Berikut ini SMAN2MGL bagikan Soal PPKn Kls 10 Bagian 2 UUD 1945 Unit 3 Hubungan Erat Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 pada kurikulum merdeka lengkap dengan jawaban.
Soal Essay:
Kunci Jawaban :
- Jelaskan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945!
- Berikan 2 contoh yang menunjukkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari!
- Jelaskan makna alinea pertama pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945!
- Jelaskan maksud bahwa kemerdekaan Indonesia adalah rahmat Tuhan Yang Mahakuasa!
- Jelaskan makna yang terkandung dalam alinea keempat pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945!
1. Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 yaitu:
- Hubungan formal. Artinya Pancasila dijadikan dasar dalam penyelenggaraan negara, serta sebagai norma positif. Pancasila memiliki kedudukan yang kuat dan tidak dapat diubah. Sedangkan Pembukaan UUD 1945 berkedudukan sebagai tertib hukum tertinggi
- Hubungan material. Artinya UUD 1945 merupakan kaidah hukum negara Indonesia, yang mana seluruh unsur dan pokok kaidahnya bersumber dari Pancasila. Maka dapat dikatakan jika Pancasila juga merupakan tertib hukum Indonesia.
Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 terdapat di Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 Alinea 4:
“... maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat ke- bijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”
2. Contoh yang menunjukkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari yaitu:
a. Pasal 29 UUD NRI Tahun 1945 merupakan salah satu terjemahan dan sekaligus upaya pelaksanaan sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Kaitannya dengan kehidupan peserta didik sehari-hari contohnya:
- Toleransi terhadap penganut kepercayaan dan agama lain
- Sikap tenggang rasa dan membina kerja sama dengan pemeluk agama lain.
b. Pasal 34 UUD NRI Tahun 1945 erat kaitannya dengan usaha pelaksanaan sila “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Kaitannya dengan kehidupan peserta didik sehari-hari contohnya:
- Adanya jaminan sosial
- Adanya jaminan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak
3. Makna alinea pertama pembukaan UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah kemerdekaan sebagai hak bagi semua bangsa di dunia.
Sebab kemerdekaan merupakan hak asasi sebuah bangsa yang sifatnya universal.
Upaya yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa adalah melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia.
Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
4. Maksud bahwa kemerdekaan Indonesia adalah rahmat Tuhan Yang Mahakuasa adalah sebuah motivasi spiritual perwujudan sikap dan keyakinan bangsa Indonesia terhadap Tuhan.
Bangsa Indonesia menyadari bahwa tanpa rahmat Tuhan maka bangsa Indonesia tidak akan merdeka.
Kemerdekaan yang dicapai tidak semata-mata dari jerih payah perjuangan bangsa Indonesia namun juga atas kuasa dari Tuhan.
5. Makna dalam alinea keempat pembukaan UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah pernyataan dari pemerintah negara Indonesia untuk mencapai tujuan negara.
Tujuan negara yang berdasarkan asas politik kedaulatan rakyat, bentuk negara Republik Indonesia dan dasar negara Pancasila.
Demikian Soal PPKn Kls 10 Bagian 2 UUD 1945 Unit 3 Hubungan Erat Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 Lengkap dengan Kunci Jawaban Sesuai dengan buku dan materi kurikulum merdeka.
Posting Komentar
Posting Komentar