Materi PAI Kelas 4 Kurikulum Merdeka - Pada akhir fase B, peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, dan mempraktikkannya dalam bacaan surah-surah pendek Al-Qur’an.
Peserta didik juga mengenal definisi Al-Qur’an dan hadis secara sederhana dan mampu menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orang tua dan guru. Peserta didik juga mampu menjelaskan sifat-sifat wājib, jāʾiz dan mustahil bagi Allah.
Peserta didik juga memahami pentingnya cinta ilmu dan pentingnya berpengetahuan luas dengan senang membaca. Peserta didik juga mengenal para nabi dan rasul Allah Swt., dan kitab-kitab yang wajib diimani. Peserta didik mulai memahami arti perbedaan dan penekanan kembali akan adanya keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullah) sehingga memberikan pengalaman baru yang berharga untuk mereka. Peserta didik mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas.
Peserta didik juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan memahami pentingnya pelaksanaan musyawarah untuk mencapai kesepakatan tertentu serta pentingnya persatuan. Pada aspek ibadah, peserta didik mampu melaksanakan salat fardu dan salat sunnah rawatib serta puasa dengan baik, serta mampu mempraktikkan ajaran memberi dalam lingkungan sosial yang beragam.
Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan kisah-kisah beberapa Nabi serta masa remaja Nabi Muhammad saw. hingga beliau diutus menjadi rasul dan membangun Kota Madinah.
Agar peserta didik dapat sampai pada capaian pembelajaran tersebut maka dilakukan kegiatan pembelajaran dengan alur dan tujuan yang mencakup ranah spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Guru dapat mengembangkan alur dan tujuan sesuai dengan capaian pembelajaran.
MATERI PELAJARAN PAI KELAS 4 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA
Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman
A. Membaca Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13
B. Memahami Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt49:13
C. Menulis Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13
D. Menghafal Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13
E. Hadis tentang Keragaman
Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna
A. Lima Asmaulhusna dan Artinya
B. Berakhlak dengan Asmaulhusna
Bab 3 Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman
A. Keragaman sebagai Sunnatullah
B. Ajaran Kebaikan dalam Islam dan Selain Islam
C. Saling Menghormati dan Menghargai Orang yang Berbeda Agama
Bab 4 Menyambut Usia Balig
A. Tanda-Tanda Usia Balig Menurut Ilmu Fikih
B. Tanda-Tanda Balig dalam Pandangan Ilmu Biologi
C. Kewajiban Setelah Usia Balig
Bab 5 Kisah Hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah
A. Sebab-Sebab Hijrah Nabi Muhammad saw.
B. Kisah Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah
C. Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw.
D. Latihan Soal Sumatif Bab 5
MATERI PELAJARAN PAI KELAS 4 SD SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA
Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi
A. Membaca Q.S. At-Tin
B. Memahami Pesan Pokok Q.S. At-Tin
C. Menulis Q.S. At-Tin
D. Menghafal Q.S. At-Tin
E. Hadis tentang Silaturahmi
F. Latihan Soal Sumatif Bab 6
Bab 7 Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah
A. Makna Iman Kepada Rasul-Rasul Allah
B. Sifat-Sifat Rasul
C. Tujuan Diutusnya Rasul
D. Latihan Soal Sumatif Bab 7
Bab 8 Aku Anak Saleh
A. Salam
B. Senang Menolong Orang Lain
C. Ciri-Ciri Munafik
D. Latihan Soal Sumatif Bab 8
Bab 9 Mengenal Salat Jumat, Duha dan Tahajud
A. Salat Jumat
B. Salat Duha
C. Salat Tahajud
D. Latihan Soal Sumatif Bab 9
Bab 10 Kisah Nabi Muhammad saw. Membangun Kota Madinah
A. Membangun Masjid
B. Menjalin Ukhuwah
C. Menggalang Kerukunan
D. Latihan Soal Sumatif Bab 10
Posting Komentar
Posting Komentar