Soal Tentang Pelayanan Bahan Pustaka + Kunci Jawaban

Posting Komentar

Kumpulan Soal PG Pelayanan Bahan Pustaka


1. Ditinjau dari segi kebutuhan pemakai, maka tujuan penyelenggaraan layanan perpustakaan
adalah. . .
A. Agar bahan pustaka yang disediakan perpustakaan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakai
B. untuk membantu memenuhi kebutuhan informasi pemakai
C. keseragaman, keadilan dan pemerataan kesempatan penggunaan perpustakaan bagi seluruh pemakai
D. memiliki petugas layanan yang penuh perhatian, ramah, dan bersifat membimbing pemakai

2. Layanan ruang baca disediakan oleh suatu perpustakaan untuk mengantisipasi pengunjung perpustakaan untuk. . .
A. membaca buku di tempat atau bagi pemakai perpustakaan yang tidak dapat meminjam bahan pustaka
B. menerima informasi dari berbagai sumber informasi tanpa harus datang ke perpustakaan
C. mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sesuai bidang minatnya
D. pertemuan para pengunjung atau tempat berdiskusi

3. Perpustakaan menyediakan layanan fotokopi dengan tujuan untuk . .
A. memudahkan pemakai dalam mendapatkan buku-buku dengan harga lebih murah
B. Untuk meningkatkan keterpakaian koleksi yang tidak dapat dipinjam
C. pemakai tidak perlu memanfaatkan ruang baca karena dapat membawa hasil fotokopi untuk dibawa pulang
D. layanan ini disediakan untuk pemakai yang sebetulnya dapat meminjam koleksi perpustakaan untuk dibawa pulang

4. Layanan perpustakaan yang disediakan untuk membimbing pemakai baru dalam menggunakan seluruh fasilitas, sumber informasi, dan agar pemakai mengetahui peraturan dan tata tertib yang ada di perpustakaan, adalah. . .
A. Layanan Kesiagaan Informasi
B. Layanan Referens
C. Layanan Pendidikan Pemakai
D. Layanan Sirkulasi

5. Layanan Perpustakaan Keliling biasanya disediakan oleh. . .
A. Perpustakaan Umum
B. Perpustakaan Sekolah.
C. Perpustakaan Khusus
D. Perpustakaan Perguruan Tinggi

6. Dalam sistem tertutup, setelah pemakai menelusur bahan pustaka yang dibutuhkan melalui katalog maka langkah selanjutnya adalah. . .
A. meminta ijin kepada petugas untuk memasuki ruang koleksi agar bisa langsung mengambil sendiri koleksi tersebut
B. mencatat nomor panggil dan atau judul dokumen; untuk diserahkan kepada petugas untuk diambilkan dokumen yang dimaksud
C. melakukan browsing langsung ke jajaran koleksi
D. Memesan fotokopi melalui petugas

7. Salah satu cara yang efektif bagi perpustakaan yang menerapkan sistem layanan terbuka dalam menekan kesalahan letak dokumen dalam jajaran adalah. . .
A. Mengadakan pelatihan penjajaran dokumen secara benar bagi pemakai
B. Mengadakan pelatihan penjajaran dokumen secara benar bagi petugas
C. Membuat rambu peringatan/ larangan bagi pemakai untuk meletakkan bahan pustaka kembali ke jajaran koleksi di rak
D. Menyiagakan petugas layanan di setiap rak untuk mengamati dan memperingatkan pemakai untuk tidak meletakkan kembali bahan pustaka secara langsung ke rak

8. Sosialisasi mengenai Peraturan dan Tata tertib Perpustakaan kepada anggota perpustakaan baru dapat dilakukan melalui . . .
A. layanan pendidikan pemakai
B. Seminar
C. Bedah buku
D. Orientasi mahasiswa

9. Hal yang tidak penting dan tidak perlu dicantumkan dalam peraturan dan tata tertib yang perlu dicantumkan. . .
A. Jam buka perpustakaan
B. Sanksi bila peraturan dilanggar
C. Peraturan peminjaman dan perpanjangan peminjaman
D. lamanya berkunjung di perpustakaan

10. Agar pemakai dapat memanfaatkan koleksi seoptimal mungkin merupakan salah tujuan dari kegiatan. . .
A. Layanan referens
B. Layanan sisrkulasi
C. Pengolahan bahan pustaka
D. Layanan teknis

Jawaban:


1. B. untuk membantu memenuhi kebutuhan informasi pemakai
2. A. membaca buku di tempat atau bagi pemakai perpustakaan yang tidak dapat meminjam bahan pustaka
3. B. Untuk meningkatkan keterpakaian koleksi yang tidak dapat dipinjam
4. C. Layanan Pendidikan Pemakai
5. A. Perpustakaan Umum
6. B. mencatat nomor panggil dan atau judul dokumen; untuk diserahkan kepada petugas untuk diambilkan dokumen yang dimaksud
7. C. Membuat rambu peringatan/ larangan bagi pemakai untuk meletakkan bahan pustaka kembali ke jajaran koleksi di rak
8. A. layanan pendidikan pemakai
9. D. lamanya berkunjung di perpustakaan
10. B. Layanan sisrkulasi

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan