Kumpulan 80+ Contoh Soal Reklame Dilengkapi Kunci Jawaban SBdP Kelas VI

Posting Komentar

Votere | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi reklame dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mat pelajaran SBdP kelas VI tema 4 revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang kumpulan contoh soal materi reklame dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mat pelajaran SBdP.


 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi reklame dileng Kumpulan 80+ Contoh Soal Reklame Dilengkapi Kunci Jawaban SBdP Kelas VI

Gambar: freepik.com

1. Reklame berasal dari bahasa ....
A. Spanyol
B. Inggris
C. Yunani
D. Perancis

2. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembuatan reklame ....
A. mengajak orang-orang melakukan suatu hal
B. menginformasikan sebuah berita
C. menampilkan hasil ujian kelulusan
D. menawarkan suatu produk

3. Salah satu upaya menciptakan daya pembeli diperlukan terobosan kreatif atas produk selain kualitas produk yaitu melalui ....
A. kemasannya
B. rasanya
C. barangnya
D. warnanya

4. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat reklame, kecuali ....
A. memberikan hadiah bagi pembaca
B. tulisan harus jelas dan mudah dimengerti
C. bahasa yang baik dan menarik
D. gambar ilustrasi yang menarik

5. Reklame yang berisikan ajakan untuk membayar pajak termasuk jenis reklame....
A. komersial
B. nonkomersial
C. audio
D. visual

6. Reklame yang digunakan untuk menawarkan barang dagangan termasuk kategori reklame ....
A. religi
B. komersial
C. nonkomersial
D. hadiah

7. Media untuk mempromosikan produk wirausaha disebut ....
A. reklame
B. rambu
C. gambar
D. sketsa

8. Berikut ini yang bukan termasuk jenis reklame adalah ....
A. poster
B. brosur
C. spanduk
D. kwitansi

9. Pesan pada poster disampaikan dengan bahasa yang ....
A. indah dan menarik
B. menggunakan isyarat
C. mudah dipahami
D. sulit dipahami

10. Berikut yang termasuk reklame nonkomersial adalah ....
A. iklan minuman
B. brosur sekolah
C. poster gerakan kebersihan
D. embalase kemasan biskuit

11. Membuat poster atau reklame dengan komputer menggunakan program ....
A. power point
B. microsoft word
C. math type
D. corel draw

12. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembuatan reklame ....
B. Mengajak orang-orang melakukan suatu hal
B. Menginformasikan sebuah berita
C. Menampilkan hasil ujian kelulusan
D. Menawarkan suatu produk

13. Perbedaan buklet dan leaflet bisa dilihat dari bentuknya. Buklet berbentuk buku sedangkan leaflet berbentuk ....
A. oval
B. papan persegi
C. lipatan kertas
D. guntingan kertas

14. Poster yang dibuat dengan gambar warna–warni terlihat ....
A. mudah dibaca
B. mudah dilihat
C. menarik perhatian
D. mewah sekali

15. Jenis reklame berupa selembaran kertas, dibuat sangat menarik, dan ditempel di tempat-tempat umum yang strategis disebut ....
A. spanduk
B. leaflet
C. poster
D. iklan

16. Fungsi poster yaitu menyampaikan pesan secara singkat menggunakan ....
A. gambar
B. suara
C. kata
D. kata dan gambar

17. Iklan di televisi merupakan salah satu jenis reklame dengan memanfaatkan media ....
A. cetak
B. visual
C. massa
D. elektronik

18. Bahasa yang digunakan dalam poster sebaiknya ....
A. berisi majas dan peribahasa
B. panjang, indah, dan puitis
C. singkat, padat, dan mudah dimengerti
D. bahasa Indonesia gaul dan kekinian

19. Pemasangan reklame yang tepat adalah di tempat yang....
A. terpencil
B. ramai
C. luas
D. sepi

20. Berikut ini bahan dan alat untuk membuat poster, kecuali ....
A. pulpen
B. pensil
C. kuas lukis
D. canting

21. Reklame yang berisi gambar/tulisan menarik dengan ukuran besar, ditempatkan ditempat strategis menggunakan tiang besar dan kuat yang bersifat semi permanen disebut....
A. logo 
B. poster
C. baliho
D. spanduk

22. Yang tidak termasuk ciri utama poster adalah ....
A. menarik perhatian pembaca
B. bahasa mudah dipahami
C. komposisi gambar dan tulisan sesuai
D. menggunakan gambar sketsa

23. Reklame yang memuat informasi menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang disebut ....
A. baliho
B. spanduk
C. poster
D. label

24. Berikut ini adalah contoh reklame audiovisual yaitu ....
A. iklan di televisi
B. iklan di radio
C. iklan di majalah
D. iklan di koran

25. Berikut yang bukan merupakan fungsi reklame adalah ....
A. Menyampaikan informasi kepada masyarakat
B. Mengajak atau mempengaruhi masyarakat
C. Menciptakan dan membangun kesan tidak baik masyarakat
D. Menjadi alat komunikasi antara penjual dengan calon konsumen

26. Berikut ini yang termasuk kalimat poster yang baik adalah ....
A. Ayo,kita pakai produk terbaru dari luar negeri
B. Cintailah produk tercanggih dari luar negeri
C. Tiru dan jiplaklah hasil karya budaya asing
D. Lestarikanlah budaya daerah dan nasional bangsa kita

27. Berikut ini yang bukan termasuk bentuk reklame adalah ....
A. poster
B. brosur
C. spanduk
D. majalah

28. Isi pesan yang ada pada poster biasanya menggunakan bahasa ....
A. baku atau resmi
B. mudah dipahami
C. bahasa daerah
D. sandi atau kode

29. Reklame akan membangkitkan melihat dan keinginan seseorang untuk ....
A. membaca dan melihat isi reklame
B. memiliki dan menggunakan jasa yang ditawarkan
C. tertarik terhadap barang yang ditawarkan
D. mengidentifikasi isi dan bahan reklame

30. Berikut ini yang tidak termasuk reklame visual adalah ....
A. spanduk
B. poster
C. radio
D. baliho

31. Jenis reklame visual yang bisa dijumpai pada pembungkus ataukah kemasan dari suatu produk yang diperjualbelikan adalah ....
A. iklan
B. embalase
C. baliho
D. spanduk

32. Yang tidak termasuk langkah-langkah membuat poster adalah ....
A. menentukan topik dan tujuan
B. menentukan suara yang menarik
C. membuat kalimat singkat dan mudah diingat
D. menggunakan gambar yang menarik

33. Jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel di tempat-tempat umum yang strategis adalah ....
A. embalase
B. iklan
C. poster
D. pariwara

34. Poster berbahan kertas paling baik ditempatkan di ....
A. dinding dengan dipaku
B. dinding dengan dilem
C. dengan digantungkan
D. xbanner dengan dipaku

35. Reklame singkat dalam bentuk visual pada media cetak atau elektronik disebut....
A. iklan
B. brosur
C. poster
D. baliho

36. Perhatikan data-data berikut ini!
1) Bersifat persuasif.
2) Mengutamakan unsur kata-kata
3) Memadukan unsur gambar dengan kata, gerak, dan suara.
4) Mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata.
5) Dipajang di tempat umum.
6) Disampaikan melalui media massa.
Berdasarkan data di atas, yang merupakan unsur-unsur sebuah poster yaitu ....
A. 1), 2), 3)
B. 1), 2), 5)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 4), 5)

37. Reklame yang baik dan benar harus mencakup beberapa syarat berikut, kecuali....
A. mencolok
B. menarik
C. mudah di mengerti
D. kalimatnya panjang

38. Poster yang berisi untuk mengenalkan produknya kepada khalayak umum dengan harapan akan bisa meningkatkan penjualan disebut poster ....
A. kegiatan
B. layanan masyarakat
C. niaga
D. pendidikan

39. Reklame yang dibuat untuk kepentingan bisnis disebut....
A. Reklame komersial
B. Reklame komunitas
C. Reklame komersial
D. Reklame komukatif

40. Bahasa yang digunakan dalam poster adalah ....
A. singkat, padat, persuasif
B. panjang, tidak bertema
C. bertele-tele
D. berkesan memaksa

41. Berikut contoh reklame nonkomersial, kecuali....
A. himbauan untuk tertib berlalu lintas
B. membayar pajak
C. membeli sepeda motor
D. donor darah

42. Pemasangan reklame yang tepat adalah di tempat yang ....
A. luas
B. terpencil
C. ramai
D. sepi

43. Reklame yang diwujudkan melalui suara baik secara langsung maupun tidak langsung disebut....
A. reklame audio
B. radio
C. reklame visual
D. televisi

44. Brosur yang sering digunakan sebagai media promosi yaitu ....
A. brosur penawaran produk
B. brosur imbauan
C. brosur pendidikan
D. brosur kesehatan

45. Reklame yang menggunakan media suara dan gambar disebut....
A. Reklame Audiovisual
B. Reklame Audio
C. Reklame visual
D. Reklame Autotom

46. Keterangan yang terdapat pada brosur ....
A. speisifik dan banyak
B. banyak tetapi tidak lengkap
C. singkat dan tidak lengkap
D. singkat tetapi lengkap

47. Reklame yang diwujudkan dalam bentuk gambar disebut....
A. Reklame vivipar
B. Reklame audiovisual
C. Reklame audio
D. Reklame visual

48. Reklame yang berisi gambar/tulisan menarik dengan ukuran besar, ditempatkan ditempat strategis menggunakan tiang besar dan kuat yang bersifat semi permainan disebut....
A. logo
B. poster
C. baliho
D. spanduk

49. Pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak disebut....
A. banner
B. kalender
C. brosur
D. poster

50. Desain poster merupakan bagian dari karya seni rupa yang berfungsi sebagai media [...] untuk informasi.
A. rekam
B. audio
C. video
D. cetak

51. Reklame yang memuat informasi menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang disebut....
A. baliho
B. spanduk
C. poster
D. label

52. Poster yagn berisi ajakan untuk melakukan hal yang lebih baik kepada masyarakat dinamakan poster ....
A. hiasan
B. layanan masyarakat
C. kegiatan
D. komersil

53. Contoh bukan media ekeltronik adalah ....
A. televisi
B. radio
C. internet
D. majalah

54. Radio, tape recorder, dan telepon merupakan jenis media komunikasi ....
A. visual
B. audio
C. audio visual
D. cetak

55. Berikut yang bukan merupakan fungsi reklame adalah....
A. Menyampaikan informasi kepada masyarakat
B. Mengajak atau mempengaruhi masyarakat
C. Menciptakan dan membangun kesan tidak baik masyarakat
D. Menjadi alat komunikasi antara penjual dengan calon konsumen

56. Suatu sarana atau media untuk memperkenalkan produk tertentu kepada umum dan diharapkan dapat memengaruhi cara hidup masyarakat disebut ....
A. poster
B. reklame
C. tiket
D. cover

57. Seruan yang berulang pengertian dari....
A. referensi
B. reklame
C. rencana
D. retribusi

58. Jenis reklame yang digunakan untuk mengingatkan kepada masyarakat adalah reklame ....
A. komersial
B. non komersial
C. peringatan
D. penerangan

59. Reklame dengan bentuk kotak, ditempatkan di depan toko atau instansi menggunakan penyangga disebut....
A. brosur
B. poster
C. balih
D. banner

60. Contoh reklame yang menggunakan media gabungan dari audio dan visual ditayangkan melalui ....
A. radio
B. koran
C. majalah
D. televisi

61. Reklame yang diwujudkan melalui suara baik secara langsung maupun tidak langsung disebut....
A. reklame audio
B. radio
C. reklame visual
D. televisi

62. Logo merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan sederhana dalam bentuk ....
A. simbol
B. titik
C. garis
D. gambar

63. Salah satu media yang digunakan untuk memberitahukan informasi kepada pembaca adalah ....
A. surat
B. gambar
C. reklame
D. berita

64. Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri poster adalah ....
A. komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar
B. menggunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu
C. mampu menarik minat khalayak
D. disajikan dengan media audio visual

65. Reklame adalah gambar yang disertai kata-kata menarik yang salah satunya bertujuan untuk ....
A. mengajak piknik
B. menjelaskan materi pelajaran
C. memberikan sanksi
D. menawarkan suatu barang kepada masyarakat

66. Syarat yang harus diperhatikan dalam membuat reklame adalah ....
A. benar, indah, menarik, dan unik
B. jelas, indah, dan mahal
C. menarik, unik, jelas, dan tegas
D. indah, mahal, dan benar

67. Ciri-ciri reklame adalah diantaranya....
A. singkat, Jelas, dan Mudah Dimengerti
B. hanya dibuat di media sosial
C. digunakan untuk keindahan
D. dibuat oleh orang orang tertentu

68. Berikut ini yang tidak termasuk reklame visual adalah ....
A. iklan televisi
B. poster
C. spanduk
D. baliho

69. Syarat yang harus diperhatikan dalam membuat reklame adalah ....
A. indah, menarik, dan unik
B. jelas, indah, dan mahal
C. menarik, unik, dan tegas
D. indah, mahal, dan benar

70. Poster yang berisi ajakan untuk melakukan hal yang lebih baik kepada masyarakat, dinamakan poster ....
A. hiasan
B. kegiatan
C. komersial
D. layanan masyarakat

71. Secara umum, reklame berfungsi sebagai media informasi, artinya....
A. mengajak atau mempengaruhi masyarakat sehingga mereka mau menggunakan suatu produk atau jasa.
B. mengumumkan kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar
C. mengajak atau mempengaruhi masyarakat untuk melakukan kegiatan di sekolah
D. mempengaruhi orang untuk berbuat tidak baik

72. Di bawah ini yang bukan merupakan langkah-langkah untuk membuat sebuah poster adalah ....
A. menentukan topik dan tujuan
B. membuat kalimat singkat dan mudalı diingat
C. menggunakan gambar
D. menentukan suara latar yang menarik

73. Poster yang berisi mengenai suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat disebut ....
A. poster pendidikan
B. poster niaga
C. poster kegiatan
D. poster layanan masyarakat

74. Bentuk publikasi singkat berbentuk selebaran berisi keterangan atau informasi tentang sebuah produk atau bentuk layanan lainnya yang perlu diketahui oleh khalayak umum disebut ....
A. buklet
B. leaflet
C. formulir
D. pamflet

75. Reklame akan membangkitkan minat dan keinginan seseorang untuk ....
A. memiliki barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan
B. menemukan kesan tertarik terhadap barang
C. membaca dan melihat isi reklame
D. membuat reklame

76. Ukuran sebuah leaflet tidak terlalu besar, namun tidak pula begitu kecil, yaitu sekitar ....
A. 10-20 cm
B. 15-20 cm
C. 20-30 cm
D. 30-50 cm

77. Perbedaan antra reklame dan iklan terletak pada ....
A. gambar yang dicantumkan
B. media yang digunakan
C. warna yang digunakan
D. bahan yang digunakan

78. Pesan yang tertuang dalam sebuah leaflet umumnya merupakan sebuah ....
A. informasi
B. wawasan
C. pengetahuan
D. pendidikan

79. Jenis reklame yang biasa terdapat di depan toko berbentuk vertikal dengan besi sebagai penyangganya adalah ....
A. iklan
B. spanduk
C. brosur
D. banner

80. Jenis reklame visual yang terdapat pada kemasan atau pembungkus hasil produk yang diperdagangkan disebut ....
A. logo
B. brosur
C. baliho
D. embalase

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan