Soal dan Kunci Jawaban Tes PPPK Guru Sosiologi Tahun 2022

Posting Komentar

Pejuang PPPK Guru Sosiologi, kali ini Smandagala akan membagikan latihan soal dan kunci jawaban tes PPPK Guru Sosiologi untuk menemani teman-teman guru semua yang sedang mempersiapkan agar lolos PPPK kelak. Latihan soal ini lebih menekankan pada aspek teknis yang terdiri dari 20 soal latihan kompetensi pedagogi dan 30 soal latihan kompetensi profesional, tipe soal yang kami racik berupa soal Pilihan Ganda yang tentunya HOTS sehingga diperlukan pemahaman yang lebih mendalam.

LATIHAN SOAL KOMPETENSI TEKNIS PPPK GURU SOSIOLOGI Tahun 2022

1. Guna mewujudkan model pembelajaran yang relevan dan kondusif untuk menyiapkan siswa menjadi warga negara masyarakat global yang melek informasi dan pengetahuan abad 21, maka diperlukan strategi pembelajaran sebagai berikut, kecuali …

  1. Belajar kemitraan baru
  2. Pembelajaran langsung ke arah model pembelajaran penemuan (inquiry based model)
  3. Pemanfaatan teknologi diarahkan pada upaya membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan teknologis sebagai bagian dari kompetensi abad 21
  4. Assesmen dilakukan dengan pendekatan pedagogi transformatif
  5. Fokus pembelajaran pada praktik belajar lebih umum (general)

2. Menerapkan berbagai pendekatan strategi metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek…

  1. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik
  2. Pengembangan kurikulum
  3. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip – prinsip pembelajaran
  4. berkomunikasi pada peserta didik
  5. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

3. Dalam pendidikan abad 21 kemampuan guru dalam posisinya sebagai fasilitator, mengharuskan ia mengubah cara berpikir bahwa guru adalah pusat (teacher center) menjadi siswa adalah  pusat (student center) sebagaimana dituntut dalam kurikulum 13 dengan cara …

  1. Guru membatasi penggunaan perangkat teknologi di sekolah
  2. Guru memosisikan diri sebagai mitra belajar bagi siswa
  3. Guru sosok seorang yang serba tahu karena sumber belajar dalam era digital masih bersifat terbatas
  4. Guru memosisikan diri sebagai agen of change bagi siswa dan masyarakat pada umumnya
  5. Guru memosisikan diri sebagai sumber belajar yang utama yang dapat diakses oleh siswa dengan sangat mudah

4. Tawaran evolusi pembelajaran Massive Open Online Course (MOOC) dan Artificial Intellegent (AI) serta teknologi Virtual Reality (VR) dan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pemanfaatan internet (Cloud) akan menggeser kelas-kelas tradisional. Evolusi pembelajaran tersebut memunculkan pertanyaan kritis, “masih relevankah peran guru ke depan?

  1. Guru tetap penting karena guru satu-satunya sumber belajar yang dapat diakses dengan sangat mudah
  2. Guru tetap penting karena dapat membantu siswa melalui pembelajaran konvensional
  3. Peran guru akan tergantikan oleh mesin-mesin teknologi informasi dan komunikasi
  4. Peran guru penting karena ke depannya guru yang mengajarkan kepada siswa cara menggunakan Artificial Intellegent (AI) serta teknologi Virtual Reality (VR)
  5. Guru tetap penting karena interaksi antara guru dan peserta didik sesungguhnya merupakan idiosyncratic response

5. Berikut ini yang merupakan contoh program-program pembelajaran yang berpedoman kepada teori belajar behavioristik, yaitu …

  1. Drilling, teaching machine, group investigation
  2. Programmed Instruction, drilling, discovery learning
  3. Group investigation, modul, Discussion
  4. Programmed Instruction, teaching machine, modul
  5. Teaching machine, group investigation, discovery learning

6. Setiap siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk ialur-jalur sel otak baru, dan jika mengulangi pengalaman/aktivitasnya akan mengembangkan jalur-jalur yang telah ada. artinya….

  1. Pengalaman belajar harus sesuai dengan teori belajar
  2. Kegiatan setiap hari merupakan pengalaman belajar
  3. Belajar mengetahui cara kerja sesuatu
  4. Kegiatan bereksperimen dan mencipta sangat penting
  5. Belajar dengan menirukan orang dewasa

7. Proses belajar harus dimulai dan ditujukan untuk kepentingan memanusiakan manusia itu sendiri, di mana dalam prosesnya lebih banyak berbicara tentang konsep-konsep pendidikan untuk membentuk manusia yang dicita-citakan, serta tentang proses belajar dalam bentuknya yang paling ideal. Teori tersebut merupakan ….

  1. Teori Behavioristik
  2. Teori Kognitif
  3. Teori Konstruktivistik
  4. Teori Humanistik
  5. Teori Kontemporer

8. Concrete Sequential Thinkers merupakan pemikir yang berbasis pada aktifitas fisik yang dimaknai dengan rasa. Mereka adalah detail oriented, dan mengingat merupakan hal mudah bagi mereka, sehingga jenis pembelajaran yang baik bagi mereka yaitu …

  1. permainan, simulasi, proyek mandiri
  2. simulasi, proyek mandiri, discovery learning
  3. belajar melalui workbook, demonstrasi, praktik laboratorium yang terstruktur
  4. belajar melalui membaca dan mendengarkan presentasi
  5. diskusi grup, ceramah, tanya jawab

9. Perhatikan pernyataan berikut ini!

  1. Pembelajaran terfokus pada keterkaitan antar disiplin (inter disipliner dan multi disipliner)
  2. Guru membagi siswa kedalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang
  3. penyelidikan autentik
  4. Dalam kelompok terdapat tim ahli untuk memecahkan permasalahan yang diajukan oleh guru
  5. Peran guru sebagai teacher-asisted instruction

Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik yang tepat model Problem Based Learning (PBL) yaitu …

  1. 1, 2, dan 3
  2. 1, 3, dan 5
  3. 2, 3, dan 4
  4. 2, 3, dan 5
  5. 3, 4, dan 5

10. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di mana siswa mencoba untuk mengategorikan objek-objek dengan perbedaan-perbedaan yang nyata berdasarkan karakteristik umum, menggunakan strategi pembelajaran ….

  1. berpikir deduktif
  2. berpikir induktif
  3. berpikir parsial
  4. berpikir terpadu
  5. berpikir konseptual

11. Untuk menganalisis wilayah rawan longsor, siswa memerlukan peta tanah, peta kemiringan lereng, peta tata guna lahan dan peta geologi untuk mempermudah dalam proses analisisnya. Pemanfaatan media oleh siswa tersebut menunjukkan fungsi media sebagai …

  1. Sumber belajar
  2. Alat bantu dalam pembelajaran
  3. Lingkungan belajar
  4. Modul pembelajaran
  5. Distributor pesan

12. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut yang menggambarkan upaya guru pelajaran Matematika di kelas dengan pokok bahasan bentuk -bentuk bidang geometris, luas dan keliling.

  1. Guru menunjukkan meja dan papan tulis sebagai bidang persegi panjang
  2. Guru menunjukkan tegal keramik di lantai sebagai bidang persegi empat
  3. Guru memakai bola basket untuk menjelaskan jari-jari lingkaran
  4. Guru menunjukkan trompet untuk menjelaskan garis pelukis kerucut

Dari pernyataan di atas manakah yang paling tepat menggambarkan upaya guru memanfaatkan unsur-unsur yang ada di kelas tersebut sebagai media pembelajaran adalah …

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4
  5. 3 dan 4

13. Perhatikan rumusan indikator berikut ini :

Siswa mampu menunjukkan wilayah persebaran flora dan fauna melalui Peta Indonesia dengan ketepatan 70%.

Frase “dengan ketepatan 70%” pada indikator soal di atas termasuk ke dalam …

  1. Audience
  2. Behavior
  3. Condition
  4. Degree
  5. Enverontment

14. Penetapan lulus dan tidak lulus, kompeten dan tidak kompeten, baik dan tidak baik, memuaskan dan tidak memuaskan suatu hasil belajar merupakan bentuk dari …

  1. Measurement
  2. Pengukuran
  3. Post Test
  4. Penilaian
  5. Tes

15. Siswa ditugaskan oleh guru untuk mencatat perasaan mereka terhadap suatu pelajaran, kesulitan yang dialami, atau keberhasilan di dalam memecahkan masalah atau topik tertentu dan berbagai macam catatan dan komentar. Penilaian yang sebaiknya dilakukan oleh guru berdasarkan catatan siswa tersebut yaitu …

  1. Penilaian Kinerja
  2. Penilaian Proyek
  3. Portofolio
  4. Jurnal
  5. Penilaian Diri

16. Masalah yang dipilih untuk diangkat sebagai masalah PTK adalah yang memiliki nilai yang bukan sesaat, tetapi memiliki ….

  1. Nilai strategis bagi keberhasilan pembelajaran lebih lanjut
  2. Memungkinkan diperolehnya model tindakan efektif
  3. Dapat dipergunakan untuk memecahkan masalah serumpun
  4. Memiliki kadar kegiatan yang beragam
  5. Aspek yang disenangi oleh siswa

17. Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……

  1. Tantangan internal dan Eksternal
  2. Responsibility
  3. Reinforced
  4. Enriched
  5. Inovation

18. Salah satu bentuk penilaian keterampilan yang sering dilakukan guru adalah .…

  1. Penugasan portofolio
  2. Penugasan proyek
  3. Penilaian kinerja
  4. Tes tertulis
  5. Penilaian sikap

19. Pembelajaran ini sangat cocok untuk mereview pengetahuan awal siswa. Informasi kompetensi, sajian permasalahan terbuka, siswa berkelompok untuk menanggapi dan membuat berbagai alternatif jawaban, presentasi hasil diskusi kelompok, siswa membuat kesimpulan dari hasil setiap kelompok, evaluasi dan refleksi merupakan model pembelajaran…

  1. Mind Mapping
  2. STAD
  3. Jigsaw
  4. Debate
  5. Resiprokal

20. Cooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada …

  1. Debat
  2. Diskusi kelas
  3. Penerapan fieldtrip
  4. Belajar dalam kelompok kecil
  5. Belajar dalam kelompok besar

21. Dewasa ini, permasalahan kemiskinan di perkotaan tidak dapat diuraikan dari satu aspek saja, melainkan harus ditelaah secara menyeluruh karena menyangkut permasalahan-permasalahan lain yang bersifat multidimensional. Diperlukan kajian yang mendalam mengenai sebab serta dampak dari munculnya permasalahan kemiskinan di perkotaan. Dalam hal ini ilmu sosiologi dapat digunakan untuk menelaah permasalahan tersebut melalui berbagai pendekatan ilmiah.

Terkait dengan gejala di atas, sosiologi dapat berfungsi sebagai …

  1. penelitian sosial
  2. perencanaan sosial
  3. kebijakan nasional
  4. pembangunan sosial
  5. evaluasi sosial

22. Ketika lampu lalu lintas menunjukkan warna merah, setiap pengemudi kendaraan bermotor di jalan raya akan menghentikan kendaraannya lalu menunggu lampu menunjuk warna hijau agar bisa kembali melanjutkan perjalanannya. Tindakan yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor tersebut ditinjau dari unsur-unsur terciptanya keteraturan sosial termasuk …

  1. pola
  2. nilai sosial
  3. keajegan
  4. order
  5. tertib sosial

23. Sejak masuk bangku sekolah dasar, Anita tidak lagi menjadi anak yang manja. Setiap ada pekerjaan yang bisa dia lakukan, Anita tidak lagi merengek kepada ayah untuk membantu menyelesaikan apa yang sudah seharusnya menjadi tugasnya. Fungsi agen sosialisasi sekolah bagi Anita adalah …

  1. mencari kawan sebagai penambah kebutuhan sosialnya
  2. menambah pengalaman hidup sehingga bisa lebih memaknai arti kehidupan
  3. memahami beban pekerjaan ayahnya dalam mencari nafkah keluarga
  4. membantu untuk mandiri dengan tidak lagi selalu mengandalkan dan mengharapkan selalu dibantu orang tuanya
  5. membentuk kepribadian yang lebih peka terhadap lingkungan sekitar

24. Harry setiap pagi selalu menonton televisi sebelum berangkat bekerja. Acara televisi yang Harry sukai adalah berita tentang selebriti-selebriti tanah air. Tak jarang Harry mengikuti gaya hidup selebriti favoritnya sesuai dengan yang diberitakan dalam acara televisi. Media atau agen sosialisasi yang berperan dalam membentuk kepribadian Harry adalah …

  1. keluarga
  2. sekolah
  3. media massa
  4. lingkungan kerja
  5. kelompok persahabatan

25. Rio merupakan seorang lulusan SMA yang bekerja di sebuah pabrik tekstil. Sebagai seorang kakak, Rio tidak pernah bosan mengingatkan adiknya yang masih duduk di bangku sekolah menengah untuk rajin menabung supaya kelak bisa digunakan untuk biaya kuliah. Karena setiap hari selalu diingatkan, adiknya secara perlahan memiliki tabungan dengan jumlah uang yang tidak sedikit sehingga bisa digunakan untuk modal kuliah di Perguruan Tinggi favoritnya.

Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial di atas adalah …

  1. imitasi
  2. identifikasi
  3. sugesti
  4. simpati
  5. motivasi

26. Bentuk akomodasi di mana pihak-pihak yang bertentangan mempunyai kekuatan berimbang dan akhirnya kedua belah pihak berhenti untuk tidak melanjutkan pertentangan. Mereka tidak mungkin merangsek maju dalam konflik (karena kekuatan seimbang) ataupun mundur dari konflik (karena harga diri masing-masing pihak dan keinginan yang belum terpenuhi), mereka berhenti dengan moratorium bersama, yaitu …

  1. koersi
  2. mediasi
  3. kompromi
  4. arbitrasi
  5. stalamate

27. Perhatikan beberapa perilaku dibawah ini!

  1. Handy dan Dinda saling berjabat tangan ketika berjumpa
  2. seorang pemateri memberikan materi kuliah umum di hadapan peserta seminar
  3. Lusi dan Diana saling menyapa ketika berdampingan duduk di halte
  4. Lionel Messi meminta tolong kepada asistennya untuk menyampaikan berita cedera yang dialaminya pasca pertandingan melawan Real Madrid
  5. Arin menelepon Suna untuk membicarakan proyek makalah yang sedang mereka kerjakan

Berdasarkan pernyataan di atas, yang menunjukkan kontak primer adalah

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (1), (2), dan (4)
  3. (1), (3), dan (5)
  4. (2), (3), dan (5)
  5. (2), (3), dan (4)

28. Seorang pegawai swasta mengalami stres berat akibat dipecat dari perusahaannya. Dalam keadaan seperti itu, ia kemudian melakukan tindakan bunuh diri dengan cara meminum racun serangga. Faktor penyebab terjadinya perilaku penyimpangan tersebut adalah …

  1. sosialisasi tidak sempurna
  2. anomie
  3. hubungan diferensiasi sosial
  4. labelling
  5. sosialisasi sempurna

29. Perhatikan perilaku penyimpangan berikut ini!

  1. Ani terlambat masuk sekolah karena bangun kesiangan
  2. Budi dan Andi ikut minum secangkir minuman kelas dalam sebuah pesta ulang tahun
  3. Rusmin mencari uang dengan cara merampok atm bank
  4. Hendro melanggar lampu lalu lintas karena jalanan sepi
  5. Waltika selalu menyontek setiap mengikuti ujian di sekolah

Berdasarkan contoh perilaku penyimpangan sosial di atas yang menunjukkan perilaku penyimpangan primer adalah…

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (1), (2), dan (4)
  3. (1), (3), dan (5)
  4. (2), (3), dan (5)
  5. (2), (3), dan (4)

30. Perhatikan contoh pengendalian sosial di bawah ini!

  1. polisi lalu lintas mengingatkan pengendara kendaraan bermotor untuk menghidupkan lampu di siang hari
  2. seorang ibu mengingatkan kepada putrinya untuk tidak pulang dari sebuah pesta terlalu larut karena berbahaya bagi keselamatan
  3. guru menegur siswa yang kedapatan mengerjakan PR di sekolah
  4. polisi lalu lintas menilang pengendara sepeda bermotor yang suara knalpotnya bising
  5. hakim menjatuhkan vonis hukuman mati kepada tersangka teroris

Berdasarkan contoh pengendalian sosial di atas, yang menunjukkan tindak pengendalian sosial preventif adalah…

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (1), (2), dan (4)
  3. (1), (3), dan (5)
  4. (2), (3), dan (5)
  5. (2), (3), dan (4)

31. Masyarakat kampung naga dikenal sebagai masyarakat yang ramah terhadap lingkungan hidup, menciptakan suasana lingkungan Kampung Naga jauh dari ancaman bencana alam. Hal tersebut tidak terlepas dari aturan adat kampung naga yang melarang warganya menebang pohon di hutan.

Berdasarkan ilustrasi di atas, peran lembaga adat sebagai pengendali sosial adalah…

  1. sebagai pengatur hubungan antara sesama masyarakat adat
  2. sebagai peletak dasar nilai sopan santun dalam masyarakat
  3. sebagai pijakan filosofis masyarakat adat dalam berhubungan dengan alam
  4. sebagai aturan yang memaksa
  5. sebagai landasan konstitusional dalam menjalankan pemerintahan adat

32. Perhatikan contoh kedudukan sosial di bawah ini!

  1. bangsawan Jawa mendapatkan kedudukan terhormat dalam masyarakat melalui garis keturunan yang dimiliki
  2. setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun, Dodi akhirnya mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan
  3. sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya dalam memajukan perkoperasian di Indonesia, Drs. Moh Hatta diberi gelar Bapak Koperasi Indonesia
  4. karena usahanya untuk mengusir Portugis dari Maluku, Dipati Unus dijuluki sebagai Pangeran Sabrang Lor
  5. Soekarno mendapat julukan Penyambung Lidah Rakyat karena pidato-pidatonya yang selalu menyoroti nasib rakyat kecil.

Yang termasuk ke dalam kategori assigned status adalah…

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (1), (2), dan (4)
  3. (1), (3), dan (5)
  4. (2), (3), dan (5)
  5. (3), (4), dan (5)

33. Upaya pembersihan lokalisasi Gang Dolly di Surabaya yang dilakukan oleh Walikota Surabaya mendapat dukungan sekaligus penolakan dari warga sekitar Gang Dolly. Sebagian masyarakat yang tinggal di daerah tersebut sangat mendukung upaya pembersihan tersebut. Namun berbeda halnya dengan sebagian masyarakat lagi yang melakukan aktivitas ekonomi di kawasan Gang Dolly yang dengan tegas menolak pembersihan sekaligus penutupan lokalisasi terbesar di kawasan Asia Tenggara tersebut. Munculnya kedua kelompok yang kemudian mendorong konflik di antara mereka disebabkan oleh faktor

  1. proses perubahan yang terlalu cepat
  2. perbedaan kualitas individu
  3. tuntutan persaingan yang tinggi
  4. perbedaan mata pencaharian masyarakat
  5. perkembangan kebudayaan kelompok

34. SBY merupakan salah satu menteri dalam kabinet Gotong Royong masa pemerintahan Megawati Soekarno Putri. Namun di penghujung pemerintahan kabinet gotong royong, SBY dan Megawati terlibat konflik yang menyebabkan terhentinya komunikasi langsung di antara keduanya hingga saat ini. Dampak negatif konflik dari deskripsi tersebut adalah …

  1. hubungan dalam kelompok yang terputus
  2. berubahnya kepribadian individu
  3. dominasi satu kelompok atas lainnya
  4. banyak muncul keinginan pribadi
  5. komunikasi yang terhambat

35. Serikat pekerja dan pengusaha yang saling bersitegang karena ketidaksepahaman masalah kenaikan gaji meminta kepada pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja untuk menyelesaikan masalah tersebut. Upaya akomodasi yang sesuai dengan deskripsi tersebut adalah…

  1. arbitrasi
  2. mediasi
  3. konsiliasi
  4. stalemate
  5. kontravensi

36. Faktor-faktor penentu mobilitas sosial:

  1. Dukungan finansial yang kurang
  2. Tingkat pendidikan masyarakat yang kurang
  3. Situasi politik yang stabil
  4. Struktur sosial yang terbuka
  5. Pindah lokasi tempat tinggal

Yang termasuk faktor pendorong mobilitas sosial adalah ….

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (1), (2), dan (4)
  3. (1), (3), dan (5)
  4. (2),(4), dan (5)
  5. (3), (4), dan (5)

37. Puji telah menghabiskan masa-masa mudanya di kota besar dengan menjadi dosen di salah satu Universitas terbaik di kota itu. Setelah pensiun dari pekerjaannya, dia memutuskan untuk tinggal di desa dan menghabiskan sisa umurnya sebagai petani. Konsekuensi mobilitas sosial yang dihadapi Puji adalah …

  1. munculnya konflik dengan lingkungan barunya
  2. penyesuaian diri terhadap lingkungan barunya
  3. adanya harapan di lingkungan barunya
  4. timbulnya kekecewaan pada lingkungan barunya
  5. penurunan status sosial di lingkungan barunya

38. Perhatikan Gambar!

Gambar di atas menunjukkan terjadinya . . .

  1. vertikal geografis
  2. horizontal geografis
  3. horizontal intragenerasi
  4. vertikal naik antargenerasi
  5. vertikal turun antar generasi

39. Beberapa ciri kehidupan sosial:

  1. Memiliki struktur sosial yang saling melengkapi
  2. Kurang mengembangkan konsensus terhadap nilai dasar
  3. setiap kelompok berbeda memiliki kesadaran bersama
  4. Terdapat stigma sosial antarkelompok
  5. Mudah melakukan kooperasi antarkelompok berbeda

Karakteristik masyarakat muitikultural ditunjukkan oleh ….

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (1), (2), dan (4)
  3. (1), (3), dan (5)
  4. (2), (4), dan (5)
  5. (3), (4), dan (5)

40. Selain masyarakat dari suku Sunda, di Provinsi Jawa Barat juga hidup masyarakat dari kelompok suku lain seperti Batak, Minang, Jawa, dan sebagainya. Namun demikian, dalam aktivitas sehari-hari kebudayaan Sunda, terutama dalam bidang bahasa, begitu tampak di praktikan oleh segenap masyarakat yang hidup di Provinsi Jawa Barat. Situasi tersebut menunjukkan konfigurasi sosial…

  1. kompetisi seimbang
  2. diktator mayoritas
  3. tirani minoritas
  4. mayoritas dominan
  5. minoritas dominan

41. Melemahnya integrasi sosial masyarakat di Indonesia yang mulai terasa sejak akhir tahun 1990-an antara lain bersumber pada kesenjangan sosiogeografi antara lain berupa …

  1. kebijakan pembangunan yang terlalu sentralistis
  2. industrialisasi yang terkonsentrasi di Pulau Jawa
  3. perbedaan perkembangan pendidikan antara Jawa dengan luar Jawa
  4. kesenjangan tingkat kesejahteraan antara pusat dengan daerah
  5. arus urbanisasi yang meningkat

42. Terjadinya kemajemukan masyarakat Indonesia dalam kehidupan kepartaian secara hukum dilatarbelakangi oleh …

  1. kebebasan berserikat dan berkumpul
  2. kebebasan melakukan kegiatan
  3. hak memilih anggota legislatif
  4. hak yang sama bagi semua penduduk
  5. kewajiban berpartisipasi dalam pembangunan

43. Perhatikan sikap masyarakat di bawah ini!

  1. Sering berbeda pendapat dalam diskusi
  2. Menilai kebudayaan lain melalui sudut pandang budaya sendiri
  3. Berprasangka terhadap kelompok lain
  4. Bersikap inklusif terhadap kelompok yang berbeda
  5. Memiliki toleransi yang tinggi terhadap perbedaan

Perilaku yang tidak sesuai dengan masyarakat multikultural adalah ….

  1. (1), (2) dan (3)
  2. (1), (2) dan (4)
  3. (2), (3) dan (4)
  4. (2), (4) dan (5)
  5. (3), (4) dan (5)

44. Revolusi industri di Inggris pada akhir abad ke 18 merupakan awal perkembangan industri di dunia dan sebagai pendorong perubahan sosial. Revolusi tersebut menunjukkan telah terjadi …

  1. modernisasi
  2. westernisasi
  3. globalisasi
  4. sekulerisasi
  5. demokratisasi

45. Perhatikan Fernyataan berikut!

  1. Pertentangan antarkelompok atau golongan dalam negara
  2. Urbanisasi di perkotaan membuat jumlah penduduk kota meningkat.
  3. Produk buatan asing membanjiri pasar dan mall di kota besar.
  4. Penemuan baru berupa bahan bakar dari sisa kotoran ternak membantu menghilangkan ketergantungan akan gas yang semakin langka
  5. Bencana banjir bandang merubah struktur sosial masyarakat.

Pernyataan tersebut yang merupakan faktor internal penyebab perubahan sosial yaitu ….

  1. (1), (2), dan (3)
  2. (1), (2), dan (4)
  3. (1), (3), dan (5)
  4. (2), (4), dan (5)
  5. (3), (4), dan (5)

46. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

  1. Memiliki tata tertib dan tradisi
  2. Memiliki lambang-lambang atau simbol-simbol tertentu
  3. Tempat sosialisasi dan pengembangan diri masyarakat
  4. Merupakan wadah bagi masyarakat untuk beraktivitas
  5. Memiliki aturan tertulis dan tidak tertulis

Yang merupakan ciri lembaga sosial adalah ….

  1. 1, 2 dan 3
  2. 1, 2 dan 4
  3. 1, 2 dan 5
  4. 2, 3 dan 4
  5. 3 , 4 dan 5

47. Keluarga Bapak Agus merupakan keluarga yang harmonis dan sejahtera. Dapat dikatakan demikian karena semua anggota keluarga tidak pernah mengalami masalah yang dapat merugikan pihak lain. Anak-anak selalu patuh dan memperhatikan nasehat orang tua. Hubungan antar keluarga diwarnai saling asih, asah dan asuh.

Fungsi keluarga dari ilustrasi tersebut menunjukkan fungsi afeksi yaitu….

  1. melanjutkan silsilah keluarga
  2. mendukung perekonomian keluarga
  3. melindungi anak secara fisik dan psikis
  4. melatihkan nilai-nilai budaya kepada anak
  5. mencurahkan kasih sayang antar anggota keluarga

48. Sebagai tatanan dalam memenuhi kebutuhan hidup, lembaga sosial sangat diperlukan ketika sumber daya, sarana, dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan hidup terbatas, sementara orang-orang yang memerlukannya semakin banyak sehingga memungkinkan timbulnya konflik yang dapat memecah belah masyarakat. Dalam kondisi demikian fungsi lembaga sosial adalah ….

  1. sebagai pedoman bersikap dan bertingkah laku
  2. alat untuk memenuhi kebutuhan hidup
  3. pedoman melaksanakan pengendalian sosial
  4. menjaga keutuhan atau integrasi sosial di masyarakat
  5. mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya normaa

49. Melalui pengamatan yang baik seorang siswa peneliti melakukan penelitian terhadap pemalsuan air minum mineral merk tertentu. Siswa tersebut berhasil mengungkapkan jaringannya dan pihak-pihak yang terlibat. Deskripsi tersebut mengidentifikasikan jenis penelitian ….

  1. deskriptif
  2. korelatif
  3. studi kasus
  4. komparatif
  5. survei

50. Untuk mengetahui seluk beluk kehidupan masyarakat nelayan, seorang peneliti tinggal bersama nelayan dalam kurun waktu yang lama. Cara mengumpulkan data seperti yang dilakukan oleh peneliti tersebut adalah ….

  1. interview mendalam
  2. observasi sistematis
  3. observasi partisipatif
  4. kuesioner terstruktur
  5. survei lapangan
Untuk Bahan Referensi, Silahkan Diunduh :

 


KUNCI JAWABAN

LATIHAN SOAL KOMPETENSI TEKNIS PPPK GURU SOSIOLOGI

No.  KunciNo. KunciNo.KunciNo.KunciNo. Kunci
1E11B21A31C41D
2C12A22E32E42A
3B13D23D33D43C
4E14D24C34E44A
5D15D25C35A45B
6B16A26E36E46A
7D17A27B37E47E
8C18C28B38D48D
9B19A29B39C49B
10A20D30A40D50C

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan