Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Pengajaran Keterampilan Berbahasa
1. Tes yang paling tepat digunakan guru untuk mengukur keterampilan menyimak siswa adalahA. tulisan
B. lisan
C. perbuatan
D. tulis, lisan, dan perbuatan
2. Perhatikan tabel nilai tes keterampilan menyimak berikut.
Kelas II A
Istimewa (95 100) 9 siswa
Baik sekali (85 94) 6 siswa
Baik (75 84) 5 siswa
kurang (Kurang dari 74) 10 siswa
Jumlah 30
Kelas II B
Istimewa (95 100) 12 siswa
Baik sekali (85 94) 2 siswa
Baik (75 84) 1 siswa
kurang (Kurang dari 74) 15 siswa
Jumlah 30
Berdasarkan tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa .
A. Proses belajar mengajar berikutnya yang akan dilakukan di kelas II A dan II B harus bersifat perbaikan.
B. Proses belajar mengajar berikutnya yang harus dilakukan di kelas II A dan II B adalah pembelajaran dengan pokok bahasan yang baru.
C. Proses belajar mengajar berikutnya yang harus dilakukan di kelas II A adalah pembelajaran dengan pokok bahasan yang baru.
D. Proses belajar mengajar berikutnya yang harus dilakukan di kelas II B adalah pembelajaran dengan pokok bahasan yang baru.
3. Berikut yang bukan merupakan contoh kegiatan pembelajaran berbicara yang menggunakan bahan pembelajaran menulis adalah .
A. melakukan wawancara dengan narasumber berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuatnya
B. berpidato dengan menggunakan metode menghafal
C. melakonkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam salah satu naskah drama karya Rendra
D. berdialog berdasarkan naskah dialog yang telah dibuatnya
4. Setiap guru bahasa Indonesia harus menguasai berbagai metode pembelajaran berbicara dengan alasan berikut, kecuali .
A. menghidupkan suasana belajar
B. membuat pengajaran lebih bervariasi dan menarik
C. guru dapat memilih metode berbicara yang dikuasainya
D. guru dapat menyampaikan materi pembelajaran berbicara dengan tepat
5. Salah satu metode pembelajaran berbicara yang meminta siswa untuk menjelaskan, melukiskan, atau mendeskripsikan sesuatu adalah metode .
A. parafrase
B. memerikan
C. menjawab pertanyaan
D. reka cerita gambar
6. Perhatikan kegiatan pembelajaran berikut.
Pada pembelajaran berbicara, Bu Rita meminta salah seorang siswa untuk membacakan sebuah cerita pendek dan siswa lain diminta untuk menyimak pembacaan cerita tersebut. Setelah selesai, Bu Rita meminta siswa untuk menceritakan kembali isi cerita yang disimaknya tersebut secara lisan.
Kegiatan pembelajaran berbicara yang dilakukan oleh Bu Rita menggunakan metode ....
A. melanjutkan cerita
B. menceritakan kembali
C. parafrase
D. bercerita
7. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu menyampaikan suatu peristiwa secara lisan maka metode yang tepat untuk pembelajaran berbicara tersebut adalah .
A. lihat - ucapkan
B. menceritakan kembali
C. percakapan
D. melaporkan
8. Perhatikan tabel nilai tes keterampilan berbicara berikut.
Kelas II A
Istimewa (95 100) 9 siswa
Baik sekali (85 94) 6 siswa
Baik (75 84) 5 siswa
kurang (Kurang dari 74) 10 siswa
Jumlah 30
Kelas II B
Istimewa (95 100) 12 siswa
Baik sekali (85 94) 2 siswa
Baik (75 84) 1 siswa
kurang (Kurang dari 74) 15 siswa
Jumlah 30
Kelas II C
Istimewa (95 100) 8 siswa
Baik sekali (85 94) 8 siswa
Baik (75 84) 8 siswa
kurang (Kurang dari 74) 6 siswa
Jumlah 30
Kelas II D
Istimewa (95 100) 15 siswa
Baik sekali (85 94) 4 siswa
Baik (75 84) 1 siswa
kurang (Kurang dari 74) 10 siswa
Jumlah 30
Berdasar tabel tersebut, kelas yang dianggap berhasil dalam pelaksanaan pembelajaran berbicara adalah
A. kelas II A
B. kelas II B
C. kelas II C
D. kelas II D
9. Salah satu konsep community language learning adalah security, yaitu .
A. memberikan perhatian kepada siswa
B. memberikan rasa aman pada saat pembelajaran
C. siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran
D. melakukan introspeksi untuk melihat masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran bahasa
10. Langkah keempat dari teknik membaca SQ3R adalah Recite, yaitu kegiatan .
A. merumuskan pertanyaan-pertanyaan sebagai informasi fokus
B. membaca bagian-bagian permulaan buku, seperti halaman judul,
C. menceritakan kembali isi bacaan yang telah dibaca
D. memeriksa ulang bagian-bagian yang telah dibaca dan dipahami pembaca sebelum meneruskan kegiatan bacaannya
11. Berikut ini merupakan susunan langkah kegiatan pembelajaran bahasa dengan strategi lisan- tulis secara sistematis, kecuali ....
A. siswa membaca wacana yang disiapkan guru
B. seorang siswa diminta bercerita tentang pengalamannya hari sendiri
C. antar siswa melakukan tanya jawab tentang cerita tersebut
D. guru menugasi siswa membuat sinopsis cerita tersebut
A. siswa membaca wacana yang disiapkan guru
B. seorang siswa diminta bercerita tentang pengalamannya hari sendiri
C. antar siswa melakukan tanya jawab tentang cerita tersebut
D. guru menugasi siswa membuat sinopsis cerita tersebut
12. Perhatikan kegiatan pembelajaran berikut.
Pak Andi meminta siswa untuk menceritakan kegiatannya selama liburan semester secara lisan di depan kelas. Setelah siswa selesai bercerita, Pak Andi meminta siswanya untuk menuliskan kegiatan liburannya tersebut. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Andi tersebut menggunakan strategi pembelajaran .
A. lisan - tulis
B. tulis -lisan
C. ekspresif - reseptif
D. reseptif - ekspresif
13. Strategi tulis lisan dalam pengajaran keterampilan berbahasa sangat penting digunakan karena alasan berikut, kecuali .
A. kita dapat lebih mengenal kemampuan dan potensi diri melalui kegiatan menulis
B. menulis dengan cara yang benar dapat mendorong kita belajar secara aktif
C. kegiatan menulis yang terencana akan membiasakan kita berpikir serta berbahasa secara tertib
D. melalui tulisan kita akan dapat memperkenalkan diri kepada masyarakat banyak
14. Salah satu ciri utama strategi tulis - lisan adalah ....
A. kegaduhan kelas hanya akan terjadi pada akhir kegiatan karena pada awal kegiatan siswa sibuk membaca / menulis
B. pengajaran berbahasa bermula dengan bahasa lisan
C. siswa banyak melakukan tanya jawab sehingga kelas menjadi ramai
D. siswa terbagi dalam beberapa kelompok sehingga perkembangan berbahasa anak dapat merata
15. Contoh aktivitas pembelajaran berikut yang dapat membuat siswa berminat untuk menulis adalah...
A. siswa diminta untuk menulis puisi dengan tema tertentu.
B. siswa diminta untuk menuliskan pengalaman menarik yang pernah dialaminya.
C. siswa diminta mendengarkan penjelasan guru tentang jenis-jenis karangan (narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi)
D. siswa diminta untuk menuliskan karangan dengan topik yang telah ditentukan oleh guru
16. Kegiatan berikut yang menunjukkan contoh bahan pembelajaran membaca digunakan sebagai bahan pembelajaran menyimak adalah .
A. siswa menentukan unsur intrinsik dan ekstrinsik dari sebuah cerpen yang dibacakan oleh guru
B. siswa menuliskan kembali isi cerita yang didengarnya dengan menggunakan kata-kata sendiri.
C. siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan wacana yang disimak melalui kaset rekaman.
D. siswa menentukan kata bersinonim dalam sebuah kalimat pendek yang dibacakan oleh guru.
A. siswa menentukan unsur intrinsik dan ekstrinsik dari sebuah cerpen yang dibacakan oleh guru
B. siswa menuliskan kembali isi cerita yang didengarnya dengan menggunakan kata-kata sendiri.
C. siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan wacana yang disimak melalui kaset rekaman.
D. siswa menentukan kata bersinonim dalam sebuah kalimat pendek yang dibacakan oleh guru.
17. Metode menyimak yang digunakan untuk memperkenalkan bunyi bahasa dan cara pengucapannya adalah metode .
A. simak - terka
B. simak - tulis
C. simak - kerjakan
D. simak - ulang ucap
18. Perhatikan kegiatan pembelajaran berikut
Guru membacakan sebuah kalimat Aminah pergi ke rumah sakit
Siswa melisankan kalimat tersebut dan melengkapinya dengan kata/ kalimat.
Metode minyimak yang digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah metode .
A. simak - terka
B. simak - ulang ucap
C. memperluas kalimat
D. menyelesaikan cerita
19. Salah satu ciri pembelajaran keterampilan berbahasa adalah berorientasi pada siswa yang
bertindak sebagai ....
A. motifator dan fasilitator
B. fasilitator dan aktor
C. aktor dan negoisator
D. negoisator dan fasilitator
20. Tujuan pembelajaran keterampilan berbahasa adalah meningkatkan hal berikut, kecuali ....
A. kematangan intelektual
B. kematangan emosional
C. kematangan sosial
D. kematangan religi
bertindak sebagai ....
A. motifator dan fasilitator
B. fasilitator dan aktor
C. aktor dan negoisator
D. negoisator dan fasilitator
20. Tujuan pembelajaran keterampilan berbahasa adalah meningkatkan hal berikut, kecuali ....
A. kematangan intelektual
B. kematangan emosional
C. kematangan sosial
D. kematangan religi
21. Berikut ini yang merupakan prinsip pemilihan materi pembelajaran keterampilan berbicara adalah ....
A. materi pembelajaran yang dipilih harus dapat mendorong siswa berlatih memahami bahan bacaan
B. materi pembelajaran berbicara berkaitan erat dengan pemilihan materi pembelajaran menyimak
C. materi pembelajaran dapat mendorong siswa untuk memahami teknik berbicara
D. materi pembelajaran yang dipilih harus lebih banyak bersifat teori untuk mendukung keterampilan berbicara
A. materi pembelajaran yang dipilih harus dapat mendorong siswa berlatih memahami bahan bacaan
B. materi pembelajaran berbicara berkaitan erat dengan pemilihan materi pembelajaran menyimak
C. materi pembelajaran dapat mendorong siswa untuk memahami teknik berbicara
D. materi pembelajaran yang dipilih harus lebih banyak bersifat teori untuk mendukung keterampilan berbicara
22. Materi pembelajaran bahasa Indonesia berikut ini mengandung aspek pemahaman bahasa tulis adalah ....
A. menulis formulir
B. wawancara dengan narasumber
C. menentukan topik sebuah wacana
D. mendengarkan berita
A. menulis formulir
B. wawancara dengan narasumber
C. menentukan topik sebuah wacana
D. mendengarkan berita
23. Perhatikan kegiatan pembelajaran berikut.
1. Siswa membaca sebuah wacana pendek
2. Siswa mencari kata-kata yang mengalami perluasan makna
3. Siswa mencari kalimat majemuk
4. Siswa menentukan jenis kalimat majemuk tersebut
5. Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang mengalami perluasan makna
6. Siswa membuat kalimat majemuk rapatan
Secara sistematis, kegiatan pembelajaran kalimat majemuk adalah ....
A. 1, 2, 3, 5
B. 1, 2, 5, 6
C. 1, 3, 4, 6
D. 1,3, 4, 5
1. Siswa membaca sebuah wacana pendek
2. Siswa mencari kata-kata yang mengalami perluasan makna
3. Siswa mencari kalimat majemuk
4. Siswa menentukan jenis kalimat majemuk tersebut
5. Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang mengalami perluasan makna
6. Siswa membuat kalimat majemuk rapatan
Secara sistematis, kegiatan pembelajaran kalimat majemuk adalah ....
A. 1, 2, 3, 5
B. 1, 2, 5, 6
C. 1, 3, 4, 6
D. 1,3, 4, 5
24. Pernyataan berikut yang merupakan pengertian perencanaan tujuan pembelajaran adalah ....
A. proses penyusunan hal yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran
B. sesuatu yang ingin dicapai dari suatu kegiatan pembelajaran
C. ruang lingkup bahan/kajian pembelajaran
D. kegiatan pengamatan atau peninjauan secara cermat
A. proses penyusunan hal yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran
B. sesuatu yang ingin dicapai dari suatu kegiatan pembelajaran
C. ruang lingkup bahan/kajian pembelajaran
D. kegiatan pengamatan atau peninjauan secara cermat
25. Pengertian fakta sebagai materi pembelajaran bahasa adalah ....
A. ide atau pengertian yang diabstrakan dari peristiwa konkret yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
B. hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
C. proses atau langkah-langkah melakukan sesuatu yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
D. dalil atau rumus-rumus untuk mengungkapkan suatu hubungan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
A. ide atau pengertian yang diabstrakan dari peristiwa konkret yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
B. hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
C. proses atau langkah-langkah melakukan sesuatu yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
D. dalil atau rumus-rumus untuk mengungkapkan suatu hubungan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
26. Berikut ini yang merupakan contoh pembelajaran keterampilan menulis yang berisi fakta adalah....
A. menulis artikel tentang kiat-kiat belajar yang baik
B. menulis rangkuman dari sebuah artikel
C. menulis naskah berita
D. menulis kamus kecil
A. menulis artikel tentang kiat-kiat belajar yang baik
B. menulis rangkuman dari sebuah artikel
C. menulis naskah berita
D. menulis kamus kecil
27. Contoh Tujuan Instruksional Khusus (TIK) berikut ini yang memenuhi 4 kriteria pembuatan TIK adalah siswa dapat ....
A. membuat sebuah puisi dengan tema 'kebersihan' dengan baik.
B. membaca sebuah dialog dengan baik.
C. memerankan watak tokoh protagonis dan antagonis dalam sebuah drama pendek.
D. membuat sebuah karangan pendek
A. membuat sebuah puisi dengan tema 'kebersihan' dengan baik.
B. membaca sebuah dialog dengan baik.
C. memerankan watak tokoh protagonis dan antagonis dalam sebuah drama pendek.
D. membuat sebuah karangan pendek
28. Berikut ini yang termasuk contoh media audio (alat bantu) adalah ....
A. VCD player dan TV
B. TV dan radio
C. radio dan tape recorder
D. tape recorder dan VCD player
A. VCD player dan TV
B. TV dan radio
C. radio dan tape recorder
D. tape recorder dan VCD player
29. Hal yang tidak perlu disiapkan dalam penggunaan media pembelajaran adalah ....
A. pelajari buku petunjuk penggunaan media pembelajaran yang digunakan
B. siapkan peralatan yang diperlukan untuk penggunaan media pembelajaran
C. menetapkan media yang cocok digunakan secara individu atau kelompok
D. menyiapkan siswa untuk mulai melakukan pembelajaran
A. pelajari buku petunjuk penggunaan media pembelajaran yang digunakan
B. siapkan peralatan yang diperlukan untuk penggunaan media pembelajaran
C. menetapkan media yang cocok digunakan secara individu atau kelompok
D. menyiapkan siswa untuk mulai melakukan pembelajaran
30. Terdapat dua pandangan yang berhubungan dengan peranan laboratorium dalam pengajaran bahasa. Salah satunya menyatakan bahwa laboratorium bahasa merupakan pusat pengajaran bahasa. Pernyataan ini bermakna bahwa ....
A. materi bahasa yang akan diajarkan telah tersedia dalam rekaman secara lengkap
B. materi laboratorium merupakan bagian dari materi pelajaran bahasa
C. laboratorium merupakan tambahan alat, bukan sebagai pusat pengajaran
D. pengajar betul-betul pengajar ahli bukan asisten pengajar
A. materi bahasa yang akan diajarkan telah tersedia dalam rekaman secara lengkap
B. materi laboratorium merupakan bagian dari materi pelajaran bahasa
C. laboratorium merupakan tambahan alat, bukan sebagai pusat pengajaran
D. pengajar betul-betul pengajar ahli bukan asisten pengajar
31. Manfaat keterampilan menulis adalah sebagai berikut, kecuali .
A. mengetahui kemampuan dan potensi diri.
B. meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa tatap muka
C. terbiasa berpikir dan berbahasa secara tertib.
D. memiliki/menguasai informasi sehubungan dengan topik yang kita tulis.
A. mengetahui kemampuan dan potensi diri.
B. meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa tatap muka
C. terbiasa berpikir dan berbahasa secara tertib.
D. memiliki/menguasai informasi sehubungan dengan topik yang kita tulis.
32. Metode pembelajaran menulis yang memberikan kebebesan kepada siswa adalah metode .
A. community language learning dan sugestopedy
B. sugestopedy dan the silnt way
C. the silnt way dan total physical response
D. total physical response dan community language learning
33. Teknik menulis yang lebih mementingkan unsur ajakan dan penguatan sehingga pembaca terpengaruh adalah teknik menulis .
A. narasi
B. eksposisi
C. argumentasi
D. persuasi
34. Di dalam pembelajaran menulis, teknik membuat tulisan seringkali dijadikan sebagai .
A. media dan bahan pembelajaran menulis
B. bahan dan teknik pembelajaran menulis
C. teknik dan alat pembelajaran menulis
D. alat atau media pembelajaran menulis
35. Menurut pandangan struktural, bahasa adalah ....
A. wahana bagi realisasi hubungan antara pribadi dan performansi transaksi-transaksi sosial
B. suatu sistem unsur-unsur yang berhubungan secara struktural bagi penyandian makna
C. wahana bagi ekspresi makna fungsional
D. sarana bagi kreasi dan pemeliharaan hubungan-hubungan sosial
37. Urutan pembelajaran bahasa Indonesia yang disajikan dengan menggunakan pola strategi reseptif-ekspresif adalah .
A. mendengar - membaca
B. mendengar - menulis
C. berbicara - menulis
D. berbicara - mendengar
38. Pembelajaran keterampilan berbahasa akan berhasil jika ....
A. latihan keterampilan berbahasa dilakukan secara terus menerus
B. guru menjelaskan tentang teori keterampilan berbahasa
C. menghafal teori yang berhubungan dengan keterampilan berbahasa
D. siswa dengan sungguh-sungguh mendengarkan dan mencatat penjelasan guru
39. Menurut Wilga Rivers, keterampilan membaca harus melewati langkah-langkah yang harus dilaksanakan secara berurutan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut, kecuali .
A. menghafal kalimat-kalimat pendek
B. membaca materi yang dihafalkan, disusun kembali dan dikombinasikan
C. siswa berlatih membaca berkelanjutan tanpa bimbingan guru
D. siswa membaca intensif dan ekstensif
40. Contoh kegiatan belajar berikut yang menggunakan pendekatan ekspresif-reseptif adalah .
A. membaca sebuah novel kemudian menulis sinopsisnya
B. mengomentari isi berita yang disimaknya
C. menyimak pidato kemudian mengomentarinya, baik dari segi isi maupun penampilan orator
D. menulis sebuah puisi dan mendengarkan komentar orang lain atas puisinya
A. wahana bagi realisasi hubungan antara pribadi dan performansi transaksi-transaksi sosial
B. suatu sistem unsur-unsur yang berhubungan secara struktural bagi penyandian makna
C. wahana bagi ekspresi makna fungsional
D. sarana bagi kreasi dan pemeliharaan hubungan-hubungan sosial
36. Kegiatan berbahasa berikut yang menunjukkan kemampuan ekspresif adalah....
A. menyimak pembacaan berita
B. menulis naskah berita
C. menganalisis isi berita yang dibacanya
D. menentukan topik sebuah berita yang disimaknya
A. menyimak pembacaan berita
B. menulis naskah berita
C. menganalisis isi berita yang dibacanya
D. menentukan topik sebuah berita yang disimaknya
37. Urutan pembelajaran bahasa Indonesia yang disajikan dengan menggunakan pola strategi reseptif-ekspresif adalah .
A. mendengar - membaca
B. mendengar - menulis
C. berbicara - menulis
D. berbicara - mendengar
38. Pembelajaran keterampilan berbahasa akan berhasil jika ....
A. latihan keterampilan berbahasa dilakukan secara terus menerus
B. guru menjelaskan tentang teori keterampilan berbahasa
C. menghafal teori yang berhubungan dengan keterampilan berbahasa
D. siswa dengan sungguh-sungguh mendengarkan dan mencatat penjelasan guru
39. Menurut Wilga Rivers, keterampilan membaca harus melewati langkah-langkah yang harus dilaksanakan secara berurutan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut, kecuali .
A. menghafal kalimat-kalimat pendek
B. membaca materi yang dihafalkan, disusun kembali dan dikombinasikan
C. siswa berlatih membaca berkelanjutan tanpa bimbingan guru
D. siswa membaca intensif dan ekstensif
40. Contoh kegiatan belajar berikut yang menggunakan pendekatan ekspresif-reseptif adalah .
A. membaca sebuah novel kemudian menulis sinopsisnya
B. mengomentari isi berita yang disimaknya
C. menyimak pidato kemudian mengomentarinya, baik dari segi isi maupun penampilan orator
D. menulis sebuah puisi dan mendengarkan komentar orang lain atas puisinya
41. Contoh kegiatan pembelajaran bahasa yang dapat menggunakan teknik membaca SQ3R adalah ...
A. membuat resensi sebuah buku yang dibacanya
B. mengisi wacana rumpang
C. menyusun huruf atau kata menjadi sebuah kalimat
D. membaca judul-judul buku dalam kartu-kartu katalog
A. membuat resensi sebuah buku yang dibacanya
B. mengisi wacana rumpang
C. menyusun huruf atau kata menjadi sebuah kalimat
D. membaca judul-judul buku dalam kartu-kartu katalog
42. Contoh kegiatan meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan teknik scramble adalah .
A. siswa membaca sebuah wacana pendek dan mengisi bagian yang tidak lengkap
B. siswa membaca sebuah buku dengan cepat untuk mengetahui gambaran umum isi buku tersebut
C. siswa membaca dengan cepat judul-judul buku dalam kartu-kartu katalog serta kode-kode buku yang terpajang di rak untuk mengambil buku yang diperlukan
D. siswa menyusun kalimat-kalimat acak menjadi sebuah paragraf
43. Salah satu syarat wacana rumpang yang digunakan pada pembelajaran dengan teknik uji rumpang adalah terdapat kalimat yang ditampilkan secara utuh, yaitu .
A. kalimat awal di setiap awal paragraf
B. satu atau dua kalimat pertama sebuah wacana
C. satu atau dua kalimat yang terdapat di tengah wacana
D. satu atau dua kalimat yang terdapat di akhir wacana
44. Manfaat pengajaran keterampilan berbahasa yang berkaitan erat dengan sarana penyebarluasan pemakaian bahasa adalah sebagai sarana ....
