Soal Tentang Evaluasi Perkembangan AUD + Kunci Jawaban

Posting Komentar

Kumpulan Soal PG Evaluasi Perkembangan AUD


1. Aspek perilaku yang dapat diidentifikasi dengan decoding menurut Liberg dan Swedlow adalah ....
a. Bahasa, kognitif, psikomotorik, dan mental
b. Pertumbuhan emosional, perkembangan moral, dan kreativitas
c. Pertumbuhan fisik, penyesuaian sosial, dan minat
d. Psikomotorik, mental intelektual, dan penyesuaian sosial

2. Gejala yang dapat dideteksi oleh guru jika kesehatan anak menurun, antara lain ....
a. Anak sering tidak masuk kelas tanpa izin
b. Permasalahan keluarga yang berakibat buruk pada anak
c. Anak menjadi pendiam, tidak mau bermain dengan anak lain, merasa tidak nyaman di sekolah dan di rumah
d. Anak sering mengganggu teman dan tidak mengerjakan tugas dengan baik

3. Prinsip dalam asesmen antara lain adalah ....
a. Menggunakan satu sumber informasi
b. Bersifat otentik
c. Dirancang di atas level tahap perkembangan
d. Mempertimbangkan data pribadi anak tanpa keterlibatan keluarga

4. Berikut ini merupakan hal yang ahrus dipertimbangkan dalam proses asesmen, kecuali ....
a. Dilakukan secara individual
b. Mempertimbangkan perbedaan pengalaman pada anak
c. Dilakukan dalam situasi alamiah
d. Melaporkan kemajuan anak secara kelompok

5. Contoh situasi kegiatan yang dilakukan anak dan dapat diobservasi adalah saat anak melakukan kegiatan berikut ini, kecuali ....
a. Berinisiatif membantu guru
b. Menonton film pendidikan
c. Berbicara di depan kelas
d. Berimajinasi tentang suatu gambar

6. Berikut yang merupakan contoh aspek keterampilan perseptual adalah sebagai berikut, kecuali....
a. Mengenal warna dan dapat menghubungkannya dengan warna yang hampir sama
b. Mengenal tulisan nama diri
c. Menunjukan ketertarikan dengan permainan baru
d. Melakukan permainan jungkat-jungkit

7. Hal yang dapat dijadikan bukti perkembangan sosial emosional anak secara langsung adalah sebagai berikut, kecuali kemampuan ....
a. Kemandirian
b. Sosialisasi
c. Membaca
d. Memilih

8. Berikut ini adalah contoh dari motorik halus yang harus dikembangkan pada anak ....
a. Menggambar
b. Menggunting
c. Menulis
d. Semua benar

9. Berikut ini adalah contoh dari motorik kasar yang harus dikembangkan pada anak ....
a. Melompat
b. Menjahit
c. Meronce
d. Semua benar

10. Kumpulan hasil kerja anak dari waktu ke waktu dan laporan singkat tentang aspek perkembangan serta pameran hasil karya terbaik anak disebut ....
a. Rating scale
b. Check list perkembangan
c. Portofolio tampilan
d. Rubric

11. Catatan singkat tentang kejadian-kejadian spesifik yang memberikan informasi faktual tentang apa, kapan, dimana, pendorong terjadinya hal tersebut, reaksi anak dan penyelesaiannya adalah ....
a. Catatan anekdot
b. Narasi
c. Daftar periksa pengamatan guru
d. Catatan frekuensi dan waktu

12. Sebuah daftar periksa pengamatan mengenai perilaku-perilaku spesifik untuk diamati
disebut ....
a. Catatan anekdot
b. Narasi
c. Daftar periksa pengamatan guru
d. Catatan frekuensi dan waktu

13. Tahap asesmen yang melibatkan anak dalam tes yang telah distandarisasi dikenal dengan ....
a. Global assesment
b. Screening
c. Ongoing qualitative assesment
d. Individual assesment fot purpose of remediation

Kunci Jawaban:


1. c. Pertumbuhan fisik, penyesuaian sosial, dan minat
2. c. Anak menjadi pendiam, tidak mau bermain dengan anak lain, merasa tidak nyaman di sekolah dan di rumah
3. b. Bersifat otentik
4. b. Mempertimbangkan perbedaan pengalaman pada anak
5. d. Berimajinasi tentang suatu gambar
6. d. Melakukan permainan jungkat-jungkit
7. c. Membaca
8. d. Semua benar
9. a. Melompat
10. c. Portofolio tampilan
11. a. Catatan anekdot
12. c. Daftar periksa pengamatan guru
13. b. Screening

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan