Soal Tentang Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini + Kunci Jawaban

Posting Komentar

Kumpulan Soal PG Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini


1. Salah satu ciri program bimbingan yang baik adalah ....

a. Tujuan program sangat ideal
b. Program bertaraf internasional
c. Tersedia fasilitas yang diperlukan
d. Program disusun oleh kepala sekolah

2. Dalam perencanaan program Bimbingan untuk AUD, kebutuhan merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Kebutuhan dalam hal ini berkaitan dengan ....
a. Kualitas lembaga
b. Sarana dan prasarana
c. Masalah perkembangan anak
d. Dukungan dari yayasan

3. Bimbingan pada AUD dapat diartikan sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh pembimbing agar anak mampu ....
a. Berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya
b. Berkembang secara maksimal sesuai tuntutan kurikulum
c. Menyelesaikan pendidikan tepat waktu
d. Menerima pelajaran dengan baik dan lancar

4. Layanan konseling yang lebih intensif dalam rangka membina perkembangan anak agar dapat tercapai sesuai harapan, harus diberikan kepada ....
a. Semua anak
b. Sebagian anak
c. Anak yang bermasalah
d. Anak terisolir

5. Tindakan guru untuk mengetahui akar masalah yang sebenarnya dari suatu peristiwa merupakan langkah ....
a. Identifikasi masalah
b. Tindak lanjut
c. Diagnosis
d. Prognosis

6. Perbedaan antara bentuk observasi terstruktur dengan yang tidak terstruktur dapat diketahui dari ....
a. Cara menyatakan hasil observasi
b. Cara menuliskan kesimpulan hasil observasi
c. Objek yang akan diobservasi
d. Pelaksana observasi/observer

7. Salah satu faktor yang menyebabkan tidak dapat dilaksanakannya observasi di lapangan, adalah ....
a. Kondisi yang tidak dapat diprediksi
b. Kendala bahasa untuk komunikasi
c. Anak sering ketakutan
d. Kesulitan dalam menentukan waktu

8. Pada wawancara tidak terstruktur akan dapat diperoleh jawaban dari responden yang lebih luas dan mendalam, karena pewawancara/guru ....
a. Dapat memberikan tanda cek pada jawaban yang sesuai
b. Dapat mengembangkan pertanyaan secara lebih detail
c. Mampu memberikan pertanyaan kepada siswa
d. Mampu beradaptasi lebih baik lagi

9. Sikap pembimbing yang sangat baik pada langkah rapport, adalah ....
a. Jawaban anak selalu dibenarkan
b. Tidak menyalahkan anak
c. Bersikap ramah dan bersahabat
d. Hati-hati dalam mengajukan pertanyaan

10. Raport adalah suatu keadaan yang harus dimunculkan oleh pembimbing dalam suatu konseling agar ....
a. Konselee mengetahui tujuan konseling
b. Terjalin hubungan yang baik antara konselor-konselee
c. Diperoleh data secara akurat
d. Masalah dapat diselesaikan dengan cepat

11. Salah satu kekurangan teknik wawancara sebagai alat pengumpul data adalah ....
a. Reaksi anak dapat diketahui oleh pewawancara
b. Jawaban anak diberikan secara spontan
c. Banyak membutuhkan waktu dalam pelaksanaannya
d. Rumusan pertanyaan sangat kaku

12. Melalui program bimbingan dan konseling, anak usia dini diharapkan mampu ....
a. Menjadi anggota masyarakat yang baik
b. Lebih mandiri dalam kehidupan sehari-hari
c. Mengetahui lingkungan sekolah
d. Mengenal potensi diri sendiri

13. Sesuai dengan prinsip bahwa bimbingan merupakan bagian penting dari proses pendidikan, maka kegiatan bimbingan pada AUD ....
a. Selalu dikaitkan dengan perkembangan anak
b. Harus dilakukan oleh guru pada saat mengajar
c. Tidak boleh dilakukan di luar kelas
d. Dilakukan pada awal anak masuk TK

14. Perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan semakin kuatnya pengaruh lingkungan terhadap kepribadian anak. Agar anak mampu menyesuaikan diri dengan baik terhadap lingkungan yang lebih luas, orang tua sebaiknya ....
a. Melarang anak main games
b. Mendampingi anak pada saat melihat televisi
c. Melakukan pengawasan ketat
d. Memperkuat iman dan taqwa

15. Pada hari Sabtu anak-anak TK Ananda diajak untuk mengunjungi perusahaan tahu di dekat sekolah. Kegiatan kunjungan tersebut termasuk dalam lingkup bimbingan ....
a. Bermain
b. Karir
c. Pribadi
d. Kepribadian

Jawaban:


1. c. Tersedia fasilitas yang diperlukan
2. c. Masalah perkembangan anak
3. a. Berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya
4. c. Anak yang bermasalah
5. a. Identifikasi masalah
6. a. Cara menyatakan hasil observasi
7. a. Kondisi yang tidak dapat diprediksi
8. a. Dapat memberikan tanda cek pada jawaban yang sesuai
9. c. Bersikap ramah dan bersahabat
10. b. Terjalin hubungan yang baik antara konselor-konselee
11. c. Banyak membutuhkan waktu dalam pelaksanaannya
12. d. Mengenal potensi diri sendiri
13. a. Selalu dikaitkan dengan perkembangan anak
14. b. Mendampingi anak pada saat melihat televisi
15. b. Karir

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan