Soal Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan Survei Karakter SMP - SMA - SMK

Posting Komentar

Penyelenggaraan Ujian Nasional tahun 2021 akan diubah menjadi Penyelenggaraan Ujian Nasional tahun 2021 akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Pelaksanaan ujian tersebut akan dilakukan oleh peserta didik yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11), sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran.

Dengan dilakukan pada tengah jenjang, hasil asesmen bisa dimanfaatkan sekolah untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik.

Asesmen yang dilakukan sejak jenjang SD, hasilnya dapat menjadi deteksi dini bagi permasalahan mutu pendidikan nasional.

Hasil ujian tidak lagi digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang berikutnya. Arah kebijakan ini juga mengacu pada praktik di tingkat level internasional, seperti PISA dan TIMSS.



Asesmen Kompetensi Minimum

Asesmen Kompetensi Mininum (AKM) dilaksanakan tidak berdasarkan atas penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam Ujian Nasional.

Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.

Asesmen kompetensi pengganti UN akan dirancang untuk memberi dorongan lebih kuat ke arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan hafalan.

Literasi dan numerasi adalah kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir tentang, dan dengan, bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional.

Literasi tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka.

Dua hal tersebut yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi minimal yang akan dimulai tahun 2021, sehingga bukan lagi berdasarkan mata pelajaran dan penguasaan materi.

Literasi dan numerisasi menjadi kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan peserta didik untuk bisa belajar,

Survei Karakter

Survei karakter dilakukan untuk mengetahui data secara nasional mengenai penerapan asas-asa Pancasila oleh peserta didik Indonesia.

Survei karakter untuk mengetahui apakah asas-asas Pancasila benar-benar dirasakan oleh peserta didik dan tidak hanya berupa data kognitif, misalnya bagaimana implementasi gotong royong, kebahagiaan anak di sekolah, dan ada tidaknya bullying di sekolah. Hasil survei tersebut selanjutnya akan menjadi suatu panduan bagi sekolah dan Kemendikbud.

Survei karakter tersebut akan dijadikan tolok ukur untuk bisa memberikan umpan balik atau feedback ke sekolah-sekolah agar dapat menciptakan lingkungan sekolah yang membuat peserta didik lebih bahagia dan lebih kuat dalam memahami dan menerapkan asas Pancasila., yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Pelaksanaan ujian tersebut akan dilakukan oleh peserta didik yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11), sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran.

Dengan dilakukan pada tengah jenjang, hasil asesmen bisa dimanfaatkan sekolah untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik.

Asesmen yang dilakukan sejak jenjang SD, hasilnya dapat menjadi deteksi dini bagi permasalahan mutu pendidikan nasional.

Hasil ujian tidak lagi digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang berikutnya. Arah kebijakan ini juga mengacu pada praktik di tingkat level internasional, seperti PISA dan TIMSS.

Asesmen Kompetensi Minimum

Asesmen Kompetensi Mininum (AKM) dilaksanakan tidak berdasarkan atas penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam Ujian Nasional.

Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.

Asesmen kompetensi pengganti UN akan dirancang untuk memberi dorongan lebih kuat ke arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan hafalan.

Literasi dan numerasi adalah kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir tentang, dan dengan, bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional.

Literasi tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka.

Dua hal tersebut yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi minimal yang akan dimulai tahun 2021, sehingga bukan lagi berdasarkan mata pelajaran dan penguasaan materi.

Literasi dan numerisasi menjadi kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan peserta didik untuk bisa belajar,

Survei Karakter

Survei karakter dilakukan untuk mengetahui data secara nasional mengenai penerapan asas-asa Pancasila oleh peserta didik Indonesia.

Survei karakter untuk mengetahui apakah asas-asas Pancasila benar-benar dirasakan oleh peserta didik dan tidak hanya berupa data kognitif, misalnya bagaimana implementasi gotong royong, kebahagiaan anak di sekolah, dan ada tidaknya bullying di sekolah. Hasil survei tersebut selanjutnya akan menjadi suatu panduan bagi sekolah dan Kemendikbud.

Survei karakter tersebut akan dijadikan tolok ukur untuk bisa memberikan umpan balik atau feedback ke sekolah-sekolah agar dapat menciptakan lingkungan sekolah yang membuat peserta didik lebih bahagia dan lebih kuat dalam memahami dan menerapkan asas Pancasila.

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimal AKM

Contoh Soal Survei Karakter

Demikian latihan Soal Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan Survei Karakter SMP - SMA - SMK. Semoga bermanfaat.

Soal ANBK Numerasi Data dan Ketidakpastian Kelas 7-8

Dibawah ini, soal AKM Numerasi data dan keetidakpastian yang dirujuk dari Portal Asesmen Pusmenjar kemdikbudristek, kalian akan mengerjakan asesmen Numerasi-Data dan Ketidakpastian untuk Fase D kelas 7 - 8 untuk itu pastikan kalian :
✅ Menuliskan identitas kamu dengan benar
✅ Memeriksa kembali jawaban sebelum menekan tombol “Kirim

Nama lengkap      : .....
Tanggal lahir        : ...
NISN                    : ...

