Soal Tentang Pengantar Pendidikan + Kunci Jawaban

Posting Komentar

Kumpulan Soal PG Pengantar Pendidikan


1. Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
a. Behaviorisme
b. perenialisme
c. Nativisme
d. Konvergensi

2. Salah satu faktor yang mempengaruhi difusi inovasi adalah komunikasi. Ada dua bentuk komunikasi yang sangat mempengaruhi proses difusi inovasi yaitu komunikasi konvergen dan komunikasi linear. Ciri utama dari komunikasi konvergen adalah ....
a. Dilakukan oleh dua individu/kelompok yang memiliki kesamaan satu sama lain
b. Saling mempengaruhi dan menyampaikan informasi sehingga diperoleh saling pengertian
c. Dimana partisipan berbagi informasi untuk mencapai pengertian satu sama lain
d. Adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan hubungan jaringan

3. Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan inovasi pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas, fasilitas fisik, penggunaan waktu, tujuan yang ingin dicapai, prosedur yang digunakan, dan seterusnyA. Dari sistem sosial di atas, pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan definisi berikut "suatu sistem sosial yang secara nyata membatasi dari pelaksanaan suatu perubahan pendidikan"
a. Ukuran dan kewilayahan
b. Kegiatan pemeliharaan terbatas
c. Fasilitas fisik
d. Prosedur yang digunakan

4. Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....
a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajar
b. Pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasar
c. Cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikan
d. Pendemokrasian pendidikan di Indonesia

5. Pilihlah contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang, tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama ....
a. Kursus bahasa Inggris
b. Kejar Paket A dan Paket B
c. Secara rutin memanggil ahli agama kerumah untuk memberi ceramah tentang agama kepada anak-anak dan keluarga
d. Kursus komputer dan perbengkelan

6. Landasan pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang bersumber pada disiplin ilmu sebagai titik tolaknya. Landasan pendidikan yang dimaksud adalah ....
a. Religius pendidikan
b. Ilmiah pendidikan
c. Filosofis pendidikan
d. Yuridis dan hukum pendidikan

7. Yang bukan merupakan landasan yuridis pendidikan di bawah ini adalah ....
a. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 42 Tahun 2006
b. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
c. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
d. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990

8. Landasan Pendidikan Nasional adalah Pancasila, oleh sebab itu semuanya dimulai dengan asumsi-asumsi metafisika, epistemologi, dan aksiologi Pancasila, serta diikuti dengan uraian implikasinya terhadap pendidikan. Pernyataan di atas merupakan landasan ....
a. Mental spiritual
b. Filosofis
c. Yuridis pendidikan
d. Moral dan agama

9. Manusia dapat mengukuhkan eksistensinya sebagai manusia, oleh sebab itu menurut Aristoteles manusia disebut sebagai makhluk ....
a. Berbudaya
b. Susila
c. Beragama
d. Sosial

10. Kelahiran manusia mengandung segala kemungkinan, dan ditandai dengan segala kekurangan. Hal ini disebabkan karena perkembangan manusia ....
a. Bersifat tertutup
b. Berbeda dengan hewan
c. Bersifat terbuka
d. Memiliki kodrat dengan sebutan animal educandum

11. Manusia pada dasarnya berpotensi untuk berperilaku baik, dan bisa menjadi manusia ideal, jika ia dididik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan asas dari ....
a. Potensialitas
b. Moralitas
c. Dinamika
d. Sosialitas

12. Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini karena pendidikan bersifat ....
a. Humanisasi
b. Individualitas
c. Sosialitas
d. Potensialitas

13. Alfred adalah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya seorang pengusaha kaya, bila kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini membuat ia disayang oleh semua guru, padahal kecerdasannya pas-pasan saja. Nandy juga bersekolah di sekolah yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy seringkali menunggak SPP maupun uang buku, sehingga seringkali ia mendapat skorsing dari sekolah. Hal ini mengakibatkan Nandy menjadi pendiam dan rendah diri, padahal sebenarnya ia adalah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan murid karena status ekonominya adalah salah, karena pendidikan itu ....
a. Merupakan martabat orang perorang
b. Hanya boleh diikuti oleh orang yang memupunyai uang
c. Hak asasi manusia
d. Pendidikan dapat membentuk kepribadian manusia menjadi baik

Jawaban:


1. b. perenialisme
2. d. Adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan hubungan jaringan
3. b. Kegiatan pemeliharaan terbatas
4. a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajar
5. c. Secara rutin memanggil ahli agama kerumah untuk memberi ceramah tentang agama kepada anak-anak dan keluarga
6. b. Ilmiah pendidikan
7. a. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 42 Tahun 2006
8. b. Filosofis
9. d. Sosial
10. c. Bersifat terbuka
11. b. Moralitas
12. a. Humanisasi
13. c. Hak asasi manusia

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan