Soal Tentang Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD + Kunci Jawaban

Posting Komentar

Kumpulan Soal PG Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD


1. Pendidik di lembaga PAUD tidak dapat menyamaratakan kemampuan semua anak didiknya karena salah satu prinsip perkembangan anak usia dini adalah bahwa perkembangan berlangsung dalam….
a. Waktu yang bersamaan
b. Pola yang relatif sama
c. Rentang yang bervariasi
d. Arah yang khusus

2. Pelaksanaan pendidikan di lembaga PAUD bersifat luwes dan fleksibel. Perencanaan yang telah isiapkan pendidik dapat berubah setiap saat sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi dengan tetap memperhatikan perbedaan individual anak. Hal itu menggambarkan prinsip utama penyelenggaraan PAUD, yaitu berorientasi pada ….
a. Keterpaduan
b. Perkembangan
c. Keilmuan
d. Pengembangan

3. Bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh baik sebagian maupun keseluruhannya sehingga dapat diukur dengan satuan panjang atau satuan berat disebut proses ….
a. Peningkatan
b. Pertumbuhan
c. Perkembangan
d. Pertambahan

4. Terjadinya pertumbuhan menuju pembentukan jasad manusia yang sempurna dan alat-alat tubuh telah terbentuk dan mulai berfungsi disebut masa ….
a. Zygot awal
b. Embrio lanjut
c. Fetus lanjut
d. Fetus dini

5. Bahan makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 memiliki peran yang sangat
penting dalam pembentukan kecerdasan otak karena asam ini mengandung ….
a. idro Quinon dan DHA
b. DHA dan EPA
c. DHA dan lipid
d. EPA dan ADD

6. Di Lembaga PAUD, pendidik selalu mengawali kegiatan pembelajaran dengan kegiatan bercakap-cakap dengan berbagai topik yang dipilih yang menarik minat anak. Pendidik biasanya akan bertanya mulai dari hal-hal yang terdapat atau terjadi di sekitar anak hingga hal-hal lain yang belum terjadi dan meminta anak-anak untuk berandai-andai. Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk mendorong perkembangan ….
a. Berbicara
b. Menulis
c. Mendengar
d. Menyimak

7. Andi sedang menggambar pemandangan. Dia sudah dapat menggunakan warna sesuai dengan gambar sebenarnya. Bentuk gambarnya juga semakin realistis. Dia memulai gambarnya dengan membuat garis cakrawala yang merupakan batas antara langit dan bumi. Andi berada dalam tahap perkembangan menggambar...
a. Abstract
b. Schematic
c. Preschematic
d. Scribble

8. Sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di daerah pertanian, mengajak anak-anak ke sawah yang baru dibajak. Kemudian anak-anak diminta untuk mengambil tanah disitu untuk dibuat menjadi berbagai macam bentuk. Setelah selesai hasil karya anak tersebut dijemur. Setelah kering, hasil karya anak-anak dipajang di sekolah. Kegiatan tersebut merupakan contoh dari penyajian seni berdimensi....
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat

9. Ibu Leni tidak dapat memaksa anak-anak untuk ikut menyanyi atau menari saat kegiatan tersebut dilaksanakan. Dia harus menunggu hingga anak-anak menunjukkan rasa senang terhadap kegiatan tersebut dengan cara mengajak anak bercerita tentang asyiknya kegiatan tersebut. Ketika rasa senang dan antusiasme anak-anak muncul barulah Ibu Leni mengajak mereka untuk melakukan kegiatan tersebut. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa kegiatan musik dan gerakan bersifat ....
a. Spontan
b. Menyenangkan
c. Sukarela
d. Terpimpin

10. Dibanding teman-temannya Dimas memiliki perasaan yang lebih halus. Dia senang sekali melihat suasana kelas yang rapi dan indah. Dia mudah trenyuh jika melihat ada temannya yang bersedih. Ciri-ciri yang ditunjukkan Dimas menunjukkan salah satu ciri anak yang memiliki bakat seni, yaitu ciri ....
a. Lebih peka
b. Mudah menangis
c. Tidak sabar
d. Suka menyendiri

Kunci Jawaban:


1. c. Rentang yang bervariasi
2. b. Perkembangan
3. b. Pertumbuhan
4. d. Fetus dini
5. b. DHA dan EPA
6. a. Berbicara
7. b. Schematic
8. c. Tiga
9. c. Sukarela
10. a. Lebih peka

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan