Soal IPS Kelas 10 Penelitian Sejarah dan Jawaban. Sumber Sejarah Primer, Sumber Sejarah Sekunder.
Soal Pilihan Ganda Sejarah Kelas 10 Langkah-Langkah Penelitian Sejarah
Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!
1. Sumber data yang diperlukan dalam penelitian tentang kerjaan Majapahit adalah ...
A. Hikayat Raja-Raja Majapahit
B. Sutanussalatin
C. Negarakertagama
D. Panjikenanga
E. Mahabaratha
Jawaban: C
Pembahasan:
Sumber sejarah kerajaan Majapahit adalah kitab Negarakertagama
2. Perhatikan data berikut.
1) Dokumen naskah teks Proklamasi
2) Foto pembacaan teks Proklamasi oleh Soekarno-Hatta
3) Wawancara dengan B.M. Diah tentang peranannya dalam peristiwa proklamasi
4) Koran Merdeka yang memberitakan tentang peristiwa proklamasi 17 Agustus 1945
5) Buku sejarah karangan Marwati Djoened Poesponegoro jilid VI
Dari data di atas, yang termasuk sumber sejarah primer adalah …
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5
E. 3), 4), dan 5)
Jawaban: A
Pembahaan:
Data primer, yaitu sumber yang datang langsung dari sumber pertama. Sumber primer dapat berupa keterangan langsung dari pelaku dan saksi sejarah, dokumen asli, laporan atau catatan, foto, relikui/benda peninggalan, film, dan artefak.
3. Perhatikan tabel berikut
Contoh jenis sumber data yang sesuai untuk mengisi tanda X adalah …
A. Kesaksian Sukarni tentang peristiwa penculikan Sukarno-Hatta ke Rengasdengklok
B. Isi slide pada PPT yang dijelaskan oleh dosen kepada mahasiswanya
C. Tayangan film tentang kehidupan manusia purba di Musium Sangiran
D. Peralatan penunjang kegiatan manusia sehari-hari seperti senjata, fosil, dan rumah Limas
E. Cerita tentang ‘Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat’ dari Sumatera Selatan
Jawaban: D
Pembahaan:
Sumber benda, yaitu sumber sejarah berbentuk artefak atau hasil-hasil budaya yang ditinggalkan langsung dari zamannya. Contoh, peralatan penunjang kegiatan manusia sehari-hari, senjata, fosil, pakaian, serta bangunan-bangunan bersejarah
4. Gambar di bawah ini adalah Surat Perintah 11 Maret (Supersemar) dalam dua versi. Silahkan amati.
Jika kita akan melakukan suatu kritik eksternal, maka yang harusnya dianalisa adalah …
A. Letjen Soeharto diamanatkan oleh Presiden RI untuk mengambil tindakan pengamanan pasca G.30.S/PKI
B. Bahan dan jenis ketikannya sebagai bagian dari keaslian informasi atau dokumen
C. Isi naskah sebagai bagian dari kredibilitas atau kepercayaan data sebagai suatu informasi
D. Keterkaitan antara kedua versi Supersemar sebagai sebuah peristiwa sejarah
E. Antara kedua versi Supersemar itu terdapat perbedaan pada jumlah poin di bagian memutuskan/Memerintahkan
Jawaban: B
Pembahasan:
Kritik eksternal, yaitu kritik terhadap keaslian informasi atau dokumen seperti bahannya (dokumen dengan tulisannya) dan orangnya (pelaku dan saksi). Keaslian dokumen diverifikasi tidak hanya terbatas pada sumber tertulis saja, tetapi juga terhadap sumber benda (seperti artefak), penjelasan pelaku atau saksi sejarah yang sering disebut sebagai sejarah lisan, dan lain-lain.
Kritik eksternal dilakukan menyangkut pertanyaan-pertanyaan:
• Apakah gaya bahasa dan penulisan sesuai dengan periode waktu waktu terjadinya peritiwa sejaah. Apakah gaya yang sama juga terlihat pada tulisan-tulisan lain dari penulis yang sama.
• Apakah ada bukti bahwa penulis memperlihatkan ketidaktahuan terhadap hal atau peristiwa yang seharusnya sudah diketahui
• Apakah penulis melaporkan hal, peristiwa, atau tempat yang seharusnya belum dapat diketahui selama periode perbuatan tulisan tersebut
Kritik eksternal dalam hal keaslian data terkait dengan pertanyaan-pertanyaan berikut :
• Apakah data awal telah diubah, baik secara sengaja maupun tidak sengaja dengan menyalinnya?
• Apakah dokumen itu asli atau salinan?
• Jika tanggal dan penulis data tidak diketahui, apakah ada petunjuk internal yang menunjukkan asal mulanya ?
5. Tujuan seorang peneliti sejarah melakukan sebuah verifikasi atau kritik sumber adalah …
A. Agar penulisan sejarah berada pada realnya tanpa pengaruh kepentingan
yang tidak berkaitan dengan keilmuan
B. Memberi penafsiran pada suatu data sejarah sehingga menjadi satu rangkaian
cerita sejarah yang objektif
C. Untuk memilah dan memilik mana data yang mendukung dan mana data yang
tidak diperlukan
D. Untuk mendapatkan sumber-sumber penelitian yang relevan
E. Menguji keaslian dan keabsahan data sebuah sumber sejarah agar
mendapatkan data yang mendekati kebenaran
Jawaban: E
Pembahasan:
Untuk menguji keaslian dan keabsahan data agar mendapatkan data yang relevan dan mendekati kebenaran
6. Seorang sejarawan melakukan penafsiran atas data sejarah. Hal ini dilakukan pada tahap ….
A. Pemilihan topik
B. Heuristik
C. Verifikasi
D. Interpretasi
E. Historiografi
Jawaban : C
Pembahasan:
Interpretasi adalah penafsiran suatu peristiwa atau memberikan pandangan teoritis terhadap suatu peristiwa sejarah berdasarkan fakta yang ada. Fakta-fakta sejarah itu kemudian disusun sehingga menjadi rangkaian yang berhubungan selaras dan masuk akal.
7. Seorang sejarawan menguji kesesuaian tanggal pembuatan dokumen dengan isi dokumen. Hal ini dilakukan untuk melihat ….
A. Kredibilitas sumber
B. Kesalahan heuristik
C. Kesalahan interpretasi
D. Otentisitas sumber
E. Kesalahan narasi
Jawaban : D
Pembahasan:
Seorang sejarawan menguji kesesuaian tanggal pembuatan dokumen dengan isi dokumen. Hal ini dilakukan untuk melihat otentisitas data
8. Menguraikan semua sumber yang ada dan Menganalisis beberapa kemungkinan yang terkandung dalam suatu sumber sejarah. Misalnya, dalam dokumen yang berisi daftar anggota wajib militer suatu negara. Dalam daftar tersebut terdapat sejumlah nama yang menunjukkan kekhasan daerah tertentu. Berdasarkan daftar tersebut dapat dianalisis bahwa anggota wajib militer itu berasal dari berbagai daerah di negara tersebut. Pernyataan ini merupakan pengertian dari ….
A. Interpretasi analitis
B. Interpretasi sintetis
C. Interpretasi struktural
D. Deskriptif interdisipliner
E. Deskriptif historia
Jawaban : A
Pembahasan:
Interpretasi analitis, yaitu menguraikan semua sumber yang ada. Menganalisis beberapa kemungkinan yang terkandung dalam suatu sumber sejarah. Misalnya, dalam dokumen yang berisi daftar anggota wajib militer suatu negara. Dalam daftar tersebut terdapat sejumlah nama yang menunjukkan kekhasan daerah tertentu. Berdasarkan daftar tersebut dapat dianalisis bahwa anggota wajib militer itu berasal dari berbagai daerah di negara tersebut.
9. Perhatikan informasi berikut.
1) Menggunakan metode ilmiah
2) Mengangung-agungkan peran orang-orang Belanda
3) Istana sentris
4) Feodal sentris
5) Religi magic
Dari data di atas, yang murupakan ciri historiografi tradisional adalah ….
A. 1), 2), dan 3)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
Jawaban : E
Pembahasan:
Adapun sifat-sifat penulisan historiografi tradisional adalah :
• Istana sentris, yaitu penulisan sejarah untuk kepentingan kerajaan (raja dan keluarganya) yang dominan ditampilkan atau dituliskan. Kehidupan yang digambarkan seolah-olah hanya untuk kalangan istana dan sekitarnya. Kebanyakan historiografi tradisional kuat dalam silsilah tetapi lemah dalam hal kronologis dan detail-detail biografi.
• Feodalisme sentris, yaitu penulisan yang menggambarkan kehidupan para bangsawan feodal, tidak membicarakan peran masyarakat, segi-segi sosial, dan
ekonomi dari rakyatnya
• Religi magis, yaitu penulisan sejarah yang dihubungkan denga kepercayaan dan hal-hal yang gaib
• Tidak membedakan hal-hal yang khayal dan hal-hal yang nyata
• Sumber datanya sulit ditelusuri kembali bahkan terkadang mustahil untuk dibuktikan
• Besifat region sentris (kedaerahan) , yaitu penulisan sejarah banyak dipengaruhi oleh factor kedaerahan. Misal tentang cerita gaib dan magic yang terjadi di daerah itu
• Raja atau pemimpin dianggap mempunyai kekuatan gaib dan kolonial yang tinggi, bertuah dan sakti
10. Pada tahap historiografi, maka yang dilakukan peneliti sejarah adalah …
A. Setiap sumber harus diuji keaslian dan keabsahannya karena setiap sumber dapat saja dipengaruhi oleh prasangka, kondisi ekonomi, dan iklim politik saat penelitian berlangsung.,
B. Fakta-fakta yang telah dikumpulkan dikritik dan diinterpretasi kemudian disajikan dalam bentuk tulisan yang logis, sistematis, dan bermakna
C. menemukan. Dalam kegiatan penelitian sejarah, heuristic berarti kegiatan untuk mencari, mengumpulkan, dan menghimpun jejak-jejak masa lalu berupa sumber-sumber sejarah
D. seperangkat aturan atau prinsip sistematis untuk mengumpulkan sumber-sumber sejarah secara efektif, menilai secara kritis dan mengajukan sintetis dari hal-hal yang dicapai dalam bentuk tertulis.
E. Kemampuan pengetahuan yang dimiliki oleh seorang peneliti terhadap objek yang ditelitinya.
Jawaban: B
Pembahasan:
Pada tahap historiograpi, fakta-fakta yang telah dikumpulkan dikritik dan diinterpretasi kemudian disajikan dalam bentuk tulisan yang logis, sistematis, dan bermakna. Menulis cerita sejarah bukan sekedar menyusun dan merangkai faktafakta hasil penelitian tetapi juga menyampaikan ide, gagasan, serta emosi kita melalui interpretasi sejarah. Oleh karena itu dibutuhkan kecakapan dan kemahiran dalam menulis
11. Pengertian metode sejarah adalah …
a. Suatu penelitian yang menggunakan teknik-teknik penelitian secara sistematis dan empiris mengikuti kaidah-kaidah keilmuan umum
b. Suatu rangkaian berurutan atas tindakan penelitian yang terdiri dari verifikasi, heuristic, pemilihan topik, dan historigrafi
c. Rangkaian tindakan untuk mengumpulkan sumber-sumber data yang relevan dengan topik penelitian
d. Suatu kegiatan mengumpulkan, menguji, dan menganalisa data yang diperoleh dari peninggalan-peninggalan masa lalu, kemudian direkonstruksi berdasarkan data yang diperoleh sehingga menghasilkan kisah sejarah.
e. Kemampuan teoritis yang dimiliki peneliti terkait erat dengan kapasitas keilmuan, yang dalam konteks penelitian akan sangat berpengaruh pada sejauh mana ia dapat menerapkan teori atau prinsip yang menjadi landasan penelitian.
Jawaban D
Pembahasan
Metode sejarah adalah suatu kegiatan mengumpulkan, menguji, dan menganalisa data yang diperoleh dari peninggalan-peninggalan masa lalu, kemudian direkonstruksi berdasarkan data yang diperoleh sehingga menghasilkan kisah sejarah.
12. Perhatikan jenis sumber sejarah berikut.
1) Tertulis
2) Benda
3) Lisan
4) Primer
5) Sekunder
Berdasarkan jenis sumber sejarah di atas, yang merupakan sumber sejarah berdasarkan bentuknya adalah ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
Jawaban A
Pembahasan
Berdasarkan bentuknya, sumber sejarah terdiri dari :
- Sumber tulisan, yaitu sumber berbentuk tulisan yang mengandung informi tentang suatu peristiwa sejarah. Contoh, prasasti, naskah, buku, dokumen tertulis, arsip, Koran, dan internet.
- Sumber benda, yaitu sumber sejarah berbentuk artefak atau hasil-hasil budaya yang ditinggalkan langsung dari zamannya. Contoh, peralatan penunjang kegiatan manusia sehari-hari, senjata, fosil, pakaian, serta bangunan-bangunan bersejarah.
- Sumber lisan, yaitu keterangan-keterangan yang diperoleh dari pelaku dan saksi sejarah. Contoh, rekaman pidato, video, hasil wawancara.
13. Perhatikan informasi berikut.
1) Harganya yang sangat mahal
2) Sumber sudah sangat tua
3) Kesulitan dalam memahami bahasa yang digunakan
4) Sumber masih tertutup (batas dibukanya sumber sekitar 25 tahun)
5) Sulit dihubungkan dengan topik penelitian
Dari data di atas, yang merupakan beberapa masalah yang sering muncul terkait sumber sejarah pendukung suatu penelitian adalah …
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
Jawaban C
Pembahasan:
Beberapa masalah yang kerap muncul terkait sumber sejarah yang sudah didapatkan adalah :
- Sumber sudah sangat tua
- Sumber tidak boleh sembarangan dibaca (pada daerah tertentu yang boleh membacanya hanya orang-orang tertentu)
- Kesulitan dalam memahami bahasa yang digunakan
- Lebih banyak menggunakan tulisan angan (sumber tua)
- Sumber masih tertutup (batas dibukanya sumber sekitar 25 tahun)
14. Perhatikan tabel verifikasi berikut.
NO | X | Y |
1 | Kritik internal | Kritik terhadap bahan, pelaku, dan saksi sejarah |
2 | Kritik eksternal | Kritik terhadap keaslian informasi |
3 | Kritik internal | Sumber data yang telah diterima kebenarannya dan tidak perlu diperdebatkan. |
Dari tabel di atas, pernyataan yang benar adalah …
a. X1 dan Y1
b. X1 dan Y2
c. X2 dan Y2
d. X2 dan Y3
e. X3 dan Y3
Jawaban B
Pembahasan
Kritik eksternal, yaitu kritik terhadap keaslian informasi atau dokumen seperti bahannya (dokumen dengan tulisannya) dan orangnya (pelaku dan saksi). Keaslian dokumen diverifikasi tidak hanya terbatas pada sumber tertulis saja, tetapi juga terhadap sumber benda (seperti artefak), penjelasan pelaku atau saksi sejarah yang sering disebut sebagai sejarah lisan, dan lain-lain.
Kritik eksternal dilakukan menyangkut pertanyaan-pertanyaan:
- Apakah gaya bahasa dan penulisan sesuai dengan periode waktu waktu terjadinya peritiwa sejaah. Apakah gaya yang sama juga terlihat pada tulisan-tulisan lain dari penulis yang sama.
- Apakah ada bukti bahwa penulis memperlihatkan ketidaktahuan terhadap hal atau peristiwa yang seharusnya sudah diketahui
- Apakah penulis melaporkan hal, peristiwa, atau tempat yang seharusnya belumdapat diketahui selama periode perbuatan tulisan tersebut
Kritik internal
Kritik internal adalah kritik atau verifikasi terhadap kredibilitas atau keterpercayaan data; jadi menyangkut isi informasi, apakah dapat dipercaya atau tidak. Dalam hal ini seorang pernulis harus bersifat objektif dan netral dalam menggunakan data yang telah diperoleh sehingga peristiwa sejarah itu terjamin kebenarannya. Kritik internal umumnya terkait erat dengan keabsahan (validitas) dan makna data. Dalam hal keabsahan data, kritik internal menggunakna pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
- Apa yang dimaksudkan penulis dengan setiap kata atau pertanyaan dalam data
- Seberapa jauh penulis dapat dipercaya
- Bagaimana menafsirkan (interpretasi) kata-kata yang digunakan penulis
15. Perhatikan tabel berikut.
NO | X |
1 | Mengubah pandangan religiomagis dan kosmologis menjadi pandangan yang bersifat empiris- ilmiah |
2 | Belum mampu menjelaskan sejarah secara optimal |
3 | Cenderung kurang fleksibel sebab terlalu terpaku pada metode ilmiah |
| Y |
1 | Menggunakan penulisan sejarah kritis |
2 | Pandangan etnosentrisme diganti dengan pandangan Indonesia sentris |
3 | Belum tentu bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, terkadang hanya terfokus pada tujuan akademis |
Dalam historiografi modern masih ditemukan beberapa kekurangan, yaitu :
a. X1, X2, dan Y1
b. XI, X3, dan Y2
c. XI. X2, dan Y3
d. X2, X3, dan Y2
e. X2, X3, dan Y3
Jawaban E
Pembahasan
Kekurangan dan kelebihan historiografi modern
Kelebihan | Kekurangan |
Mengubah pandangan religiomagis dan kosmologis menjadi pandangan yang bersifat empiris- ilmiah | Belum mampu menjelaskan sejarah secara optimal |
Menggunakan penulisan sejarah kritis | Cenderung kurang fleksibel sebab terlalu terpaku pada metode ilmiah |
Pandangan etnosentrisme diganti dengan pandangan Indonesia sentris | Belum tentu bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, terkadang hanya terfokus pada tujuan akademis |
Menggunakan dinamika masyarakat Indonesia dari berbagai aspek kehidupan | - |
Menggunakan pendekatan multidimensional | - |
Posting Komentar
Posting Komentar