Berikut ini Soal Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 1 Konsep Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis sesuai dengan Kurikulum Merdeka Tahun 2022.
Soal Tentang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis
1. Secara etimologi, kantor berasal dari kata bahasa Inggris, office yang berarti ....
A. tempat instansi
B. tempat untuk memberikan pelayanan, ruang tempat bekerja ataupun posisi
C. ruang pengolahan
D. ruang untuk penyimpanan data atau informasi
E. tempat untuk pendistribusian data atau informasi
2. Pengertian kantor secara fisik adalah ....
A. bangunan, ruang atau tempat kerja
B. proses kegiatan yang dilakukan didalam ruang, tempat kerja
C. penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan dunia kerja
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar
3. Secara dinamis, kantor dapat diartikan sebagai ....
A. bangunan, ruang atau tempat kerja
B. tempat kerja, ruang kerja, markas, biro, instansi, badan, perusahaan maupun tempat untuk menyelenggarakan kegiatan kerja
C. proses kegiatan yang dilakukan didalam ruang, tempat kerja
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar
4. Manajemen sangat diperlukan dalam proses kegiatan yang dilakukan didalam ruang, tempat kerja untuk ....
A. mengarahkan, menggerakkan dan mengendalikan setiap unsur dalam sebuah kantor tersebut
B. memajukan perusahaan melalui hal- hal yang dikerjakan dari kantor
C. mewujudkan visi dan misi dari sebuah perusahaan
D. mengumpulkan data atau informasi yang bersifat penting
E. menganalisis segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia kerja
5. Agar sebuah organisasi memiliki tujuan yang jelas, efektif, dan efisien, maka diperlukan ....
A. pimpinan yang berpengalaman
B. sumber daya manusia yang mumpuni
C. sistem yang terorganisir dan teratur
D. sarana dan prasarana yang memadai
E. situasi kerja yang nyaman
6. Di bawah ini adalah fungsi- fungsi utama sebuah kantor, kecuali ....
A. menerima informasi
B. merekam informasi
C. mengolah informasi
D. menyebarluaskan segala informasi
E. mendistribusikan informasi
7. Kantor sebagai fungsi menerima informasi akan merima informasi dari dua sumber yaitu internal dan eksternal. Contoh sumber informasi internal adalah ...
A. informasi dari pelanggan
B. informasi dari investor
C. informasi dari organisasi kantor
D. informasi dari pemerintah
E. informasi dari kolega perusahaan
8. Fungsi sebuah kantor dalam merekam informasi adalah ....
A. menyortir informasi kedalam kategori atau kelompok tertentu
B. mengolah informasi yang didapat
C. menjadikan informasis ebagai data yang sistematis
D. memberikan informasikepada yang membutuhkan
E. memastikan bahwa informasi yang didapatkan sudah valid
9. Pengolahan data secara sistematis diperlukan agar sebuah data atau informasi menjadi siap untuk digunakan. Hasil pengolahan informasi dapat berupa ....
A. laporan keuangan
B. laporan statistik
C. laporan keuangan, laporan statistik
D. laporan keuangan, laporan biaya
E. laporan keuangan, laporan statistik, laporan biaya
10. Langkah terakhir apabila informasi telah diolah dan sudah siap digunakan adalah ...
A. dibagikan kepada anggota organisasi
B. didistribusikan kepada pihak- pihak yang membutuhkan
C. dibagikan kepada khalayak ramai
D. disebarluaskan ke media
E. diserahkan kepada pimpinan
11. Setiap pekerjaan selalu dilakukan dengan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi. Hal ini dilakukan agar pencapaian tujuan kegiatan tersebut akan berjalan dengan baik. Dalam hal ini kantor tersebut melaksanakan fungsi ....
A. merancang sistem
B. mengendalikan formulir kantor
C. melaksanakan fungsi manajemen
D. mengendalikan karyawan kantor
E. melaksanakan prosedur kantor
12. Sebuah system merupakan kelompok bagian yang saling terkait bergantung satu dengan yang lain dalam operasinya secara berurutan berdasarkan rencana yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Untuk itu setiap kantor harus membuat sebuah ....
A. prosedur
B. rancangan
C. rencana
D. siteplan
E. curah gagasan
13. Catatan standar sebuah perusahaan dalam mengumpulkan suatu data atau informasi adalah ....
A. survey
B. formulir
C. angket
D. kuis
E. pertanyaan
14. Evaluasi terhadap karyawan harus dilakukan secara berkala agar ....
A. mengetahui kelemahan dan kekuatannya
B. mendapatkan kendali atas karyawan secara penuh
C. membuat karyawan untuk bekerja lebih keras
D. mendapatkan cara mencapai kinerja puncak
E. mengevaluasi kinerja yang dilakukan untuk sistem kerja yang lebih baik
15. Sebagai unsur pendukung, Alat tulis kantor (ATK) merupakan hal yang penting. Salah satu upaya yang dilakukan dalam pengendalian ATK adalah melalui ....
A. pembelian
B. penggunaan
C. pembelian dan penggunaan
D. pembelian, penggunaan dan pengeluaran barang
E. pembelian, penggunaan, pengeluaran barang dan penyimpanannya
16. Kebutuhan akan peralatan, furniture dan mesin kantor merupakan kebutuhan yang dibutuhkan karena ....
A. memberi kenyamanan kepada karyawan
B. menjadi penunjang dalam pekerjaan
C. menjamin bahwa pekerjaan akan baik
D. berpengaruh terhadap produktivitas karyawan
E. menjamin terciptanya suasana kerja yang kondusif
17. Hubungan masyarakat oleh sebuah perusahaan atau kantor merupakan hubungan yang bertujuan untuk ....
A. memperoleh informasi mengenai perubahan opini publik
B. mengomunikasikan kebijakan, tujuan dan sasaran organisasi kepada publik
C. mengantisipasi raksi dari public terkait tidakan organisasi
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar
18. Pengertian manajemen prkantoran sebagai perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian dokumen oleh administrator dalam suatu organisasi dikemukakan oleh ....
A. Wyle and Brecht
B. Rao, M.R.T
C. E.C Eyre
D. P.W Betts
E. E.C Eyre dan P.W Betts
19. Manajemen perkantoran merupakan pemanfaatan dan pengendalian manusia, metode, mesin, dan material untuk mencapai hasil terbaik, kualitas tinggi, upaya terbaik, waktu tersingkat, cara yang paling praktis dan dapat diterima oleh manajemen puncak. Pernyataan ini dikemukakan oleh ....
A. Wyle and Brecht
B. Rao, M.R.T
C. E.C Eyre
D. P.W Betts
E. E.C Eyre dan P.W Betts
20. Manajemen kantor berkaitan dengan penyediaan layanan komunikasi, informasi, dan pengamanan asset. Pernyataan ini dikemukakan oleh ....
A. Wyle and Brecht
B. Rao, M.R.T
C. E.C Eyre
D. P.W Betts
E. E.C Eyre dan P.W Betts
Soal Tentang Jenis Bisnis dan Layanan Bisnis
1. Seorang nasabah bank harus datang ke bank menemui customer service(CS) untuk memblokir kartu ATM miliknya yang hilang. Hal ini dilakukan karena bank belum menerapkan secara online. Berdasarkan ilustrasi tersebut, jenis layanan yang diterapkan oleh bank tersebut adalah ....
A. layanan melalui livechat
B. layanan pelanggan berjalan
C. layanan melalui email dan telepon
D. layanan self- service
E. layanan melalui komunitas atau forum
2. Layanan secara virtual untuk pelanggan PLN, Telkom dan beberapa E-Commerce biasanya menggunakan ....
A. layanan melalui livechat
B. layanan pelanggan berjalan
C. layanan melalui email dan telepon
D. layanan self- service
E. layanan melalui komunitas atau forum
3. Jenis layanan yang secara langsung dapat dilakukan berupa obrolan yang telah dipersonalisasi antara customer dan departemen layanan (CS) disebut ....
A. layanan melalui livechat
B. layanan pelanggan berjalan
C. layanan melalui email dan telepon
D. layanan self- service
E. layanan melalui komunitas atau forum
4. Layanan livechat dianggap lebih efektif karena fitur livechat yang modern dan lebih akurat karena memiliki kemampuan dalam memahami konteks pelanggan, baik melalui audio ataupun visual. Berikut ini adalah kelebihan- kelebihan livechat dalam sebuah bisnis kecuali ....
A. Bisnis akan selalu bergerak secara online
B. Dapat menjaga kedekatan dengan pelanggan setiap saat
C. Biaya akan lebih hemat
D. Tren layanan akan terlihat lebih berkelas
E. solusi masalah yang dapat ditentukan oleh pelanggan itu sendiri
5. Jenis layanan yang cocok digunakan perusahaan yang mendapatkan permintaan yang bersifat umum seperti refund, reture produk, atau invoice adalah ....
A. layanan melalui livechat
B. layanan pelanggan berjalan
C. layanan melalui email dan telepon
D. layanan self- service
E. layanan melalui komunitas atau forum
6. Salah satu ciri dari layanan self service adalah ....
A. solusi terhadap masalah yang dihadapi dapat ditentukan oleh pelanggan itu sendiri
B. pelanggan harus datang menemui customer service
C. kedekatan pelanggan setiap saat
D. layanan pelanggans ecara virtual
E. layanan yang cukup menyita waktu
7. Di bawah ini yang merupakan ciri dari layanan pelanggan melalui komunitas atau forum adalah ....
A.layanan pelanggan dibangun oleh pengguna jasa layanan/produk
B. kecepatan layanan pelanggan tidak tetap tergantung pada keaktifan anggota
C. tidak semua bisnis atau usaha dapat menciptakan pengiktu atau komunitas
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar
8. Aktivitas bisnis yang pergerakkanya dibidang pertambangan dengan melakukan penggalian bahan- bahan tambang yang ada didalam dan terkandung di perut bumi dikenal dengan jenis bisnis ....
A. agraris
B. ekstraktif
C. industri
D. jasa
E. jasa dan barang
9. Kegiatan bisnis yang pergerakannya pada bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan kehutanan dikenal dengan bisnis ....
A. agraris
B. ekstraktif
C. industri
D. jasa
E. jasa dan barang
10. Usaha dalam bidang industry manufaktur yang memproduksi barang merupakan bisnis ....
A. agraris
B. ekstraktif
C. industri
D. jasa
E. jasa dan barang
11. Aktivitas usaha yang menghasilkan produk tidak dalam bentuk fisik dikenal dengan bisnis ....
A. agraris
B. ekstraktif
C. industri
D. jasa
E. jasa dan barang
12. Layanan bisnis bidang jasa merupakan jenis layanan yang diberikan kepada pelanggan yang berupa ....
A. barang pakai
B. kemanfaatan barang
C. fisik
D. wujud benda
E. kepemilikan barang
13. Layanan telepon, customer service, call center, telegram dan layanan kantor virtual merupakan jenis jasa di bidang ....
A. transportasi
B. layanan keuangan
C. bisnis profesi
D. komunikasi
E. usaha pendidikan
14. Contoh dari jasa di bidang pendidikan adalah ....
A. kursus ketrampilan
B. layanan hukum
C. perjalanan wisata
D. perawatan
E. usaha rumah tangga
15. Bisnis yang berupaya mengubah suatu benda menjadi benda lain dengan bentuk yang tidak sama sehingga lebih bermanfaat untuk manusia, seperti meubel, genteng, garment dan lain sebagainya merupakan jenis bisnis berdasar kegunaan yaitu ....
A. kegunaan tempat
B. kegunaan bentuk
C. kegunaan waktu
D. kegunaan kepemilikan
E. kegunaan personal
16. Bisnis yang menjalankan pemindahan suatu barang dari satu tempat ke tempat lain sehigga memiliki manfaat lebih dikenal dengan ....
A. kegunaan tempat
B. kegunaan bentuk
C. kegunaan waktu
D. kegunaan kepemilikan
E. kegunaan personal
17. Bidang bisnis yang memberikan manfaat waktu terhadap keberadaan suatu barang merupakan jenis bisnis berdasar ....
A. kegunaan tempat
B. kegunaan bentuk
C. kegunaan waktu
D. kegunaan kepemilikan
E. kegunaan personal
18. Jenis usaha untuk membuat atau memenuhi keguanaan pemilikan
pada suatu barang atau jasa dikenal dengan jenis bisnis berdasar ....
A. kegunaan tempat
B. kegunaan bentuk
C. kegunaan waktu
D. kegunaan kepemilikan
E. kegunaan personal
19. Di bawah ini yang tidak termasuk contoh bidang bisnis yang tidak berorientasi pada keuntungan atau profit adalah ....
A. yayasan, organisasi sosial
B. organisasi sosial, perusahaan sepatu
C. perusahaan sepatu, lembaga swadaya
D. lembaga swadaya
E. perusahaan sepatu, bisnis isi ulang air
20. Karakteristik badan usaha yang berbadan hukum adalah ....
A. pemisahan kekayaan pemilik dengan kekayan badan usaha
B. tiadanya pemisahan harta pemilik dengan aset perusahaan
C. bertujuan untuk bidang sosial
D. mengendepankan asas kekeluargaan
E. keterlibatan keluarga dalam mengatur perusahaan
Soal Konsep Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan Konsep 5R di Tempat Kerja
1. Keselamatan kerja dan kesehatan diatur berdasarkan Undang Undang nomor ....
A. 1 tahun 1970
B. 25 tahun 1997
C. 13 tahun 2003
D. 22 tahun 1993
E. semua jawaban benar
2. Ruang lingkup keselamatan kerja seperti diatur oleh UU No 1 Tahun 1970 adalah ....
A. segala tempat kerja
B. segala tempat kerja di darat, dalam tanah, permukaan air maupun udara baik di dalam negeri maupun luar negeri
C. segala tempat kerja di darat, dalam tanah, permukaan air maupun udara dalam wilayah hukum Republik Indonesia
D. tempat kerja yang berada di darat dalam wilayah hukum Republik Indonesia
E. tempat kerja yang berada di air dalam wilayah hukum Republik Indonesia
3. Keselamatan kerja dapat didefinisikan sebagai keadaan seseorang ....
A. merasa aman dari kecelakaan di tempat kerja
B. terbebas dari penyakit fisik dan mental
C. merasa aman dan sehat dalam melaksanakan tugasnya
D. terhindar dari kecelakaan di tempat kerja
E. tidak memiliki penyakit tertentu yang muncul akibat proses kerja
4. Kesehatan yang bersifat fisik (physical health) menitikberatkan pada pemeriksaan kesehatan ....
A. sebelum bekerja dan saat bekerja
B. saat bekerja dan sesudah bekerja
C. sebelum bekerja dan setelah bekerja
D. sebelum bekerja, saat bekerja dan setelah bekerja
E. selama bekerja
5. Mental health dalam program kesehatan kerja dapat berupa ....
A. pemeriksaan jasmani
B. pemeriksaan fisik berkala
C. penyuluhan kejiwaan dan psikiater
D. pemeriksaan di fasilitas kesehatan saat bekerja
E. pemeriksaan paska bekerja
6. Beberapa penyakit akibat kerja dapat digolongkan menjadi beberapa golongan. Golongan fisik sebagai salah satunya meliputi ....
A. debu, uap, gas, larutan dan kabut
B. radiasi, suhu ekstrim, tekanan udara, vibrasi, penerangan
C. bakteri, virus, jamur
D. stress psikis, tuntutan pekerjaan, kerja yang monoton
E. beban kerja yang berat, desain tempat kerja
7. Contoh dari penyebab penyakit akibat kerja dari golongan kimia adalah ....
A. debu, uap, gas, larutan dan kabut
B. radiasi, suhu ekstrim, tekanan udara, vibrasi, penerangan
C. bakteri, virus, jamur
D. stress psikis, tuntutan pekerjaan, kerja yang monoton
E. beban kerja yang berat, desain tempat kerja
8. Contoh dari penyebab penyakit akibat kerja dari golongan biologis adalah ....
A. debu, uap, gas, larutan dan kabut
B. radiasi, suhu ekstrim, tekanan udara, vibrasi, penerangan
C. bakteri, virus, jamur
D. stress psikis, tuntutan pekerjaan, kerja yang monoton
E. beban kerja yang berat, desain tempat kerja
9. Contoh dari penyebab penyakit akibat kerja dari golongan fisiologis atau ergonomis adalah ....
A. debu, uap, gas, larutan dan kabut
B. radiasi, suhu ekstrim, tekanan udara, vibrasi, penerangan
C. bakteri, virus, jamur
D. stress psikis, tuntutan pekerjaan, kerja yang monoton
E. beban kerja yang berat, desain tempat kerja
10. Contoh dari penyebab penyakit akibat kerja dari golongan psikolsosial atau ergonomis adalah ....
A. debu, uap, gas, larutan dan kabut
B. radiasi, suhu ekstrim, tekanan udara, vibrasi, penerangan
C. bakteri, virus, jamur
D. stress psikis, tuntutan pekerjaan, kerja yang monoton
E. beban kerja yang berat, desain tempat kerja
11. Bagi sebuah pelaku usaha, keselamatan dan kesehatan kerja bertujuan ....
A. Meningkatkan kinerja dan omset perusahaan
B. Mencegah terjadinya kerugian
C. Memelihara sarana dan prasarana perusahaan
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar
12. Setiap perusahaan harus menyediakan dokter sebagai salah satu bentuk program K3 untuk mewujudkan kinerja yang lebih baik dan aman bagi karyawan. Program tersebut merupakan standar K3 perkantoran ....
A. Keselamatan kerja
B. Kesehatan kerja
C. Kesehatan lingkungan hidup
D. Kesehatan lingkungan kantor
E. Ergonomic kantor
13. Bagi karyawan yang bekerja, keselamatan dan kesehatan kerja bertujuan ....
A. meningkatkan kinerja karyawan
B. meningkatkan kesejahteraan karyawan
C. mencegah kerugian perusahaan
D. terpeliharanya hubungan yang baik antara pimpinan dan karyawan
E. menurunkan biaya hidup karyawan
14. Setiap perusahaan yang konsisten dengan program K3 pasti akan mewujudkan lingkungan yang sehat dan aman. Lingkungan yang sehat dan aman akan tercapai apabila ....
A. tercapai peningkatan produktivitas
B. kualitas kerja dan efisiensi dalam sistem kerja
C. turunnya pengajuan klaim sehingga tingkat kompensasi pekerja dan pembayaran langsung yang lebih rendah
D. fleksibilitas dan adaptabilitas yang lebih besar
E. semua jawaban benar
15. Membawa barang dengan tumpukan yang cukup tinggi perlu alat bantu berupa troli, untuk itu jalan yang harus dilalui apabila barang harus dibawa ke lantai dua menggunakan ....
A. Tangga
B. Tangga berjalan
C. Eskalator
D. Lift
E. Gantungan
Posting Komentar
Posting Komentar