A. memperoleh umpan balik atas usaha pembakuan bahasa
B. menanamkan, menumbuhkan, dan memekarkan budaya pada diri para pembelajar bahasa
C. membentuk pribadi pembelajar sesuai dengan budaya bangsa yang menjadi jati diri bangsa
D. umpan balik tentang keterpelajarian materi yang digariskan dalam kurikulum
A. memperoleh umpan balik atas usaha pembakuan bahasa
B. menanamkan, menumbuhkan, dan memekarkan budaya pada diri para pembelajar bahasa
C. membentuk pribadi pembelajar sesuai dengan budaya bangsa yang menjadi jati diri bangsa
D. umpan balik tentang keterpelajarian materi yang digariskan dalam kurikulum
45. Berikut ini yang merupakan contoh fungsi pembelajaran bahasa sebagai sarana melatih kemampuan emosi adalah ....
A. melatih siswa menyampaikan pendapat
B. melatih siswa menjawab pertanyaan secara baik secara lisan maupun tertulis
C. melatih siswa menyampaikan rasa suka dan tidak suka
D. melatih siswa menyatakan setuju atau tidak setuju terhadap suatu pendapat
A. melatih siswa menyampaikan pendapat
B. melatih siswa menjawab pertanyaan secara baik secara lisan maupun tertulis
C. melatih siswa menyampaikan rasa suka dan tidak suka
D. melatih siswa menyatakan setuju atau tidak setuju terhadap suatu pendapat
46. Isi (mater) pembelajaran keterampilan berbahasa lisan meliputi aspek ....
A. menyimak dan berbicara
B. berbicara dan membaca
C. membaca dan menulis
D. menulis dan menyimak
A. menyimak dan berbicara
B. berbicara dan membaca
C. membaca dan menulis
D. menulis dan menyimak
47. Contoh pembelajaran bahasa berikut ini dapat dilakukan di laboratorium bahasa, kecuali ....
A. menganalisis kalimat yang diperdengarkan
B. menganalisis isi sebuah puisi yang disimak
C. membuat laporan hasil pengamatan
D. menentukan kesalahan pelafalan kata
A. menganalisis kalimat yang diperdengarkan
B. menganalisis isi sebuah puisi yang disimak
C. membuat laporan hasil pengamatan
D. menentukan kesalahan pelafalan kata
48. Contoh pembelajaran yang menggunakan strategi oral - literal adalah ....
A. membuat sinopsis sebuah novel
B. membuat proposal penelitian
C. mendiskusikan unsur intrinsik dan ekstrinsik sebuah cerpen
D. membuat resensi sebuah buku
A. membuat sinopsis sebuah novel
B. membuat proposal penelitian
C. mendiskusikan unsur intrinsik dan ekstrinsik sebuah cerpen
D. membuat resensi sebuah buku
49. Perhatikan kegiatan pembelajaran membaca berita berikut.
1. menulis sebuah berita
2. membaca sebuah berita
3. mengometri berita yang dibacakan temannya
4. menyimak pembacaan sebuah berita
Urutan yang tepat untuk kegiatan pembelajaran membaca dengan pola strategi ekspresifreseptif adalah .
A. 1, 2, 4
B. 2, 4, 3
C. 2, 3, 1
D. 4, 3, 1
1. menulis sebuah berita
2. membaca sebuah berita
3. mengometri berita yang dibacakan temannya
4. menyimak pembacaan sebuah berita
Urutan yang tepat untuk kegiatan pembelajaran membaca dengan pola strategi ekspresifreseptif adalah .
A. 1, 2, 4
B. 2, 4, 3
C. 2, 3, 1
D. 4, 3, 1
50. Pembelajaran bahasa secara preskriptif adalah pembelajaran bahasa ....
A. yang menggunakan oral
B. berdasarkan dalil-dalil atau teori-teori yang sudah ada
C. yang diawali dengan penangkapan simbol-simbol bunyi bahasa
D. tulis yang mengikuti dan menyesuaikan dengan perkembangan bahasa lisan
Kunci Jawaban:
1. C. perbuatan
2. A. Proses belajar mengajar berikutnya yang akan dilakukan di kelas II A dan II B harus bersifat perbaikan.
3. C. melakonkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam salah satu naskah drama karya Rendra
4. C. guru dapat memilih metode berbicara yang dikuasainya
5. B. memerikan
6. B. menceritakan kembali
7. D. melaporkan
8. C. kelas II C
9. B. memberikan rasa aman pada saat pembelajaran
10. C. menceritakan kembali isi bacaan yang telah dibaca
2. A. Proses belajar mengajar berikutnya yang akan dilakukan di kelas II A dan II B harus bersifat perbaikan.
3. C. melakonkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam salah satu naskah drama karya Rendra
4. C. guru dapat memilih metode berbicara yang dikuasainya
5. B. memerikan
6. B. menceritakan kembali
7. D. melaporkan
8. C. kelas II C
9. B. memberikan rasa aman pada saat pembelajaran
10. C. menceritakan kembali isi bacaan yang telah dibaca
11. A. siswa membaca wacana yang disiapkan guru
12. A. lisan - tulis
13. D. melalui tulisan kita akan dapat memperkenalkan diri kepada masyarakat banyak
14. A. kegaduhan kelas hanya akan terjadi pada akhir kegiatan karena pada awal kegiatan siswa sibuk membaca / menulis
15. B. siswa diminta untuk menuliskan pengalaman menarik yang pernah dialaminya.
16. C. siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan wacana yang disimak melalui kaset rekaman.
17. D. simak - ulang ucap
18. C. memperluas kalimat
19. C. aktor dan negoisator
20. D. kematangan religi
12. A. lisan - tulis
13. D. melalui tulisan kita akan dapat memperkenalkan diri kepada masyarakat banyak
14. A. kegaduhan kelas hanya akan terjadi pada akhir kegiatan karena pada awal kegiatan siswa sibuk membaca / menulis
15. B. siswa diminta untuk menuliskan pengalaman menarik yang pernah dialaminya.
16. C. siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan wacana yang disimak melalui kaset rekaman.
17. D. simak - ulang ucap
18. C. memperluas kalimat
19. C. aktor dan negoisator
20. D. kematangan religi
21. B. materi pembelajaran berbicara berkaitan erat dengan pemilihan materi pembelajaran menyimak
22. C. menentukan topik sebuah wacana
23. C. 1, 3, 4, 6
24. A. proses penyusunan hal yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran
25. B. hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
26. C. menulis naskah berita
27. A. membuat sebuah puisi dengan tema 'kebersihan' dengan baik.
28. C. radio dan tape recorder
29. D. menyiapkan siswa untuk mulai melakukan pembelajaran
30. A. materi bahasa yang akan diajarkan telah tersedia dalam rekaman secara lengkap
22. C. menentukan topik sebuah wacana
23. C. 1, 3, 4, 6
24. A. proses penyusunan hal yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran
25. B. hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa
26. C. menulis naskah berita
27. A. membuat sebuah puisi dengan tema 'kebersihan' dengan baik.
28. C. radio dan tape recorder
29. D. menyiapkan siswa untuk mulai melakukan pembelajaran
30. A. materi bahasa yang akan diajarkan telah tersedia dalam rekaman secara lengkap
31. B. meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa tatap muka
32. C. the silnt way dan total physical response
33. D. persuasi
34. B. bahan dan teknik pembelajaran menulis
35. B. suatu sistem unsur-unsur yang berhubungan secara struktural bagi penyandian makna
36. B. menulis naskah berita
37. B. mendengar - menulis
38. A. latihan keterampilan berbahasa dilakukan secara terus menerus
39. C. siswa berlatih membaca berkelanjutan tanpa bimbingan guru
40. D. menulis sebuah puisi dan mendengarkan komentar orang lain atas puisinya
32. C. the silnt way dan total physical response
33. D. persuasi
34. B. bahan dan teknik pembelajaran menulis
35. B. suatu sistem unsur-unsur yang berhubungan secara struktural bagi penyandian makna
36. B. menulis naskah berita
37. B. mendengar - menulis
38. A. latihan keterampilan berbahasa dilakukan secara terus menerus
39. C. siswa berlatih membaca berkelanjutan tanpa bimbingan guru
40. D. menulis sebuah puisi dan mendengarkan komentar orang lain atas puisinya
41. A. membuat resensi sebuah buku yang dibacanya
42. D. siswa menyusun kalimat-kalimat acak menjadi sebuah paragraf
43. B. satu atau dua kalimat pertama sebuah wacana
42. D. siswa menyusun kalimat-kalimat acak menjadi sebuah paragraf
43. B. satu atau dua kalimat pertama sebuah wacana
44. A. memperoleh umpan balik atas usaha pembakuan bahasa
45. D. melatih siswa menyatakan setuju atau tidak setuju terhadap suatu pendapat
46. A. menyimak dan berbicara
45. D. melatih siswa menyatakan setuju atau tidak setuju terhadap suatu pendapat
46. A. menyimak dan berbicara
47. C. membuat laporan hasil pengamatan
48. C. mendiskusikan unsur intrinsik dan ekstrinsik sebuah cerpen
49. A. 1, 2, 4
50. B. berdasarkan dalil-dalil atau teori-teori yang sudah ada
50. B. berdasarkan dalil-dalil atau teori-teori yang sudah ada
Posting Komentar
Posting Komentar