Soal Tentang Ekonomi Pemerintahan + Kunci Jawaban

Posting Komentar

Kumpulan Soal PG Ekonomi Pemerintahan


1. Salah satu asas umum penyelenggaraan negara adalah asas proporsionalitas, yaitu asas penyelenggaraan pemerintahan yang mengutamakan ....
A. keterbukaan informasi yang benar dan jujur kepada masyarakat
B. keahlian yang berlandaskan pada kode etik dan ketentuan peraturan perundang
C. kepatuhan pada peraturan perundang-undangan yang
D. keseimbangan antara hak dan kewajiban penyelenggara negara

2. Tersedianya alur mekanisme perizinan dan biaya perizinan dalam mengurus ijinMendirikan Bangunan (IMB) menunjukkan bahwa unit pengelola layanan perijinan menjalankan salah satu dimensi pelayanan, yaitu reliability yang berarti pemberi layanan mempunyai ....
A. kemampuan untuk memberikan jenis pelayanan secara tepat dan benar sesuai yang telah dijanjikan kepada konsumen/pelanggan
B. kesadaran atau keinginan untuk membantu konsumen yang membutuhkan
C. pengetahuan atau wawasan, kesopanan, santun, kepercayaan diri dan respek
terhadap konsumen
D. kemauan untuk melakukan pendekatan, perlindungan, serta berusaha untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen

3. Sebelum konsep kepemerintahan yang baik diterapkan pengetahuan atau wawasan, kesopanan, santun, kepercayaan diri dan respek terhadap konsumen, aktor yang paling berperan dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah....
A. legislatif
B. eksekutif
C. pemerintah
D. pemangku kepentingan

4. Pada fase keempat, fungsi pemerintah adalah sebagai....
A. mengabdi kepada kekuasaan
B. menyejahterakan masyarakat
C. memfasilitasi peran pasar dalam pemerintahan
D. menyelenggarakan kepemerintahan yang baik

5. Menurut Model Partisipasi dan Demokrasi, kepemerintahan yang ideal adalah pemerintahan yang mendorong....
A. persaingan pasar yang menciptakan kompetisi
B. keterlibatan pegawai dalam pengambilan keputusan
C. kepekaan akan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan
D. keterbukaan dan akselerasi pasar

6. Salah satu karakteristik pemerintahan yang digerakkan oleh pelanggan adalah....
A. responsif terhadap pendapat dan penilaian masyarakat tentang pelayanan yang diterimanya
B. mengutamakan adanya sentralisasi dalam pelayanan
C. menerapkan sistem kedekatan
D. lebih memfokuskan diri pada pemberdayaan sektor swasta

7. Salah satu dimensi kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Zeithaml adalah dimensi....
A. care
B. credibility
C. recovery
D. self esteem

8. Quality Guarantee merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan posisi tawar masyarakat dalam pelayanan publik yakni dengan cara....
A. membentuk lembaga pengawas yang melakukan penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan
B. menyusun dokumen kesepakatan antara pemberi dan penerima layanan
C. memberikan ganti rugi apabila pelayanan tidak sesuai dengan yang dijanjikan
D. pemerintah menjamin terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat

9. Menurut Osborne dan Gaebler , sistem pelayanan yang berorientasi pelanggan
merangsang lebih banyak inovasi. Hal ini mengandung makna....
A. pemberi layanan mencari umpan balik untuk mengetahui kebutuhan pelanggannya
B. pemberi layanan memberi kesempatan dalam pembuatan keputusan terletak pada kebutuhan pelanggan
C. subsidi yang diberikan pemerintah diberikan kepada individu-individu bukan pada
lembaga
D. pemberi jasa akan mendorong kreativitas untuk meningkatkan daya saingnya

10. Pada dasarnya model pelayanan yang dikenal sebagai Public Private Patnership merupakan pengembangan model yang berbasis pada....
A pemberdayaan
B. kemitraan
C. privatisasi
D. outsourching

11. Menurut Glenn A. Welsch, anggaran adalah....
A. gambaran dari kebijakan pemerintah yang dinyatakan dalam satuan uang baik kebijakan penerimaan maupun kebijakan pengeluarannya
B. pernyataan tentang perkiraan penerimaan dan pengeluaran yang diharapkan terjadi dalam sebuah rentang waktu tertentu di masa yang akan datang serta realisasinya di masa yang lalu
C. suatu bentuk statement daripada rencana dan kebijakan manajemen yang dipakai dalam suatu periode tertentu sebagai petunjuk (blue print) dalam periode itu
D. suatu daftar atau pernyataan terinci tentang penerimaan dan pengeluaran yang diharapkan dalam jangka waktu tertentu

12. Salah satu hal yang melatarbelakangi John Meynor Keynes memperkenalkan fungsi anggaran sebagai instrumen kebijakan fiskal pada saat terjadinya depresi ekonomi tahun 1930 adalah ....
A. nilai investasi tinggi pada saat itu
B. pertumbuhan ekonomi saat itu semakin meningkat
C. tingkat pengangguran tinggi
D. tingkat suku bunga tinggi

Kunci Jawaban:


1. D. keseimbangan antara hak dan kewajiban penyelenggara negara
2. A. kemampuan untuk memberikan jenis pelayanan secara tepat dan benar sesuai yang telah dijanjikan kepada konsumen/pelanggan
3. C. pemerintah
4. D. menyelenggarakan kepemerintahan yang baik
5. B. keterlibatan pegawai dalam pengambilan keputusan
6. A. responsif terhadap pendapat dan penilaian masyarakat tentang pelayanan yang diterimanya
7. B. credibility
8. D. pemerintah menjamin terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat
9. D. pemberi jasa akan mendorong kreativitas untuk meningkatkan daya saingnya
10. B. kemitraan
11. C. suatu bentuk statement daripada rencana dan kebijakan manajemen yang dipakai dalam suatu periode tertentu sebagai petunjuk (blue print) dalam periode itu
12. C. tingkat pengangguran tinggi

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan