Soal Tentang Metode Pengembangan Seni + Kunci Jawaban

Posting Komentar

Kumpulan Soal PG Metode Pengembangan Seni


1. Ide pokok atau tema yang dipersoalkan dalam karya seni dapat dikenali dan dipahami melalui ..... dari karya tersebut.
a. Gaya
b. Komposisi
c. Material
d. Judul

2. Konsep pendidikan seni yang digunakan untuk mengembangkan pemahaman dan kesadaran bahwa kesenian tidak berdiri sendiri, melainkan terkait dengan banyak aspek dalam kehidupan adalah konsep ....
a. Multikultural
b. Multidimensional
c. Multidisiplin
d. Pluralistis

3. Pengalaman memersepsi, melihat, dan menghayati serta memahami seni di sekolah diajarkan sebagai pembelajaran ....
a. Pengetahuan
b. Keterampilan
c. Apresiasi
d. Ketiganya

4. Ririn (usia 4 tahun) sangat menyenangi kegiatan membentuk dengan plastisin. Sambil membentuk, mulutnya berceloteh. Hasil karyanya tidak menyeruapi apapun, tetapi dengan lancar ia dapat menceritakan apa yang telah dibuatnya. Namun, dari pembelajaran di TK, kegiatan Ririn merupakan aplikasi seni sebagai fungsi ....
a. Komunikasi dan kreativitas
b. Imitasi dan modifikasi
c. Ekspresi dan observasi
d. Improvisasi dan proporsi

5. Bu Dewi, guru TK B, menyarankan orang tua Risky agar pendaftarkan putranya ke sanggar lukis. Bu Dewi mengamati kemampuan Risky melukis sangat baik. Arahan yang dilakukan Bu Dewi bertujuan mengembangkan fungsi seni sebagai ....
a. Eksplorasi
b. Ekspresi
c. Komunikasi
d. Pengembangan bakat

6. Mengubah pola ritme dalam permainan musik "dung dung dung" menjadi "dung dung tek, sung sung tek" termasuk ....
a. Kreativitas
b. Intelektual
c. Persepsi
d. Emosional

7. Rasa estesis ditentukan oleh faktor ....
a. Bawaan
b. Pengaruh lingkungan
c. Bawaan dan pengaruh lingkungan
d. Lebih banyak faktor lingkungan dari pada bawaan

8. Nyanyi anak pada taraf ....
a. Imitasi/menirukan
b. Asimilasi, yaitu sadar terhadap yang dilakukannya
c. Koordinasi nyanyi, napas, dan gerak
d. Jawaban, A, B, dan C benar

9. Alat musik yang sesuai bagi anak adalah ....
a. Alat musik pukul
b. Alat musik dawai
c. Alat musik tiup
d. Alat musik petik

10. Kemampuan memahami dan menanggapi hal-hal yang dilihat, didengar dan dirasakan adalah kemampuan dari aspek ....
a. Intelektual
b. Emosional
c. Perseptual
d. Fisikal

11. Dapat membuat gerak tari sesuai dengan gagasan adalah kemampuan dari aspek ....
a. Estetis
b. Emosional
c. Kreatif
d. Intelektual

12. Berikut adalah beberapa ciri bentuk tari untuk anak usia TK, kecuali ....
a. Tari yang bertema
b. Gerak bersifat tiruan
c. Berbentuk tari kelompok
d. Lama waktu menari 30 menit

13. Konsep dasar musik untuk TK harus dipahami guru musik karena ....
a. Diperlukan untuk menentukan kegiatan 34 musik
b. Membuat rancangan pembelajaran memerlukan materi yang tepat
c. Merupakan sarana untuk mengembangkan musikalitas
d. A, B, dan C benar

Kunci Jawaban:


1. d. Judul
2. b. Multidimensional
3. d. Ketiganya
4. a. Komunikasi dan kreativitas
5. d. Pengembangan bakat
6. b. Intelektual
7. a. Bawaan
8. d. Jawaban, A, B, dan C benar
9. a. Alat musik pukul
10. c. Perseptual
11. c. Kreatif
12. d. Lama waktu menari 30 menit
13. d. A, B, dan C benar

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan