Soal Tentang Seni Keterampilan Anak + Kunci Jawaban

Posting Komentar

Kumpulan Soal PG Seni Keterampilan Anak


1. Melalui gambar anak dapat bercerita tentang kebiasaan, kelebihan, atau kegemaran teman atau saudaranya. Hal ini memperlihatkan keterhubungan aktivitas menggambar dengan perkembangan kemampuan anak dalam ..
a. Berkomunikasi
b. Bersosialisasi
c. Berinovasi
d. Berkreasi

2. Untuk pewarna pada bahan berupa keramik lantai dapat digunakan secara langsung jenis pewarna ini,
a. Cat kayu
b. Cat minyak
c. Spidol minyak
d. Spidol whiteboard

3. Diluar kebiasaannya seorang anak menggambar bentuk objek yang tidak jelas atau tidak mempunyai objek nyata dimana gambar itu lebih sebagai tempat untuk mencurahkan pikiran dan keresahan hatinya, maka anak ter sebut menggambar dengan gagasan berdasarkan….
a. Bentuk
b. Komik
c. Nontema
d. Naturalistik

4. Dalam kegiatan melukis anak akan berlatih mengemas berbagai peristiwa, bentuk maupun rasa menjadi catatan visual....
a. Melatih berpikir secara komprehensif
b. Melatih mengembangkan rasa kesetiakawanan
c. Melatih sublimasi perasaan
d. Melatih ingatan

5. Ada jenis alat melukis yang disebut krayon yang memiliki beberapa jenis. Salah satunya ada jenis krayon yang sulit untuk digunakan mewarnai karena warna yang dihasilkan transparan. Jenis krayon ini disebut .…
a. Krayon pastel minyak
b. Krayon pastel kapur
c. Krayon pastel lilin
d. Oil crayon pastel

6. Urutan langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat teknik melukis tutup, adalah berikut ini .…
a. Menutup bagian tertentu gambar dengan cat air - bagian tersebut kemudian ditutup dengan pastel.
b. Menutup bagian tertentu gambar dengan pastel - bagian tersebut kemudian ditutup dengan cat air.
c. Menutup bagian tertentu gambar dengan pastel - bagian yang tidak tertutup kemudian ditutup dengan cat air.
d. Menutup bagian tertentu gambar dengan cat air - bagian yang tidak tertutup kemudian ditutup dengan pastel.

7. Ada tiga macam cara memotivasi anak untuk mau melukis, diantaranya adalah memotivasi anak dengan menumbuhkan dorongan menggambar yang berangkat dari citacita, pengalaman, atau gagasan-gagasan anak....
a. Motivasi artistik
b. Motivasi penalaran
c. Motivasi imajinasi
d. Motivasi external

8. Ada beberapa model pemberian motivasi kepada anak untuk melukis, diantaranya adalah berikut....
a. Melukis nyanyian
b. Melukis kesedihan
c. Melukis gerak/tari
d. Melukis pemandangan

9. Menyetempel yang dilakukan pertugas di kantor pos dan giro adalah salah satu contoh sederhana dari ....
a. Mencetak
b. Menulis
c. Menyablon
d. Mengopi

10. Membuat acuan atau master untuk kegiatan mencetak yang menghasilkan karya yang variatif pada anak usia dini, guru dapat memanfaatkan ubi-ubian, karena ....
a. Bahan tersebut berkualitas
b. Ubi-ubian dapat dibuat bermacam pola
c. Anak-anak telah mengenalnya
d. Bahan tersebut mudah didapat

11. Alat ini dirancang khusus untuk proses cetak sablon khususnya ketika harus meratakan cat. Fungsi alat ini hampir sama dengan rol. Alat yang dimaksud adalah ....
a. Rol
b. Rakel
c. Kuas
d. Palet

12. Berikut adalah tahapan yang dilakukan ketika menyablon .....
a. Direntangkan pada bingkai - bingkai kasa ditempatkan di atas bahan yang ingin dicetak -bertinta di atas screen - tinta diratakan dengan rakel - tinta akan meresap screen sesuai dengan pola.
b. Acuan pada screen direntangkan pada bingkai - beri tinta di atas screen - tinta diratakan dengan rakel - bingkai kasa ditempatkan di atas bahan yang ingin dicetak - tinta akan meresap screen sesuai dengan pola.
c. Acuan pada direntangkan pada bingkai - tinta diratakan dengan rakel - bingkai kasa ditempatkan di atas bahan yang ingin dicetak - beri tinta di atas screen - tinta akan meresap screen sesuai dengan pola.
d. Acuan pada direntangkan pada bingkai - bingkai kasa ditempatkan di atas bahan yang ingin dicetak - beri tinta di atas screen - tinta akan meresap screen sesuai dengan pola - tinta diratakan dengan rakel.

Kunci Jawaban:


1. b. Bersosialisasi
2. d. Spidol whiteboard
3. c. Nontema
4. a. Melatih berpikir secara komprehensif
5. c. Krayon pastel lilin
6. b. Menutup bagian tertentu gambar dengan pastel - bagian tersebut kemudian ditutup dengan cat air.
7. c. Motivasi imajinasi
8. d. Melukis pemandangan
9. a. Mencetak
10. b. Ubi-ubian dapat dibuat bermacam pola
11. b. Rakel
12. a. Direntangkan pada bingkai - bingkai kasa ditempatkan di atas bahan yang ingin dicetak -bertinta di atas screen - tinta diratakan dengan rakel - tinta akan meresap screen sesuai dengan pola.

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan