Kumpulan Soal PG Keterampilan Berbahasa Indonesia SD
1. Menyimak kritis adalah jenis menyimak yang ....
a. Dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memberikan penilaian secara objektif.
b. Dilakukan untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas
c. Dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapatkan informasi baru
d. Dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang akurat
2. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika bercerita adalah ....
a. Penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
b. Memberikan hiburan, mengajarkan kebenaran, memberikan keteladanan
c. Memahami pendengar, menguasai materi cerita, menguasai olah suara
d. Menentukan ide, mengembangkan ide, menuangkan ide
a. Penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
b. Memberikan hiburan, mengajarkan kebenaran, memberikan keteladanan
c. Memahami pendengar, menguasai materi cerita, menguasai olah suara
d. Menentukan ide, mengembangkan ide, menuangkan ide
3. Bagaimana cara menutup pidato yang baik ....
a. Menghubungkan dengan peristiwa yang sedang diperingati
b. Melukiskan latar belakang masalah
c. Dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawab
d. Menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda
a. Menghubungkan dengan peristiwa yang sedang diperingati
b. Melukiskan latar belakang masalah
c. Dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawab
d. Menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda
4. Membaca scanning adalah jenis keterampilan membaca yang dilakukan dengan cara ....
a. Menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
b. Membaca teks dengan cepat guna memperoleh gambaran umum tentang teks tersebut
c. Memahami wacana atau bacaan dengan tepat
d. Mengulang-ulang bagian bacaan atau kalimat yang sulit dipahami
a. Menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
b. Membaca teks dengan cepat guna memperoleh gambaran umum tentang teks tersebut
c. Memahami wacana atau bacaan dengan tepat
d. Mengulang-ulang bagian bacaan atau kalimat yang sulit dipahami
5. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan yang memerlukan keterampilan membaca bersuara adalah ....
a. Para siswa berpidato
b. Bermain drama
c. Mendengarkan musik
d. Menulis laporan
a. Para siswa berpidato
b. Bermain drama
c. Mendengarkan musik
d. Menulis laporan
6. Cara yang baik dalam menyampaikan sanggahan ketika berdiskusi adalah ....
a. Secara santun dan tidak berbelit-belit
b. Dengan suara keras dan tegas
c. Disertai kata pembuka dan penutup
d. Mengemukakan berbagai argumen yang dapat mematahkan argumen pembicara
a. Secara santun dan tidak berbelit-belit
b. Dengan suara keras dan tegas
c. Disertai kata pembuka dan penutup
d. Mengemukakan berbagai argumen yang dapat mematahkan argumen pembicara
7. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan tanggapan ketika berdiskusi adalah ....
a. Mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan karya-karyanya
b. Berhemat dalam menggunakan kata-kata serta melembutkan nada/suara
c. Dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi
d. Tanggapan harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif dan memuaskan berbagai pihak
a. Mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan karya-karyanya
b. Berhemat dalam menggunakan kata-kata serta melembutkan nada/suara
c. Dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi
d. Tanggapan harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif dan memuaskan berbagai pihak
8. Kata bergaris miring pada kalimat berikut ini yang bukan merupakan kata kajian yaitu ....
a. Kulit orang Indonesia berwarna putih kekuningan atau kuning kecoklatan, menandakan kulit
yang banyak mengandung pigmentasi.
b. Menurutnya, fenomena itu terjadi karena budaya Indonesia yang masih menilai perempuan karena kecantikannya.
c. Semua diproses secara alami untuk menjaga kesegaran dan rasa susu yang lezat.
d. Kita terbiasa disuapi propaganda tentang apa yang baik dan buruk secara seragam
a. Kulit orang Indonesia berwarna putih kekuningan atau kuning kecoklatan, menandakan kulit
yang banyak mengandung pigmentasi.
b. Menurutnya, fenomena itu terjadi karena budaya Indonesia yang masih menilai perempuan karena kecantikannya.
c. Semua diproses secara alami untuk menjaga kesegaran dan rasa susu yang lezat.
d. Kita terbiasa disuapi propaganda tentang apa yang baik dan buruk secara seragam
9. Syarat pemakaian kalimat efektif untuk penulisan sebuah karangan adalah ....
a. Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan
b. Sebaiknya terdapat pemenggalan kata, penulisan kata depan, pemakaian tanda baca
c. Sebaiknya terdapat gagasan utama, kalimat utama, kalimat penjelas, contoh-contoh dan fakta-fakta
d. Sebaiknya memperhatikan penggunaan kata yang bermakna sinonim dan antonim, denotasi dan konotasi, kata umum dan kata khusus, kata populer dan kata kajian
a. Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan
b. Sebaiknya terdapat pemenggalan kata, penulisan kata depan, pemakaian tanda baca
c. Sebaiknya terdapat gagasan utama, kalimat utama, kalimat penjelas, contoh-contoh dan fakta-fakta
d. Sebaiknya memperhatikan penggunaan kata yang bermakna sinonim dan antonim, denotasi dan konotasi, kata umum dan kata khusus, kata populer dan kata kajian
10. Berikut ini penggunaan yang benar untuk tanda baca titik dua, dalam penulisan berikut adalah ....
a. Kita harus menghindari hadirnya stres dalam hidup kita, hal tersebut ditandai dengan gejalagejala seperti: timbulnya depresi dan kecemasan berlebihan.
b. Yulianto, B. 1996. T eori Belajar Bahasa. Surabaya : Penerbit IKIP Surabaya.
c. Sukarton, Lastri Fardani. 1998 : Gunung Biru di Atas Dusunku. Jakarta, PN Balai Pustaka.
d. Hasil tes yang dilakukan seperti itu banyak mengandung kelemahan, diantaranya : frekuensi tes yang hanya dua kali

1. a. Dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memberikan penilaian secara objektif.\
2. a. Penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
3. d. Menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda
4. a. Menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
5. a. Para siswa berpidato
6. a. Secara santun dan tidak berbelit-belit
7. Tanggapan harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif dan memuaskan berbagai pihak
8. c. Semua diproses secara alami untuk menjaga kesegaran dan rasa susu yang lezat.
9. a. Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan
10. b. Yulianto, B. 1996. T eori Belajar Bahasa. Surabaya : Penerbit IKIP Surabaya.
a. Kita harus menghindari hadirnya stres dalam hidup kita, hal tersebut ditandai dengan gejalagejala seperti: timbulnya depresi dan kecemasan berlebihan.
b. Yulianto, B. 1996. T eori Belajar Bahasa. Surabaya : Penerbit IKIP Surabaya.
c. Sukarton, Lastri Fardani. 1998 : Gunung Biru di Atas Dusunku. Jakarta, PN Balai Pustaka.
d. Hasil tes yang dilakukan seperti itu banyak mengandung kelemahan, diantaranya : frekuensi tes yang hanya dua kali

Kunci Jawaban:
1. a. Dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memberikan penilaian secara objektif.\
2. a. Penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
3. d. Menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda
4. a. Menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
5. a. Para siswa berpidato
6. a. Secara santun dan tidak berbelit-belit
7. Tanggapan harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif dan memuaskan berbagai pihak
8. c. Semua diproses secara alami untuk menjaga kesegaran dan rasa susu yang lezat.
9. a. Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan
10. b. Yulianto, B. 1996. T eori Belajar Bahasa. Surabaya : Penerbit IKIP Surabaya.
Posting Komentar
Posting Komentar