Berikut ini Materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun 2022. Di akhir fase B, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya. Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.
Peserta didik juga membuat rencana dan melakukan langkahlangkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan berdasarkan panduan tertentu. Peserta didik menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan serta menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat. Peserta didik mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan mengidentifikasi pola.
Peserta didik juga membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi dan memberikan alasan yang bersifat ilmiah serta mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Peserta didik mampu menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan. Selanjutnya peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara verbal dan tertulis dalam berbagai format.
Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari dan mendemonstrasikan bagaimana beragam jenis gaya memengaruhi gerak benda.
Di akhir fase ini peserta didik mampu menjalankan peran dan tanggung jawab sebagai bagian dari anggota keluarga dan warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. Peserta didik mengenal budaya, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini.
Peserta didik mampu memperoleh/menciptakan sesuatu dengan alat dan bahan yang ada di sekitarnya. Peserta didik mengenali kebutuhan atau keinginannya, nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat yang dibutuhkan.
Daftar isi Materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Bab 1 – Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi
- Pengajaran Topik A: Bagian Tubuh Tumbuhan (5 JP)
- Pengajaran Topik B: Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi (8 JP)
- Pengajaran Topik C: Perkembangbiakan Tumbuhan (7 JP)
- Soal Uji Pemahaman | Lihat Disini
Bab 2 – Wujud Zat dan Perubahannya
- Pengajaran Topik A: Materi, Makhluk Apa Itu? (4 JP)
- Pengajaran Topik B: Memangnya Wujud Materi Seperti apa? (8 JP)
- Pengajaran Topik C: Bagaimana Wujud Benda Berubah? (5 JP)
- Soal Uji Pemahaman | Lihat Disini
Bab 3 – Gaya di Sekitar Kita
- Pengajaran Topik A: Pengaruh Gaya terhadap Benda (6 JP)
- Pengajaran Topik C: Benda yang Elastis (5 JP)
- Pengajaran Topik D : Mengapa Kita tidak Melayang di Udara? (4 JP)
- Soal Uji Pemahaman | Lihat Disini
Bab 4 – Mengubah Bentuk Energi
- Pengajaran Topik A: Transformasi Energi di Sekitar Kita (6 JP)
- Pengajaran Topik B: Energi yang Tersimpan (6 JP)
- Pengajaran Topik C: Energi yang Bergerak(6 JP)
- Soal Uji Pemahaman | Lihat Disini
Bab 5 – Cerita Tentang Daerahku
- Pengajaran Topik A: Seperti Apa Daerah Tempat Tinggalku Dahulu? (5 JP)
- Pengajaran Topik B: Daerahku dan Kekayaan Alamnya (7 JP)
- Pengajaran Topik C: Masyarakat di Daerahku (7 JP)
- Soal Uji Pemahaman | Lihat Disini
Bab 6 – Indonesiaku Kaya Budaya
- Pengajaran Topik A: Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku (6 JP)
- Pengajaran Topik B: Kekayaan Budaya Indonesia (8 JP)
- Pengajaran Topik C: Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya (6 JP)
- Soal Uji Pemahaman | Lihat Disini
Bab 7 – Bagaimana Mendapatkan Semua Kebutuhan Kita?
- Pengajaran Topik A: Aku dan Kebutuhanku (6 JP)
- Pengajaran Topik B: Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku (6 JP)
- Pengajaran Topik C: Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Cara Pemenuhan Kebutuhan (6 JP)
- Soal Uji Pemahaman | Lihat Disini
Bab 8 – Membangun Masyarakat yang Beradab
- Pengajaran Topik A: Norma dan Adat Istiadat di Daerahku (6 JP)
- Pengajaran Topik B: Kini Aku menjadi Lebih Tertib! (6 JP)
- Pengajaran Topik C: Awas! Kita bisa Dihukum! (7 JP)
- Soal Uji Pemahaman | Lihat Disini
Posting Komentar
Posting Komentar