Soal Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 2 Perkembangan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

Posting Komentar

Berikut ini Soal Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Bab 2 Perkembangan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 sesuai dengan Kurikulum Merdeka tahun 2022.

1. Di bawah ini adalah pernyataan- pernyataan yang benar tentang revolusi Industri 4.0, kecuali ....
A. Era revolusi industri 4.0 melibatkan beberapa komponen yang berkaitan dengan kemampuan sains, teknologi, teknik dan matematika, internet of things
B. revolusi insudtri 4.0 menyebabkan pekerjaan yang dilakukan secara manual akan berkurang digantikan pekerjaan yang bersifat otomatis
C.  revolusi industry 4.0
memerlukan inovasi-inovasi teknologi yang memberikan dampak disrupsi atau perubahan fundamental terhadap kehidupan masyarakat
D. perkembangan revolusi industri 4.0 hanya berdampak kecil terhadap dampak perubahan kehidupan masyarakat
E. perkembangan revolusi industri 4.0 ditandai dengan era digitalisasi yang mendominasi berbagai elemen kehidupan masyarakat




2. Sejarah perkembangan revolusi industri dimulai dengan perkembangan industri manufaktur pada akhir abad ke 18 di wilayah ....
A. Perancis
B. Inggris
C. China
D. Jepang
E. Amerika Serikat




3. Di bawah ini ciri khusus yang membedakan revolusi industri 4.0 dengan revolusi industri sebelumnya adalah ....
A. inovasi-inovasi
B. otomasi dan transformasi
C. inovasi dan transformasi
D. inovasi dan otomasi
E. inovasi, otomasi dan transformasi




4. Seiring penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin yang berteknologi tinggi secara langsung akan berdampak pada ketersediaan lapangan kerja yang menyempit dan menciptakan angka pengangguran. Hal ini termasuk dalam dampak revolusi industri 4.0 .....
A. ekonomi
B. sosial
C. politik
D. hukum
E. keamanan




5. Pertumbuhan E-commerce yang pesat pada era 4.0 akan membuat pasar- pasar konvensional menjadi sepi bahkan tutup. Tentu saja hal tersebut berdampak pada kehidupan masyarakat secara ....
A. sosial
B. politik
C. ekonomi
D. keamanan
E. hukum




6. Pernyataan yang tepat berkaitan dengan kantor pada era industri 4.0 adalah ....
A. keberadaan kantor pada masa era revolusi industri 4.0 tidak berpengaruh banyak terhadap kinerja karyawan perusahaan
B. kantor era revolusi industri 4.0 memiliki sistem yang hampir sama dengan era sebelumnya
C. keberadaan kantor di era revolusi industri 4.0 tidak diperlukan lagi
D. segala kegiatan kantor di era revolusi industri 4.0 sudah terotomatisasi dan melibatkan teknologi
E. kantor di era revolusi industri 4.0 lebih mempekerjakan banyak orang dibanding era sebelumnya




7. Keberadaan kantor pada era revolusi industri 4.0 tetap saja dibutuhkan. Hal ini didasari oleh beberapa alasan berikut ini, kecuali ....
A. Kantor sebagai ujung tombak perusahaan dalam membantu mengenalkan atau mempromosikan jenis usaha atau layanan bisnis
B. Kantor memberi fasilitas penyimpanan dokumen dan laporan yang dibutuhkan untuk mengambil kebijakan manajemen
C. Kantor akan membantu pemilik usaha dalam menjalankan fungsinya sebagai manajemen usaha
D. Manajemen perusahaan yang tetap menghendaki adanya kantor meskipun pekerjaan sudah beralih di sistem yang terotomatisasi
E. Peningkatan ukuran bisnis yang beralih kedalam bisnis online memberikan kesempatan ruang yang luas untuk mengatur pekerjaan



  
8. Era digitalisasi memberikan peluang bagi fungsi kantor dalam merancang system dan susunan yang akan digunakan dalam pelayanan kantor dan layanan bisnis. Pernyataan tersebut menguatkan fungsi kantor ....
A. Mengendalikan formulir kantor
B. Merancang sistem dan prosedur kantor
C. Mengendalikan karyawan kantor
D. Menjamin ketersediaan dan keamanan Aset kantor
E. Melaksanakan hubungan masyarakat




9. Catatan standar sebuah perusahaan dalam mengumpulkan suatu data atau informasi adalah ....
A. survey
B. formulir
C. angket
D. kuis
E. pertanyaan




