3 Serangkai yaitu....
A. Douwes Dekker , Suwardi Suryaningrat, dan dr Cipto Mangunkusumo
B. Suwardi Suryaningrat, Douwes Dekker, dr. Sutomo
C. Ir. Sukarno, M.Hatta, dan Ahmad Subarjo
D. Douwes Dekker, dr Cipto Mangunkusumo, HOS. Cokroaminoto
4. Faktor ekonomi yang menyebabkan bangsa Eropa mencari daerah rempah-rempah adalah....
A. Bangsa Eropa kalah dalam menghadapi persaingan dengan Amerika
B. Harga rempah-rempah di Eropa makin meningkat
C. Konstantinopel jatuh ke tangan bangsa Turki Usmani
D. Adanya kekhawatiran bahwa bangsa Asia tidak lagi menjual rempah-rempah
5. Keinginan generasi muda di zaman kebangkitan nasional untuk merdeka tidak cukup hanya berbekal semangat patriotisme harus di dukung oleh, kecuali ....
A. kesadaran, kerelaan berkorban demi nusa dan bangsa
B. semangat patriotisme, nasionalisme, dan radikalisme
C. kerja sama, kesetiakwananan sosial, disertai semangat cinta tanah air
D. rasa persatuan dan kesatuan nasional oleh rasa kebangsaan Indonesia
6. Kesamaan tujuan bangsa-bangsa Eropa datang ke Indonesia dalam ....
A. Mengadakan penjelajahan samudra
B. Menjalin kerja sama perdagangan
C. Memerlukan rempah-rempah
D. Mencari kejayaan
7. Buku yang menjelaskan tentang penderitaan penduduk Pulau Jawa, khususnya daerah Banten dan Priangan yag diakibatkan oleh pelaksanaan system tanam paksa berjudul ....
A. Cultuurstelsel
B. Max Havelaar
C. Etische Politic
D. Devide et impera
8. Bangsa Belanda pertama kali datang ke Indonesia dipimpin oleh ....
A. Jacob Van Neck
B. Cornelis de Houtman
C. Herman Willam Daendels
D. Johanes Van Den Bosh
9. Pada masa penjajahan terjadi perubahan besar pada kondisi geografis Indonesia. Perubahan tersebut terlihat dari....
A. kepunahan tanaman-tanaman ekspor akibat penebangan ilegal
B. perubahan bentuk permukaan tanah akibat penggalian tambang
C. kepunahan biota laut akibat penjarahan
D. perluasan jumlah lahan untuk tanaman ekspor
10. Akibat sistem tanam paksa bagi rakyat Indonesia adalah ....
A. Rakyat bebas membayar pajak
B. Terbukanya lapangan kerja bagi penduduk pedesaan
C. Rakyat Indonesia makin miskin dan menderita kelaparan
D. Berhasil dibangun jalan raya dari Anyer sampai Panarukan
11. Pada masa pendudukan Jepang perkebunan tanaman ekspor diganti menjadi lahan pertanian untuk kebutuhan pangan pasukan Jepang. Akibat yang ditimbulkan dari kondisi tersebut adalah....
A. masyarakat memiliki cadangan bahan makanan
B. komoditas hasil pertanian di Indonesia meningkat
C. masyarakat kesulitan memperoleh bahan pakaian
D. lahan perkebunan kembali dimanfaatkan sebagai hutan
12. Penyebab utama gagalnya serangan Sultan Agung yang pertama adalah ....
A. Tidak memiliki siasat perang yang unggul
B. Kekurangan bahan makanan
C. Kurangnya semangat tentara Mataram
D. Jumlah tentara yang sangat sedikit
13. Pada masa kekuasaan kolonial Barat, uang mulai dikenalkan kepada rakyat sebagai alat....
A. investasi untuk masa depan
B. pembayaran jasa tenaga kerja
C. peningkatan strata sosial dalam masyarakat
D. penanda kedudukan sosial dalam masyarakat
14. Tugas utama Daendels di Indonesia adalah ....
A. Menguasai seluruh Nusantara
B. Menjajah wilayah Indonesia
C. Mempertahankan Jawa dari Inggris
D. Membuat jalan sepanjang ± 1.000 km
15. Jika pada masa kolonial Belanda pemerintah lebih banyak menanam kopi, pada masa pendudukan Jepang pemerintah lebih mengembangkan tanaman jarak. Tanaman jarak berguna sebagai....
A. bahan produksi minyak dibutuhkan mesin perang
B. bahan bakar kendaraan perang baik kendaraan darat maupun udara
C. bahan dasar pembuatan pakaian khusus perang
D. obat penyakit malaria bagi pasukan Jepang
16. Tujuan disusunnya Undang-Undang Agraria oleh Belanda antara lain...
A. Melarang orang asing menyewa tanah di Indonesia
B. Memperkuat hak milik bagi petani di pedesaan
C. Membatasi luas tanah yang dimiliki oleh perkebunan
D. Melindungi hak milik petani atas tanahnya dari penguasaan modal asing
17. Model pendidikan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang mengalami banyak perubahan dari masa kolonial. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan....
A. kebebasan mengenakan seragam di sekolah
B. pengajaran agama menjadi pelajaran wajib di sekolah
C. penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di sekolah
D. penerapan pelajaran moral dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
18. Sistem sewa tanah berlangsung pada masa pemerintah....
A. Janssen
B. Deandels
C. Van den Bosh
D. Raffles
19. Perubahan ekonomi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan Belanda ditunjukkan oleh pilihan....
A. kegiatan ekspor-impor mengalami penurunan signifikan
B. jenis pekerjaan di Indonesia semakin bervariasi
C. investasi oleh pihak asing semakin berkurang
D. proses distribusi barang dan jasa menjadi terhambat
20. Ambisi untuk mencari untung sebesar-besarnya melalui kegiatan perdagangan termasuk dalam semangat....
A. Gold
B. Glory
C. Gospel
D. Glory dan Gospel
21. Pada masa penjajahan Belanda masyarakat mulai melakukan urbanisasi. Terjadinya urbanisasi pada masa penjajahan Belanda didorong oleh....
A. kemunculan lembaga pendidikan di perkotaan
B. peningkatan fasilitas dan upah pekerja di perkotaan
C. pembukaan lapangan kerja di daerah penghasil tambang
D. kemunculan berbagai pusat industri dan fasilitas di kota
22. Salah satu dampak pelaksanaan Politik Etis yang dilakukan oleh Belanda yaitu ....
A. Melahirkan golongan cerdik dan pandai
B. Mendorong lahirnya Sumpah Pemuda
C. Menambah penerimaan kas Belanda
D. Mendorong timbulnya perlawanan rakyat di berbagai daerah
23. Tanah adalah milik negara, maka rakyat harus menyewa tanah kepada negara. Hal inilah yang melatarbelakangi sistem sewa tanah pada masa pemerintahan....
A. Daendles
B. Rafles
C. Jansen
D. Lord Minto
24. Timbulnya pergerakan nasional Indonesia dipelopori oleh ....
A. Kaum bangsawan
B. Para ulama
C. Tokoh-tokoh liberal
D. Para pelajar
25. Pelaksanaan Tanam Paksa telah menghancurkan perekonomian Indonesia dan merupakan beban yang berat karena....
A. rakyat dipaksa menyerahkan 1/5 tanah pertanian pada belanda
B. rakyat tidak punya waktu lagi mengerjakan tanah pertaniannya untuk memenuhi kebetuhannya sendiri
C. dalam praktiknya tanah yang harus ditanami tanaman industri hampir 2/3 dari tanah yang terbaik
D. selain menanami 1/5 tanaman, wajib juga harus 1/5 hari kerjanya
26. Salah satu faktor yang mendorong pergerakan nasional yang muncul dari bangsa sendiri adalah ....
A. Pengaruh masuknya paham-paham baru di Indonesia
B. Penderitaan bangsa Indonesia yang berkepanjangan
C. Gugurnya raja-raja yang melawan penjajah
D. Makin luasnya pengaruh Belanda di lingkungan kerajaan
27. Pelaksanaan Politik Etis yang paling dirasakan dalam pergerakan nasional bangsa Indonesia adalah....
A. pendidikan dengan munculnya golongan terpelajar
B. irigasi telah memajukan pertanian khususnya di Jawa
C. perpindahan penduduk telah mengangkat kesejahteraan kaum miski
D. kemajuan ekonomi akibat politik kolonial liberal
28. Tujuan utama berdirinya Budi Utomo yaitu ....
A. Mendirikan sekolah pribumi
B. Meningkatkan derajat bangsa melalui pendidikan dan kebudayaan
C. Mempersatukan para tokoh perjuangan bangsa dalam melawan penjajah
D. Melakukan perundingan dengan pihak penjajah
29. Berdirinya sekolah-sekolah pribumi seperti Taman Siswa merupakan bentuk perubahan masyarakat yang disebabkan oleh....
A. diskriminasi pendidikan oleh pemerintah Belanda
B. kesenjangan sosial di tengah masyarakat kota
C. krisis kepercayaan terhadap pemerintah Belanda
D. krisis ekonomi yang berkepanjangan
30. Tujuan pokok diselenggarakan Kongres Pemuda II pada tahun 1928 ialah ....
A. Melatih para pemuda hidup berorganisasi
B. Untuk mempercepat proses meraih kemerdekaan
C. Membentuk wadah kegiatan para pemuda Indonesia
D. Mempersatukan seluruh rakyat Indonesia
31. Perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari tradisional menjadi modern, pengertian dari....
A. revolusi industri
B. revolusi ekonomi
C. modernisasi
D. industrialisasi
32. Dalam tulisannya " Ais ik eens Nederlander was" Ki Hadjar Dewantara menyinggung sikap Belanda yang tidak pantas dilakukan di antranya....
A. Tidak menghargai kebudayaan bangsa lain
B. Meyiksa rakyat pribumi
C. Merasa negaranya yang paling kuat
D. Melakukan politik adu domba
33. Pelaksanaan politik etis pada tahun 1901 yang paling berpengaruh terhadap munculnya pergerakan nasional bangsa Indonesia adalah aspek ....
A. semakin banyak orang yang mengenyam pendidikan
B. irigasi telah memajukan pertanian
C. perpindahan penduduk telah mengangkat kesejathteraan masyarakat
D. membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pribumi dalam mengenyam pendidikan
34. Sekolah rendah Eropa yang diperuntuhkan bagi keturunan Eropa, keturunan Timur asing , atau pribumi dari tokoh tertemuka adalah....
A. HBS
B. HCS
C. ELS
D. HIS
35. Tanam paksa dilakukan pada masa pemerintahan....
A. Daendels
B. Raffles
C. Van den Bosch
D. Napoleon
36. Berkembangnya pendidikan Islam di Nusantara tidak terlepas dari perkembangan perdagangan internasional yang dilakukan oleh pedagang dari negara di bawah ini kecuali....
A. Arab
B. Gujarat
C. Turki
D. Persia
37. Sistem sewa tanah yang sangat memberatkan rakyat pribumi karena diharuskan membayar kepada pemerintah Inggris atas tanah yang sebenarnya merupakan milik mereka sendiri diberlakukan pada masa pemimpin....
A. Daendels
B. Raffles
C. Van Den Bosch
D. Lord Minto
38. Salah satu hal yang menjadi hak Indonesia dan diperjuangkan oleh tokoh-tokoh Partai Indonesia Raya adalah....
A. Pendidikan yang layak
B. Kesejahteraan
C. Hukum yang adil
D. Keadilan di negeri sendiri
39. Pada masa penjajahan terjadi perubahan besar pada kondisi geografis Indonesia. Perubahan tersebut terlihat dari....
A. kepunahan tanaman-tanaman ekspor akibat penebangan ilegal
B. perubahan bentuk permukaan tanah akibat penggalian tambang
C. kepunahan biota laut akibat penjarahan
D. perluasan jumlah lahan untuk tanaman ekspor
40. Menurut Gerindo, keadilan akan dicapai dengan menjujung tinggi asas demokrasi. Contoh penerapan menjunjung tinggi asas demokrasi di kehidupan bermasyarakat adalah....
A. Mengikuti pemilihan ketua OSIS di sekolah
B. Mengikuti berita pemilihan kepala Dearah
C. Mempelajari PKN untuk menjadi warga yang baik
D. Memilih ketua pemuda dengan cara pemungutan suara
41. Pada masa kekuasaan kolonial Barat, uang mulai dikenalkan kepada rakyat sebagai alat....
A. investasi untuk masa depan
B. pembayaran jasa tenaga kerja
C. peningkatan strata sosial dalam masyarakat
D. penanda kedudukan sosial dalam masyarakat
42. Faktor utama yang mendorong orang barat datang ke dunia Timur adalah ....
A. Mencari rempah-rempah
B. Mengejar kekayaan dan kejayaan
C. Melakukan penjelajahan samudera
D. Menaklukan raja-raja Indonesia
43. Perubahan ekonomi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan Belanda ditunjukkan oleh pilihan....
A. kegiatan ekspor-impor mengalami penurunan signifikan
B. jenis pekerjaan di Indonesia semakin bervariasi
C. investasi oleh pihak asing semakin berkurang
D. proses distribusi barang dan jasa menjadi terhambat
44. Imperialisme modern muncul setelah terjadinya Revolusi Industri, karena bertujuan....
A. Memperkuat pertahanan militernya
B. Mengembangkan perekonomiannya
C. Mengembalikan kejayaan negara penjajah
D. Menimbun kekayaan berupa logam mulia
45. Pada masa penjajahan Belanda masyarakat mulai melakukan urbanisasi. Terjadinya urbanisasi pada masa penjajahan Belanda didorong oleh....
A. kemunculan lembaga pendidikan di perkotaan
B. peningkatan fasilitas dan upah pekerja di perkotaan
C. pembukaan lapangan kerja di daerah penghasil tambang
D. kemunculan berbagai pusat industri dan fasilitas di kota
46. Didalam penjelajahan samudera bangsa Eropa terdapat semboyan Glory yang, artinya ....
A. Kejayaan
B. Keunggulan
C. Kekayaan
D. Kekuasaan
47. Berdirinya sekolah-sekolah pribumi seperti Taman Siswa merupakan bentuk perubahan masyarakat yang disebabkan oleh....
A. diskriminasi pendidikan oleh pemerintah Belanda
B. kesenjangan sosial di tengah masyarakat kota
C. krisis kepercayaan terhadap pemerintah Belanda
D. krisis ekonomi yang berkepanjangan
48. Tokoh Portugis yang berhasil menguasai Malaka adalah....
A. Christoper Colombus
B. Vasco da Gama
C. Alfonso de Albuquerque
D. Ferdinand Magelhaens
49. Pelaksanaan politik etis pada tahun 1901 yang paling berpengaruh terhadap munculnya pergerakan nasional bangsa Indonesia adalah aspek ....
A. semakin banyak orang yang mengenyam pendidikan
B. irigasi telah memajukan pertanian
C. perpindahan penduduk telah mengangkat kesejathteraan masyarakat
D. membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pribumi dalam mengenyam pendidikan
50. Hak istimewa VOC disebut hak....
A. Konsultasi
B. Ekstirpasi
C. Ocktroi
D. Privilise
51. Pelaksanaan tanam paksa telah menghancurkan perekonomian Indonesia dan merupakan beban yang berat karena....
A. Rakyat dipaksa menyerah 1/5 tanah pertanian pada Belanda
B. Rakyat tidak punya waktu lagi mengerjakan tanah pertaniannya untuk memenuhi kebutuhan sendiri
C. Dalam praktinya tanah yang harus ditanami tanaman industri hampir 2/3 dari tanah yang terbaik
D. Selain menanami 1/5 tanaman wajib juga harus menyerahkan 1/5 dari hari kerjanya
52. Tugas Daendels di Indonesia adalah mempertahankan Pulau Jawa dari serangan....
A. Inggris
B. Jerman
C. Perancis
D. Jepang
53. Pelaksanaan Politik Etis yang paling dirasakan dalam pergerakan nasional bangsa Indonesia adalah ....
A. Pendidikan dengan munculnya golongan terpelajar
B. Irigasi telah memajukan pertanian khususnya di Jawa
C. Perpindahan penduduk telah mengangkat kesejahteraan kaum miskin
D. Kemajuan ekonomi akibat politik kolonial liberal
54. Kerja paksa pada jaman pemerintahan Belanda disebut....
A. Culturstelsel
B. Rodi
C. Romusa
D. Landrent
55. Perlawanan rakyat di berbagai daerah seperti Perang Padri, Perang Diponegoro, Perang Banjar, dan sebagainya pada masa penjajahan gagal mengusir penjajah dari Indonesia. Berikut yang merupakan penyebab kegagalan perjuangan pada masa tersebut adalah ....
