Votere | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi reklame dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mat pelajaran SBdP kelas VI tema 4 revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang kumpulan contoh soal materi reklame dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mat pelajaran SBdP.
Gambar: freepik.com
1. Reklame berasal dari bahasa ....
A. Spanyol
B. Inggris
C. Yunani
D. Perancis
2. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembuatan reklame ....
A. mengajak orang-orang melakukan suatu hal
B. menginformasikan sebuah berita
C. menampilkan hasil ujian kelulusan
D. menawarkan suatu produk
3. Salah satu upaya menciptakan daya pembeli diperlukan terobosan kreatif atas produk selain kualitas produk yaitu melalui ....
A. kemasannya
B. rasanya
C. barangnya
D. warnanya
4. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat reklame, kecuali ....
A. memberikan hadiah bagi pembaca
B. tulisan harus jelas dan mudah dimengerti
C. bahasa yang baik dan menarik
D. gambar ilustrasi yang menarik
5. Reklame yang berisikan ajakan untuk membayar pajak termasuk jenis reklame....
A. komersial
B. nonkomersial
C. audio
D. visual
6. Reklame yang digunakan untuk menawarkan barang dagangan termasuk kategori reklame ....
A. religi
B. komersial
C. nonkomersial
D. hadiah
7. Media untuk mempromosikan produk wirausaha disebut ....
A. reklame
B. rambu
C. gambar
D. sketsa
8. Berikut ini yang bukan termasuk jenis reklame adalah ....
A. poster
B. brosur
C. spanduk
D. kwitansi
9. Pesan pada poster disampaikan dengan bahasa yang ....
A. indah dan menarik
B. menggunakan isyarat
C. mudah dipahami
D. sulit dipahami
10. Berikut yang termasuk reklame nonkomersial adalah ....
A. iklan minuman
B. brosur sekolah
C. poster gerakan kebersihan
D. embalase kemasan biskuit
11. Membuat poster atau reklame dengan komputer menggunakan program ....
A. power point
B. microsoft word
C. math type
D. corel draw
12. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembuatan reklame ....
B. Mengajak orang-orang melakukan suatu hal
B. Menginformasikan sebuah berita
C. Menampilkan hasil ujian kelulusan
D. Menawarkan suatu produk
13. Perbedaan buklet dan leaflet bisa dilihat dari bentuknya. Buklet berbentuk buku sedangkan leaflet berbentuk ....
A. oval
B. papan persegi
C. lipatan kertas
D. guntingan kertas
14. Poster yang dibuat dengan gambar warna–warni terlihat ....
A. mudah dibaca
B. mudah dilihat
C. menarik perhatian
D. mewah sekali
15. Jenis reklame berupa selembaran kertas, dibuat sangat menarik, dan ditempel di tempat-tempat umum yang strategis disebut ....
A. spanduk
B. leaflet
C. poster
D. iklan
16. Fungsi poster yaitu menyampaikan pesan secara singkat menggunakan ....
A. gambar
B. suara
C. kata
D. kata dan gambar
17. Iklan di televisi merupakan salah satu jenis reklame dengan memanfaatkan media ....
A. cetak
B. visual
C. massa
D. elektronik
18. Bahasa yang digunakan dalam poster sebaiknya ....
A. berisi majas dan peribahasa
B. panjang, indah, dan puitis
C. singkat, padat, dan mudah dimengerti
D. bahasa Indonesia gaul dan kekinian
19. Pemasangan reklame yang tepat adalah di tempat yang....
A. terpencil
B. ramai
C. luas
D. sepi
20. Berikut ini bahan dan alat untuk membuat poster, kecuali ....
A. pulpen
B. pensil
C. kuas lukis
D. canting
21. Reklame yang berisi gambar/tulisan menarik dengan ukuran besar, ditempatkan ditempat strategis menggunakan tiang besar dan kuat yang bersifat semi permanen disebut....
A. logo
B. poster
C. baliho
D. spanduk
22. Yang tidak termasuk ciri utama poster adalah ....
A. menarik perhatian pembaca
B. bahasa mudah dipahami
C. komposisi gambar dan tulisan sesuai
D. menggunakan gambar sketsa
23. Reklame yang memuat informasi menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang disebut ....
A. baliho
B. spanduk
C. poster
D. label
24. Berikut ini adalah contoh reklame audiovisual yaitu ....
A. iklan di televisi
B. iklan di radio
C. iklan di majalah
D. iklan di koran
25. Berikut yang bukan merupakan fungsi reklame adalah ....
A. Menyampaikan informasi kepada masyarakat
B. Mengajak atau mempengaruhi masyarakat
C. Menciptakan dan membangun kesan tidak baik masyarakat
D. Menjadi alat komunikasi antara penjual dengan calon konsumen
A. Ayo,kita pakai produk terbaru dari luar negeri
B. Cintailah produk tercanggih dari luar negeri
C. Tiru dan jiplaklah hasil karya budaya asing
D. Lestarikanlah budaya daerah dan nasional bangsa kita
27. Berikut ini yang bukan termasuk bentuk reklame adalah ....
A. poster
B. brosur
C. spanduk
D. majalah
28. Isi pesan yang ada pada poster biasanya menggunakan bahasa ....
A. baku atau resmi
B. mudah dipahami
C. bahasa daerah
D. sandi atau kode
29. Reklame akan membangkitkan melihat dan keinginan seseorang untuk ....
A. membaca dan melihat isi reklame
B. memiliki dan menggunakan jasa yang ditawarkan
C. tertarik terhadap barang yang ditawarkan
D. mengidentifikasi isi dan bahan reklame
30. Berikut ini yang tidak termasuk reklame visual adalah ....
A. spanduk
B. poster
C. radio
D. baliho
31. Jenis reklame visual yang bisa dijumpai pada pembungkus ataukah kemasan dari suatu produk yang diperjualbelikan adalah ....
A. iklan
B. embalase
C. baliho
D. spanduk
32. Yang tidak termasuk langkah-langkah membuat poster adalah ....
A. menentukan topik dan tujuan
B. menentukan suara yang menarik
C. membuat kalimat singkat dan mudah diingat
D. menggunakan gambar yang menarik
33. Jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel di tempat-tempat umum yang strategis adalah ....
A. embalase
B. iklan
C. poster
D. pariwara
34. Poster berbahan kertas paling baik ditempatkan di ....
A. dinding dengan dipaku
B. dinding dengan dilem
C. dengan digantungkan
D. xbanner dengan dipaku
35. Reklame singkat dalam bentuk visual pada media cetak atau elektronik disebut....
A. iklan
B. brosur
C. poster
D. baliho
36. Perhatikan data-data berikut ini!
1) Bersifat persuasif.
2) Mengutamakan unsur kata-kata
3) Memadukan unsur gambar dengan kata, gerak, dan suara.
4) Mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata.
5) Dipajang di tempat umum.
6) Disampaikan melalui media massa.
Berdasarkan data di atas, yang merupakan unsur-unsur sebuah poster yaitu ....
A. 1), 2), 3)
B. 1), 2), 5)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 4), 5)
37. Reklame yang baik dan benar harus mencakup beberapa syarat berikut, kecuali....
A. mencolok
B. menarik
C. mudah di mengerti
D. kalimatnya panjang
38. Poster yang berisi untuk mengenalkan produknya kepada khalayak umum dengan harapan akan bisa meningkatkan penjualan disebut poster ....
A. kegiatan
B. layanan masyarakat
C. niaga
D. pendidikan
39. Reklame yang dibuat untuk kepentingan bisnis disebut....
A. Reklame komersial
B. Reklame komunitas
C. Reklame komersial
D. Reklame komukatif
40. Bahasa yang digunakan dalam poster adalah ....
A. singkat, padat, persuasif
B. panjang, tidak bertema
C. bertele-tele
D. berkesan memaksa
41. Berikut contoh reklame nonkomersial, kecuali....
A. himbauan untuk tertib berlalu lintas
B. membayar pajak
C. membeli sepeda motor
D. donor darah
42. Pemasangan reklame yang tepat adalah di tempat yang ....
A. luas
B. terpencil
C. ramai
D. sepi
43. Reklame yang diwujudkan melalui suara baik secara langsung maupun tidak langsung disebut....
A. reklame audio
B. radio
C. reklame visual
D. televisi
44. Brosur yang sering digunakan sebagai media promosi yaitu ....
A. brosur penawaran produk
B. brosur imbauan
C. brosur pendidikan
D. brosur kesehatan
45. Reklame yang menggunakan media suara dan gambar disebut....
A. Reklame Audiovisual
B. Reklame Audio
C. Reklame visual
D. Reklame Autotom
46. Keterangan yang terdapat pada brosur ....
A. speisifik dan banyak
B. banyak tetapi tidak lengkap
C. singkat dan tidak lengkap
D. singkat tetapi lengkap
47. Reklame yang diwujudkan dalam bentuk gambar disebut....
A. Reklame vivipar
B. Reklame audiovisual
C. Reklame audio
D. Reklame visual
48. Reklame yang berisi gambar/tulisan menarik dengan ukuran besar, ditempatkan ditempat strategis menggunakan tiang besar dan kuat yang bersifat semi permainan disebut....
A. logo
B. poster
C. baliho
D. spanduk
49. Pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak disebut....
A. banner
B. kalender
C. brosur
D. poster
50. Desain poster merupakan bagian dari karya seni rupa yang berfungsi sebagai media [...] untuk informasi.
A. rekam
B. audio
C. video
D. cetak
51. Reklame yang memuat informasi menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang disebut....
A. baliho
B. spanduk
C. poster
D. label
52. Poster yagn berisi ajakan untuk melakukan hal yang lebih baik kepada masyarakat dinamakan poster ....
A. hiasan
B. layanan masyarakat
C. kegiatan
D. komersil
53. Contoh bukan media ekeltronik adalah ....
A. televisi
B. radio
C. internet
D. majalah
54. Radio, tape recorder, dan telepon merupakan jenis media komunikasi ....
A. visual
B. audio
C. audio visual
D. cetak
55. Berikut yang bukan merupakan fungsi reklame adalah....
A. Menyampaikan informasi kepada masyarakat
B. Mengajak atau mempengaruhi masyarakat
C. Menciptakan dan membangun kesan tidak baik masyarakat
D. Menjadi alat komunikasi antara penjual dengan calon konsumen
56. Suatu sarana atau media untuk memperkenalkan produk tertentu kepada umum dan diharapkan dapat memengaruhi cara hidup masyarakat disebut ....
A. poster
B. reklame
C. tiket
D. cover
57. Seruan yang berulang pengertian dari....
A. referensi
B. reklame
C. rencana
D. retribusi
58. Jenis reklame yang digunakan untuk mengingatkan kepada masyarakat adalah reklame ....
A. komersial
B. non komersial
C. peringatan
D. penerangan
59. Reklame dengan bentuk kotak, ditempatkan di depan toko atau instansi menggunakan penyangga disebut....
A. brosur
B. poster
C. balih
D. banner
60. Contoh reklame yang menggunakan media gabungan dari audio dan visual ditayangkan melalui ....
A. radio
B. koran
C. majalah
D. televisi
61. Reklame yang diwujudkan melalui suara baik secara langsung maupun tidak langsung disebut....
A. reklame audio
B. radio
C. reklame visual
D. televisi
62. Logo merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan sederhana dalam bentuk ....
A. simbol
B. titik
C. garis
D. gambar
A. surat
B. gambar
C. reklame
D. berita
64. Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri poster adalah ....
A. komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar
B. menggunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu
C. mampu menarik minat khalayak
D. disajikan dengan media audio visual
65. Reklame adalah gambar yang disertai kata-kata menarik yang salah satunya bertujuan untuk ....
A. mengajak piknik
B. menjelaskan materi pelajaran
C. memberikan sanksi
D. menawarkan suatu barang kepada masyarakat
66. Syarat yang harus diperhatikan dalam membuat reklame adalah ....
A. benar, indah, menarik, dan unik
B. jelas, indah, dan mahal
C. menarik, unik, jelas, dan tegas
D. indah, mahal, dan benar
67. Ciri-ciri reklame adalah diantaranya....
A. singkat, Jelas, dan Mudah Dimengerti
B. hanya dibuat di media sosial
C. digunakan untuk keindahan
D. dibuat oleh orang orang tertentu
68. Berikut ini yang tidak termasuk reklame visual adalah ....
A. iklan televisi
B. poster
C. spanduk
D. baliho
A. indah, menarik, dan unik
B. jelas, indah, dan mahal
C. menarik, unik, dan tegas
D. indah, mahal, dan benar
70. Poster yang berisi ajakan untuk melakukan hal yang lebih baik kepada masyarakat, dinamakan poster ....
A. hiasan
B. kegiatan
C. komersial
D. layanan masyarakat
71. Secara umum, reklame berfungsi sebagai media informasi, artinya....
A. mengajak atau mempengaruhi masyarakat sehingga mereka mau menggunakan suatu produk atau jasa.
B. mengumumkan kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar
C. mengajak atau mempengaruhi masyarakat untuk melakukan kegiatan di sekolah
D. mempengaruhi orang untuk berbuat tidak baik
72. Di bawah ini yang bukan merupakan langkah-langkah untuk membuat sebuah poster adalah ....
A. menentukan topik dan tujuan
B. membuat kalimat singkat dan mudalı diingat
C. menggunakan gambar
D. menentukan suara latar yang menarik
73. Poster yang berisi mengenai suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat disebut ....
A. poster pendidikan
B. poster niaga
C. poster kegiatan
D. poster layanan masyarakat
74. Bentuk publikasi singkat berbentuk selebaran berisi keterangan atau informasi tentang sebuah produk atau bentuk layanan lainnya yang perlu diketahui oleh khalayak umum disebut ....
A. buklet
B. leaflet
C. formulir
D. pamflet
75. Reklame akan membangkitkan minat dan keinginan seseorang untuk ....
A. memiliki barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan
B. menemukan kesan tertarik terhadap barang
C. membaca dan melihat isi reklame
D. membuat reklame
76. Ukuran sebuah leaflet tidak terlalu besar, namun tidak pula begitu kecil, yaitu sekitar ....
A. 10-20 cm
B. 15-20 cm
C. 20-30 cm
D. 30-50 cm
77. Perbedaan antra reklame dan iklan terletak pada ....
A. gambar yang dicantumkan
B. media yang digunakan
C. warna yang digunakan
D. bahan yang digunakan
78. Pesan yang tertuang dalam sebuah leaflet umumnya merupakan sebuah ....
A. informasi
B. wawasan
C. pengetahuan
D. pendidikan
79. Jenis reklame yang biasa terdapat di depan toko berbentuk vertikal dengan besi sebagai penyangganya adalah ....
A. iklan
B. spanduk
C. brosur
D. banner
80. Jenis reklame visual yang terdapat pada kemasan atau pembungkus hasil produk yang diperdagangkan disebut ....
A. logo
B. brosur
C. baliho
D. embalase
Posting Komentar
Posting Komentar