10. Evaluasi terhadap karyawan harus dilakukan secara berkala agar ....
A. mengetahui kelemahan dan kekuatannya
B. mendapatkan kendali atas karyawan secara penuh
C. membuat karyawan untuk bekerja lebih keras
D. mendapatkan cara mencapai kinerja puncak
E. meningkatkan kinerja karyawan untuk sistem kerja yang lebih baik




11. Salah satu fungsi penting dalam kantor modern adalah melaksanakan hubungan masyarakat yang ditujukan untuk ....
A. memperoleh informasi mengenai opini publik
B. mengomunikasikan kebijakan
C. mengantisipasi breaksi publik terkait tindakan organisasi
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar




12. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat penerapan teknologi perkantoran adalah ....
A. sistem kantor berjalan lebih efektif
B. terjaminnya akurasi dan keamanan data
C. memudahkan komunikasi
D. sarana hiburan yang lengkap untuk karyawan
E. manajemen penyimpanan data yang baik




13. Aplikasi Zoom dimanfaatkan dalam kerja untuk ....
A. mengolah data
B. mengolah kata
C. konferensi video
D. pengolah angka
E. surat elektronik




14. Otomatisasi perkantoran merupakan penggunaan teknologi atau peralatan kantor secara elektronik yang dilengkapi dengan system elektrik atau aplikasi dalam pekerjaan kantor yang ditujukan untuk ....
A. memudahkan dalam bersosialisasi
B. mencapai efisiensi, efektifitas dan produktifitas kerja
C. melatih karyawan berpikir komputasional  
D. menyesuaikan kemajuan zaman
E. memajukan kantor di masa mendatang




15. Berikut ini yang merupakan manfaat otomatisasi kantor adalah ....
A. membantu dalam menjalin relasi lebih baik
B. membantu pemecahan masalah
C. tercapainya keuntungan karena bisnis semakin lancar
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar




16. Otomatisasi membawa dampak yang positif dan juga negatif. Berikut ini yang merupakan dampak positif otomatisasi kantor adalah ....
A. kecepatan dalam mengatasi masalah
B. kemudahan dalam penanganan informasi
C. pelayanan kantor yang lebih baik
D. jawaban A dan B benar
E. jawaban A, B dan C benar




17. Adaptasi teknologi baru menggantikan yang lama pasti dirasakan oleh sebagian besar karyawan khususnya karyawan lama. Hal yang harus dilakukan dalam menyikapi hal ini adalah ....
A. pindah ke divisi yang belum menerapkan teknologi baru
B. mengajukan pengunduran diri
C. mengikuti alur yang telah disediakan oleh teknologi sebelumnya
D. mengikuti pelatihan untuk penyesuaian teknologi
E. tetap menggunakan teknologi lama karena sudah menjadi kebiasaan




18. Penggunaan teknologi baru kadang- kadang akan berdampak pada kinerja karyawan. Hal ini terjadi karena ....
A. karyawan hanya berfokus pada pekerjaan masing- masing
B. penggunaan mesin yang mengurangi waktu sosialisasi
C. karyawan sibuk memanfaatkan konten hiburan saat bekerja
D. karyawan jarang bertemu untuk berdiskusi
E. karyawan yang bekerja sangat bergantung pada mesin padahal saat terjadi masalah, etos kerja akan menurun 




19. Biaya kebutuhan akibat perkembangan teknologi pasti akan meningkat. Pernyataan yang tepat adalah ....
A. perkembangan teknologi tidak terlalu menuntut setiap pelaku usaha menyesuaikan terhadap apa yang ada
B. perkembangan teknologi harus diikuti oleh setiap pelaku usaha termasuk dalam pembelian aplikasi atau software baru
C. setiap perusahaan tidak terlalu memperhitungkan kebutuhan akibat perkembangan teknologi
D. semua aplikasi atau software terbaru harus dibeli untuk kelancaran usaha
E. teknologi selalu berubah, namun pembelian aplikasi belum terlalu dibutuhkan




20. Kantor yang melengkapi lingkungannya seperti unsur- unsur pencahayaan yang baik, desain lingkungan kantor yang nyaman, ventilasi, kebersihan lingkungan, tata ruang kantor berarti sudah menerapkan unsur ....
A. estetika
B. ergonomic
C. keindahan
D. kemanfaatan
E. kelengkapan

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan