Pejuang PPPK Guru Sejarah, kali ini Smandagala akan membagikan latihan soal dan kunci jawaban tes PPPK Guru Sejarah untuk menemani teman-teman guru semua yang sedang mempersiapkan agar lolos PPPK kelak. Latihan soal ini lebih menekankan pada aspek teknis yang terdiri dari 20 soal latihan kompetensi pedagogi dan 30 soal latihan kompetensi profesional, tipe soal yang kami racik berupa soal Pilihan Ganda yang tentunya HOTS sehingga diperlukan pemahaman yang lebih mendalam.
LATIHAN SOAL KOMPETENSI TEKNIS PPPK GURU SEJARAH TAHUN 2022
1. Siswa pada abad 21 hendaknya memiliki kecakapan dimana apa yang ditawarkan dalam bidang keahlian masing-masing harus benar-benar bisa dievaluasi secara fair, sehingga teruji, hal ini penting untuk mencari kepercayaan dalam komunikasi antarbangsa antar kultur di dalam dunia virtual. Kecakapan tersebut merupakan karakteristik siswa …
- memiliki kemampuan inisiatif yang fleksibel
- memiliki kemampuan inisiatif yang adaptif
- memiliki kecakapan dalam bidang kepemimpinan produktif dan akuntabel
- kecakapan diri secara sosial dalam interaksi antarbudaya
- memiliki kecakapan diri secara sosial dalam interaksi antarbudaya
2. Guna mewujudkan model pembelajaran yang relevan dan kondusif untuk menyiapkan siswa menjadi warga negara masyarakat global yang melek informasi dan pengetahuan abad 21, maka diperlukan strategi pembelajaran sebagai berikut, kecuali …
- Belajar kemitraan baru
- Pembelajaran langsung ke arah model pembelajaran penemuan (inquiry based model)
- Pemanfaatan teknologi diarahkan pada upaya membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan teknologis sebagai bagian dari kompetensi abad 21
- Assesmen dilakukan dengan pendekatan pedagogi transformatif
- Fokus pembelajaran pada praktik belajar lebih umum (general)
3. Menerapkan berbagai pendekatan strategi metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek…
- Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik
- Pengembangan kurikulum
- Penguasaan pada teori belajar dan prinsip – prinsip pembelajaran
- berkomunikasi pada peserta didik
- Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
4. Berikut ini manakah yang merupakan karakteristik dari teori belajar menurut pandangan behavioristik …
- Belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respons
- Belajar merupakan perubahan persepsi dan pemahaman yang tidak selalu dapat terlihat sebagai tingkah laku yang tampak, sehingga proses pembelajaran itu sendiri adalah yang paling penting dari pada hasil belajarnya.
- Belajar merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan.
- siswa sebagai pribadi sudah memiliki kemampuan awal sebelum mempelajari sesuatu. Kemampuan awal tersebut akan menjadi dasar dalam mengkonstruksi pengetahuan yang baru.
- proses belajar harus dimulai dan ditujukan untuk kepentingan memanusiakan manusia itu sendiri
5. Apakah yang dimaksud dengan Subsurnptiye sequence?
- Urutan isi pembelajaran yang dapat menjadikan lebih bermakna bagi yang belajar.
- Urutan pengajaran dimulai dengan mengajarkan isi pengajaran secara umum ke yang lebih rinci
- Keterkaitan di antara bagian-bagian bidang studi yang dituangkan dalam bentuk prasyarat belajar
- Proses belajar sebagai perolehan pengetahuan baru dalam diri seseorang dengan cara mengaitkannya dengan struktur kognitif yang sudah ada
- Urutan dalam menampilkan tugas-tugas belajar
6. Pak Eko memberikan tugas kepada siswanya untuk mengamati proses pertumbuhan kecambah dan meminta para siswa mendeskripsikan hasilnya sesuai dengan apa yang mereka amati. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pak Eko telah menerapkan teori belajar ..
- Humanistik
- Kognitif
- Behavioristik
- Kokonstruktivistik
- Konstruktivistik
7. Pak Iwan merupakan seorang guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga yang mampu dan ada pula yang miskin. Ada peserta didik yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh tani, dan pegawai swasta. Namun Pak Iwan mencoba memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada semua peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Iwan memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu ….
- Minat
- Status sosial
- Etnik
- Usia
- Kultural
8. Concrete Sequential Thinkers merupakan pemikir yang berbasis pada aktifitas fisik yang dimaknai dengan rasa. Mereka adalah detail oriented, dan mengingat merupakan hal mudah bagi mereka, sehingga jenis pembelajaran yang baik bagi mereka yaitu …
- permainan, simulasi, proyek mandiri
- simulasi, proyek mandiri, discovery learning
- belajar melalui workbook, demonstrasi, praktik laboratorium yang terstruktur
- belajar melalui membaca dan mendengarkan presentasi
- diskusi grup, ceramah, tanya jawab
9. Seorang guru dalam suatu kegiatan pembelajaran membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil berjumlah 4-6 orang dengan level dan latar belakang yang berbeda, kemudian setiap kelompok diberikan suatu permasalahan yang harus di diskusikan bersama untuk mencari Penggalan sintak di atas termasuk ke dalam model pembelajaran ….
- Problem based learning
- Project based learning
- Role playing
- Cooperative learning
- Ekspositori learnin
10. Kegiatan guru memberikan penguatan (reinforcement) berbentuk gestur di dalam kegiatan pembelajaran adalah ….
- memberikan hadiah ke seluruh siswa karena nilai rata-rata Matematik meningkat pesat
- mengangguk-anggukkan kepala disertai muka ceria kepada siswa yang menjawab dengan tepat
- menegur siswa yang salah/tidak sempurna menjawab pertanyaan
- memberikan acungan jempol terhadap respons siswa yang benar
- memberikan pujian lewat verbal secara langsung terhadap respons siswa yang benar
11. Kegiatan pembelajaran pada program bahasa pada umumnya menggunakan radio, tape recorder yang terdapat laboratorium bahasa. Jenis media pembelajaran tersebut termasuk ke dalam kelompok media …
- audio visual gerak
- audio
- visual gerak
- media visual diam
- media cetak
12. Salah satu karakteristik bahan ajar yang harus dikembangkan guru adalah self-contained, yang artinya …
- bahan ajar harus dapat dipelajari sendiri oleh peserta didik
- bahan ajar harus mampu menjelaskan sendiri karena disusun menggunakan bahasa sederhana dan sistematis
- bahan ajar harus lengkap dengan sendirinya sehingga siswa tidak perlu tergantung bahan lain
- komunikatif, dan mudah atau fleksibel dipelajari
- mudah untuk dioperasikan
13. Perhatikan rumusan indikator berikut ini :
Siswa mampu menunjukkan wilayah persebaran flora dan fauna melalui Peta Indonesia dengan ketepatan 70%.
Frase “dengan ketepatan 70%” pada indikator soal di atas termasuk ke dalam …
- Audience
- Behavior
- Condition
- Degree
- Enverontment
14. Seorang guru melakukan pengukuran terhadap hasil belajar terhadap 10 siswa, dari hasil pengukuran tersebut menunjukkan data nilai 50, 60, 60, 70, 70, 80, 80, 80, 90, dan 100.
Skala pengukuran yang diterapkan oleh guru tersebut yaitu …
- Skala Ordinal
- Skala Nominal
- Skala Interval
- Skala Rasio
- Skala Kualitatif
15. Dalam penilaian otentik, sasaran penilaian pada aspek pengetahuan pada kemampuan “recall” menggunakan kata-kata operasional yaitu …
- memperkirakan, mencirikan, merinci, membahas, menjelaskan
- menjodohkan, membuat label, membuat daftar, menyebutkan , mengenal
- menerapkan, mendemonstrasikan, mendramatisasikan, menggunakan
- menganalisis, menghitung, mengelompokkan, membandingkan
- memprediksi, memperjelas, memutuskan, memproyeksikan, menafsirkan
16. Dari hasil analisis butir soal, 10 dari 20 siswa kelompok atas menjawab benar dan hanya 4 dari 20 siswa kelompok bawah yang menjawab benar. Daya beda butir soal tersebut adalah ….
- 0,20
- 0,30
- 0,50
- 0,70
- 0,80
17. Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah …
- Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
- Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
- Menganalisis kemampuan peserta didik
- Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar
- mencari siswa yang mengalami gejala terparah (yang nilainya jauh di bawah siswa penderita kesulitan belajar lainnya)
18. Salah satu bentuk penilaian keterampilan yang sering dilakukan guru adalah .…
- Penugasan portofolio
- Penugasan proyek
- Penilaian kinerja
- Tes tertulis
- Penilaian sikap
19. Pembelajaran ini sangat cocok untuk mereview pengetahuan awal siswa. Informasi kompetensi, sajian permasalahan terbuka, siswa berkelompok untuk menanggapi dan membuat berbagai alternatif jawaban, presentasi hasil diskusi kelompok, siswa membuat kesimpulan dari hasil setiap kelompok, evaluasi dan refleksi merupakan model pembelajaran…
- Mind Mapping
- STAD
- Jigsaw
- Debate
- Resiprokal
20. Perhatikan komponen berikut ini!
- Masyarakat belajar
- Refleksi
- Inquiri
- Menyenangkan
- Permainan
Terdapat tujuh komponen penting dalam pembelajaran CTL, diantaranya yang paling tepat yaitu …
- 1, 2, dan 3
- 1, 3, dan 5
- 2, 3, dan 4
- 2, 4, dan 5
- 3, 4, dan 5
21. Teknik membuat peralatan dari logam dengan membuat cetakan dari batu sehingga bisa digunakan berulang-ulang disebut….
- A cire perdu
- Pro parte
- Bivalve
- A priori
- A perdu
22. Perhatikan konsep-konsep berikut ini!
- Kapak bahu
- Chopper
- Kapak lonjong
- Flakes
- Peralatan batu belum diasah
- Pebble
- Peralatan batu sudah diasah
Berdasarkan konsep diatas, manakah yang termasuk kedalam kebudayaan paleolithikum – mesolithikum
- 1, 2, 3, dan 4
- 1, 3, 5, dan 7
- 2, 4, 5, dan 6
- 3, 5, 6, dan 7
- 4, 5, 6, dan 7
23. Di bawah ini terdapat ciri-ciri kehidupan manusia pada zaman Pra-Sejarah:
- Menggunakan peralatan dari logam untuk beberapa aktivitas
- Didalam pembagian kelompok masyarakat, terdapat kelompok terampil sebagai golongan menengah
- Memiliki kemampuan membuat bangunan-bangunan besar sebagai tempat beribadah
- Membuat wadah dari gerabah
- Hidup menetap
Ciri-ciri diatas menunjukan kehidupan masyarakat praaksara pada periode… .
- food producing
- agraris terbuka
- perundagian
- food gathering
- hunting and gathering
24. Sebagian dari bangsawan nusantara ada yang memutuskan untuk memeluk agama Hindu agar memperoleh penetapan sebagai kasta kesatria melalui upacara yang diperantarai oleh kaum brahmana. Upacara tersebut yaitu …
- Upacara grebeg maulud
- Upacara wratyastoma
- Upacara rig vedda
- Upacara nyepi
- Upacara ngaben
25. Bukti yang membenarkan teori bahwa kerajaan Kutai merupakan kerajaan bercorak Hindu tertua di Indonesia adalah…
- Penemuan 7 buah prasasti Yupa di muara Sungai Kapuas, Kalimantan Timur
- Raja pertama kerajaan Kutai merupakan keturunan langsung dari kepala suku yang belum memeluk agama Hindu
- Informasi dari pedagang Cina tentang hubungan diplomatik kekaisaran Cina dengan kerajaan Kutai
- Lokasi kerajaan Kutai yang langsung berhubungan dengan Laut Hindia
- Lokasi kerajaan dekat dengan pusat agama hindu
26. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim pertama di Indonesia yang menerapkan konsep wawasan Nusantara sehingga bisa mempersatukan hampir seluruh wilayah Nusantara di bawah kekuasaannya. Namun menjelang berakhirnya abad ke 13, kerajaan ini mengalami kemunduran. Hal yang menyebabkan kemunduran kerajaan Sriwijaya tersebut adalah ….
- Munculnya dominasi para pelaut barat di perairan Nusantara
- Adanya tekanan dari kerajaan Singosari yang sedang melakukan ekspedisi Pamalayu di bawah pemerintahan Kertanegara
- Pusat pelajaran agama Budha di Asia Tenggara pindah ke wilayah kerajaan Ayodhya
- Adanya serangan dari bangsa Portugis yang berniat menguasai perairan Sumatera
- Adanya serangan dari bangsa Spanyol yang berniat menguasai perairan Sumatera
27. Fakta budaya yang menunjukkan bahwa agama Islam yang berkembang di Indonesia mendapat pengaruh dari perisa adalah….
- adanya upacara tahlilan untuk mengenang orang yang sudah meninggal dunia
- berkembangnya tradisi mudik menjelang hari Raya Idul Fitri
- munculnya peringatan hari Assyuro yang diperingati setiap tanggal 10 Muharam
- dirayakannya hari kelahiran Nabi Muhammad saw. melalui tradisi mauludan
- dirayakannya hari wafatnya Nabi Muhammad saw. melalui tradisi grebeg maulud
28. Pernyataan benar yang menunjukkan proses masuknya agama Islam ke Nusantara adalah….
- masyarakat pesisir Nusantara merupakan kelompok terakhir yang memeluk agama Islam di Indonesia
- bangsawan Hindu dan Budha merupakan kelompok pertama yang menerima ajaran Islam
- Sunan Giri memiliki peran dalam proses penyebaran agama Islam di Maluku
- masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman merupakan kelompok masyarakat yang pertama kali memeluk agama Islam
- masyarakat yang tinggal di pesisir merupakan kelompok masyarakat yang terakhir memeluk agama Islam
29. Pendekatan budaya dalam proses penyebaran agama Islam di Indonesia yang dilakukan oleh para mubalig dapat dilihat dari pernyataan di bawah ini, yaitu….
- Sunan Gresik memperkenalkan Islam ketika mengobati warga yang sedang sakit
- Sunan Kalijaga memperkenalkan Islam melalui pementasan wayang kulit
- Tari Kecak menjadi salah satu media penyebaran agama Islam di Pulau Bali
- Wayang golek menjadi salah satu media penyebaran agama Islam di Pulau Sumatra
- Wayang kulit menjadi salah satu media penyebaran agama Islam di Pulau Kalimantan
30. Perkembangan kerajaan Malaka tidak dapat dilepaskan dari majunya sektor perdagangan di kerajaan tersebut. Berikut ini yang merupakan karakteristik dari perdagangan di Malaka, yaitu….
- Kegiatan perdagangan di Malaka dijalankan oleh para pedagang dari Cina dan Arab
- Raja dan pejabat kerajaan ikut terlibat secara aktif dalam perdagangan, melalui kepemilikan kapal, serta nahkoda dan awak kapal yang bekerja padanya
- Raja tidak terlibat dalam kegiatan perdagangan dan menyerahkan urusan perdagangan kepada para saudagar yang tinggal di pesisir Malaka
- pedagang-pedagang yang berasal dari Arab, Persia, dan India dibebaskan dari bea cukai
- Kegiatan perdagangan di Malaka dijalankan oleh para pedagang dari Eropa
31. Dalam dunia perdagangan di Eropa, peran bangsa Belanda adalah sebagai penyalur rempah-rempah hingga ke Eropa Tengah. Faktor yang mendorong terjadinya perubahan peran Belanda dalam perdagangan rempah-rempah di Eropa dengan mencari sendiri pusat rempah-rempah hingga ke Nusantara adalah….
- pelarangan kapal-kapal dagang milik Belanda untuk berlabuh di Venezia oleh pemerintah Katolik Roma
- penutupan pelabuhan Lisabon bagi kapal-kapal dagang milik Belanda oleh Portugis karena permintaan Spanyol
- munculnya spirit kapitalisme untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya
- keinginan bangsa Belanda untuk membangun negerinya agar lebih maju dari Portugis
- keinginan bangsa Spanyol untuk membangun negerinya agar lebih maju dari Portugis
32. Perjalanan panjang bangsa Belanda menuju wilayah Indonesia diawali oleh kedatangan Cornelis de Houtman di Pantai Banten pada tahun 1596. Walaupun Ia bersama armadanya datang kembali ke Belanda dengan tangan kosong karena diusir oleh rakyat Banten, ia disambut sebagai pahlawan oleh rakyat Belanda. Arti penting usaha Cornelis de Houtman bagi pemerintah Kerajaan Belanda adalah….
- Cornelis de Houtman berhasil menemukan jalur yang berbeda dengan portugis untuk mencapai Nusantara
- Cornelis de Houtman berhasil melumpuhkan armada portugis di Selat Malaka
- Cornelis de Houtman berhasil menunjukkan kekuatan angkatan perang Belanda kepada rakyat Indonesia
- Cornelis de Houtman berhasil menemukan ladang emas di pulau-pulau yang ia lalui
- Cornelis de Houtman berhasil menemukan pertanian rempah-rempah di pulau-pulau yang ia lalui
33. Latar belakang yang mendorong lahirnya organisasi Tri Koro Darmo adalah….
- Kekecewaan para pemuda yang menilai organisasi Budi Utomo tidak memedulikan nasib wong cilik
- Kekecewaan para pemuda yang melihat arah perjuangan Budi Utomo telah disusupi oleh kepentingan pemerintah kolonial Belanda
- Kekecewaan para pemuda yang melihat organisasi Budi Utomo telah dikuasai oleh kelompok bangsawan dan pegawai negeri
- Kekecewaan para pemuda yang menilai organisasi Budi Utomo tidak memedulikan ajaran agam Islam
- Tidak ada jawaban yang tepat
34. Organisasi politik yang beranggotakan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di negeri Belanda dikenal dengan nama….
- Indische Partij
- Indische Vereegining
- Indische Sociaal Democatische Vereeniging
- Perhimpunan Bangsa Indonesia
- Indische Democatische Vereeniging
35. Kondisi politik di Indonesia yang mendorong lahirnya pergerakan nasional di Indonesia pada abad ke 20 di Indonesia antara lain adalah….
- hilangnya wibawa pemimpin lokal (bupati dan raja/ sultan) karena statusnya menjadi pegawai kolonial
- kekalahan pasukan kolonial Belanda dalam sebuah pertempuran melawan tentara Jepang
- kemenangan Jepang dalam pertempuran melawan Rusia pada tahun 1905
- tingginya beban pajak yang harus ditanggung oleh rakyat
- tingginya beban pajak yang harus ditanggung pemerintah
36. Faktor ekstern dari ketidakstabilan politik dan pemerintahan pada awal kemerdekaan adalah ….
- adanya persaingan antar partai politik
- adanya gangguan keamanan dalam negeri
- adanya gangguan keamanan dari luar negeri
- bangsa Indonesia masih mencari sistem pemerintahan yang cocok
- kedatangan Sekutu yang diboncengi NICA dan Jepang masih memperhatikan status quo sampai sekutu datang
37. Demi perkembangan demokrasi, BP-KNIP menganjurkan rakyat untuk mendirikan partai-partai politik sebagai pembuktian bahwa demokrasi rakyat dijamin eksistensinya oleh Pemerintahan RI. Hal ini diusulkan dalam sidang BP-KNIP dan disetujui oleh presiden, maka kerluarlah …
- Dekrit Presiden 5 Juli 1959
- Maklumat Presiden No. X Tahun 1945
- Maklumat Presiden No. XX Tahun 1945
- Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945
- Maklumat Pemerintah tanggal 3 Oktober 1945
38. Munculnya Dewan Banteng, Dewan Gajah, dan Dewan Garuda disebabkan oleh ….
- perebutan jabatan di Sumatra Barat
- perebutan jabatan di Sumatra Utara
- munculnya kelas-kelas dalam masyarakat di Selawesi Selatan
- perebutan jabatan Kapolres di sebuah kabupaten di Selawesi Selatan
- ketidakpuasan beberapa di Sumatra dan Sulawesi terhadap dana pembangunan dan pemerintahan pusat
39. Rekonstruksi dan rasionalisasi (rera) angkatan perang pada tahun 1948 dimaksudkan untuk ….
- menghadapi Pemberontakan PKI
- mengurangi beban ekonomi dan meningkatkan mutu angkatan perang
- meningkatkan mutu angkatan perang dan meningkatkan dwifungsi POLRI
- meningkatkan mutu angkatan perang dan meningkatkan dwifungsi ABRI
- memecat anggota angkatan perang yang sudah tua
40. Kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, yakni Rencana Produksi Lima Tahun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan pada Kabinet Hatta yang disebut ….
- Surachman Plan
- Kasimo Plan
- Sumitro Djojohadikusumo Plan
- Iskaq Cokrohadisuryo Plan
- Pakta Warsawa
41. Pimpinan dari Gerakan DI/TII Jawa Tengah, saat itu menjabat sebagai ….
- Komandan Laskar Hisbullah di front Tulangan, Sidoarjo, dan Mojokerto
- Komandan Laskar Hisbullah di front Brebes, Tegal, dan Pekalongan
- Komandan Laskar Hisbullah di front Aceh, Jawa Tengah, dan Jawa Barat
- Komandan Laskar Hisbullah di front Brebes, Sidoarjo, dan Mojokerto
- Komandan Laskar Hisbullah di front Makassar, Gowa, dan Ternate
42. Latar belakang terjadinya Pemberontakan Andi Azis adalah ….
- tidak menyetujui Indonesia timur bergabung ke NKRI
- ketidakpuasan daerah terhadap alokasi biaya dan pembangunan dari pusat
- membentuk Negara Islam
- bergabung ke Negara Islam Kartosuwiryo
- Tidak ada jawaban yang tepat
43. Usaha pemerintah dalam mengatasi Gerakan DI/TII Kartosuwiryo adalah ….
- pembersihan terhadap antek-antek Kartosuwiryo
- musyawarah dan pengarahan pasukan TNI
- menghukum Kartosuwiryo
- penyerangan terhadap Kartosuwiryo
- menangkap Kartosuwiryo
44. Pemberontakan PKI Madiun merupakan puncak ketidakpuasan salah seorang tokoh oposan setelah jatuh dari Kabinet, ialah ….
- Amir Syarifudin
- Muso
- Aidit
- Alimin
- Samsudin
45. Berikut ini adalah berbagai persiapan PKI sebelum melancarkan pengkhianatan melalui Gerakan September 1965, kecuali ….
- menggalang kekuatan massa dengan mendirikan berbagai organisasi
- melakukan infiltrasi ke dalam tubuh ABRI
- menyebarkan isu Dewan Jendral
- menculik para perwira tinggi yang tidak mau tunduk pada PKI
- menyerang para perwira tinggi yang tidak mau tunduk pada PKI
46. Operasi penumpasan G-30-S/PKI pertama di ibu kota yang dilancarkan oleh pasukan RPKAD dan pasukan Kujang Siliwangi diarahkan ke ….
- Lubang Buaya dan Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma
- Gedung RRI dan TVRI
- Gedung RRI dan Telkom Pusat
- Istana negara dan Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma
- Gedung Merdeka
47. Menurut Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo, tujuan mengubah struktur ekonomi nasional di bidang perdagangan dapat berhasil jika ….
- pemerintah membatasi impor barang jadi
- pemerintah menggalakkan ekspor barang jadi
- di Indonesia tumbuh kelas pengusaha
- pemerintah memberdayakan ekonomi kerakyatan
- Tidak ada jawaban yang tepat
48. Dewan Konstituante yang dibentuk berdasarkan hasil pemilu yang pertama tahun 1955 mempunyai tugas …..
- Mengamendemen undang-undang republik Indonesia serikat
- menetapkan undang-undang yang telah disusun oleh pemerintah
- mengadakan pengawasan terhadap jalannya pemerintah
- menyusun dan menetapkan Undang-Undang Dasar Sementara
- menyusun Undang-Undang Dasar yang baru
49. Tujuan dilaksanakannya sistem ekonomi Gerakan Banteng adalah ….
- memberikan bantuan kredit kepada para pengusaha pribumi agar dapat bersaing dengan pengusaha ekonomi
- menghindarkan persaingan antara pengusaha pribumi dan pengusaha nonpribumi
- membatasi masuknya pengusaha swasta asing ke Indonesia
- membatasi masuknya pengusaha swasta dalam negeri di Indonesia
- memberikan perlindungan kepada industri dalam negeri dari persaingan industri swasta asing
50. Berikut ini yang bukan mendasari dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah ….
- Pemungutan suara Dewan Konstituante secara aklamasi menghendaki untuk kembali ke UUD 1945
- Dewan Konstituante gagal untuk merumuskan UUD baru
- Dewan Konstituante tidak mampu untuk memutuskan kembali ke UUD 1945
- Dewan Konstituante mengadakan reses dengan batas waktu yang tidak ditentukan
- Dewan Konstituante tidak mampu untuk memutuskan kembali ke UUD RIS 1950
Untuk Bahan Referensi, Silahkan Diunduh :
KUNCI JAWABAN
LATIHAN SOAL KOMPETENSI TEKNIS PPPK GURU SEJARAH
No. | Kunci | No. | Kunci | No. | Kunci | No. | Kunci | No. | Kunci |
1 | C | 11 | B | 21 | C | 31 | B | 41 | A |
2 | E | 12 | C | 22 | C | 32 | A | 42 | A |
3 | C | 13 | D | 23 | C | 33 | C | 43 | B |
4 | A | 14 | A | 24 | B | 34 | B | 44 | A |
5 | B | 15 | B | 25 | A | 35 | A | 45 | A |
6 | E | 16 | B | 26 | B | 36 | E | 46 | C |
7 | B | 17 | C | 27 | C | 37 | E | 47 | C |
8 | C | 18 | C | 28 | C | 38 | E | 48 | E |
9 | D | 19 | A | 29 | B | 39 | A | 49 | E |
10 | B | 20 | A | 30 | C | 40 | B | 50 | A |
Posting Komentar
Posting Komentar