A. Tujuan tidak jelas, bersifat kedaerahan, kalah persenjataan
B. tergantung pada satu pimpinan,mengandalkan kekuatan fisik, bersifat kedaerahan
C. Kalah persenjataan, pemimpin tidak berpendidikan tinggi, semangat perjuangan lemah
D. Tidak memiliki komandan perang yang baik, tergantung pada satu pemimpin, kalah persenjataan
56. Salah satu kebijakan dari Gubernur Jenderal Daendels, adalah....
A. Pembangunan jalan Anyer-Panarukan
B. Sistem sewa tanah
C. Membentuk angkatan militer Peta
D. Tanam Paksa
57. Serikat Islam asal mulanya adalah dari Serikat Dagang Islam, yang didirikan oleh pedagang Batik di Solo yang bernama ....
A. Haji Samanhudi
B. Haji Misbach
C. KH Ahmad Dahlan
D. KH Hasyim Asyari
58. Pelaksanaan Culturstelsel di Indonesia diusulkan oleh ....
A. John Fendall
B. Buyskess
C. Van den Bosch
D. Van der Capellen
59. Perjuangan Kemerdekaan Indonesia ditandai dengan era kebangkitan nasional. Kebangkitan nasional yang di maksud adalah ....
A. Dinyanyikan Kemerdekaan Indonesia Raya oleh para pemuda
B. Kesadaran untuk membentuk pergerakan nasional
C. Munculnya organisasi kedaerahan
D. Perang melawan penjajah
60. Sistem sewa tanah berlangsung pada masa pemerintahan....
A. Raffles
B. Daendels
C. Janssens
D. Van den Bosch
61. Pengerahan tenaga rakyat yang sangat menyengsarakan yang dilakukan pemerintah penduduk Jepang disebut ....
A. Sekerei
B. Oshamu seirei
C. Romusha
D. Rodi
62. Latar belakang perlawanan dari Sultan Baabullah terhadap Portugis adalah....
A. Portugis menguasai Ambon
B. Terbunuhnya Sultan Khairun
C. Politik devide et impera dari Portugis
D. Portugis menguasai pelabuhan di Maluku
63. Karena Gerakan 3A tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapkan, sebagai gantinya pemerintah pendudukan Jepang mendirikan ....
A. Keibodan
B. PETA
C. PUTERA
D. Jawa Hokokai
64. Perang Padri yang teradi tahun 1803 sampai 1838 merupakan perlawanan rakyat yang terjadi di ....
A. Maluku
B. Aceh
C. Sumatera Barat
D. Sumatera Selatan
65. Faktor yang menyebabkan munculnya gerakan bawah tanah semasa Jepang adalah ....
A. Larangan berdirinya partai politik
B. Ketatnya penjagaan diatas permukaan
C. Kemudahan menyelundup melalui lorong
D. Ketakutan akan hukuman Belanda
66. Raja di Mataram yang melakukan penyerangan terhadap Portugis di Batavia adalah....
A. Sultan Baabullah
B. Sultan Iskandar Muda
C. Sultan Hasanuddin
D. Sultan Agung
A. Golongan Muda
B. Mahasiswa kedokteran
C. 3 serangkai
D. Ir. Soekarno
68. Langkah yang dilakukan oleh Raja Mataram setelah mengalami kegagalan dalam penyerangan I kepada Portugis di Batavia adalah ....
A. Memperkuat Pasukan perang
B. Membangun benteng-benteng pertahanan di setiap tempat
C. Mempersiapkan armada laut yang kuat
D. Mendirikan lumbung-lumbung persediaan makanan
69. Imperialisme kuno yang dipelopori oleh Portugis dan Spanyol mempunyai semboyan ....
A. Detat cest Moi
B. Gold, Glory, Gospel
C. The Wealth of Nation
D. Liberte, Egalite, Fraternite
70. Salah satu dampak pelaksanaan Politik Etis yang dilakukan oleh Belanda yaitu ....
A. Melahirkan golongan cerdik dan pandai
B. Mendorong lahirnya Sumpah Pemuda
C. Menambah penerimaan kas Belanda
D. Mendorong timbulnya perlawanan rakyat di berbagai daerah
Posting Komentar
Posting Komentar