Wacana 1: Tim Bola Voli


Pak Sahono mendata tinggi badan siswa putri kelas A untuk seleksi pemain bola voli. Berikut data tinggi badan dan banyak siswa putri kelas A.

Pak Sahono mendata tinggi badan siswa putri kelas A untuk seleksi pemain bola voli. Berikut data tinggi badan dan banyak siswa putri kelas A.
Tinggi Badan (Cm)Banyaknya siswa
1554
1562
15715
1588
1593

Soal 1. Pak Sahono mengumpulkan siswa yang memiliki tinggi badan dengan jumlah terbanyak untuk dilakukan seleksi terlebih dahulu. Tinggi badan siswa yang dimaksud adalah …. *
Tandai satu oval saja.

◯ A. 155 cm. 
◯ B. 156 cm. 
◯ C. 157 cm. 
◯ D. 158 cm.

Soal 2. Diketahui nama-nama siswa berdasarkan tinggi badan adalah sebagai berikut. *
Tinggi (Cm)Nama Siswa
155Levia, Lilis, Lisa dan Mareta
156Maya dan Maisya
157Monica, Nabila, Nada, Nasela, Nisa, Nur, Nurul, Rahma, Risma,
Shela, Sindi, Siti, Surti, Shasya, dan Syerli
158Tia, Titin, Tiqa, Tri, Vera, Vero, Vina dan Warti
159Yoli, Yuli dan Yuyun

Tandai satu oval saja perbaris


A.BenarB.Salah
1. Monica, Nabila, Nada, Nasela, Nisa, Nur, Nurul, Rahma, Risma, Shela, Sindi, Siti, Surti, Shasha, dan Syerli masuk sebagai tim voli putri kelas A.
2. Tia, Titin, Tiqa, Tri, Vera, Vero, Vina, dan Warti masuk sebagai tim voli putri kelas A.
3. Tia, Titin, Tiqa, Tri, Vera, Vero, Vina, Warti, Yoli, Yuli, dan Yuyun masuk sebagai tim voli putri kelas A.
4. Nasela, Nisa, Nur, Nurul, Rahma, Risma, Shela, Sindi, Siti, Surti, Tia, Titin, Tiqa, Tri, Vera, Vero, Vina, Warti, Yoli, Yuli, dan Yuyun masuk sebagai tim voli putri kelas A.

Wacana 2: Kantong Plastik Sekali Pakai Jakarta 

Masyarakat di DKI akan melarang menggunakan kantong plastik sekali pakai (kantong kresek) mulai 1 Juli 2020. Kebijakan ini berlaku untuk di pusat pembelanjaan (mal), toko swalayan, dan pasar tradisional. 

Aturan ini ditetapkan bukan tanpa alasan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Andono Warih mengungkap tiga alasannya. 
Pertama, sampah di tempat pembuangan terpadu (TPST), Bantar Gebang, Bekasi kian bertambah. Dari 39 juta ton sampah yang ada, 34%-nya didominasi sampah plastik. 

Sekarang ini di Bantar Gebang sudah penuh dengan kresek. Yang sekarang sudah mencapai 39 juta ton (sampah), 34%-nya itu plastik dan kebanyakan kantong kresek. Kalau kita nggak berbuat sesuatu, nanti makin lama makin membebani lingkungan dan kasihan anak cucu kita nanti nggak kebagian tempat,” kata Andono kepada detik.com, Minggu (28/6/2020). 
Masyarakat di DKI akan melarang menggunakan kantong plastik sekali pakai (kantong kresek) mulai 1 Juli 2020. Kebijakan ini berlaku untuk di pusat pembelanjaan (mal), toko swalayan, dan pasar tradisional.  Aturan ini ditetapkan bukan tanpa alasan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Andono Warih mengungkap tiga alasannya.  Pertama, sampah di tempat pembuangan terpadu (TPST), Bantar Gebang, Bekasi kian bertambah. Dari 39 juta ton sampah yang ada, 34%-nya didominasi sampah plastik.   Sekarang ini di Bantar Gebang sudah penuh dengan kresek. Yang sekarang sudah mencapai 39 juta ton (sampah), 34%-nya itu plastik dan kebanyakan kantong kresek. Kalau kita nggak berbuat sesuatu, nanti makin lama makin membebani lingkungan dan kasihan anak cucu kita nanti nggak kebagian tempat,” kata Andono kepada detik.com, Minggu (28/6/2020).

Soal 3. Berdasarkan diagram yang disajikan di atas, rata-rata persentase responden yang setuju untuk membawa kantong plastik sendiri adalah .... *
Tandai satu oval saja.
◯ A. 38,2% 
◯ B. 42,1% 
◯ C. 57,9% 
◯ D. 61,4%

Wacana 3: 

Gregor Johann Mendel adalah ilmuwan yang dijuluki sebagai Bapak Genetika Modern. Ia menemukan bahwa pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya mengikuti suatu pola tertentu. Penemuan itulah yang sampai sekarang kita sebut dengan nama Hukum Mendel. Tabel berikut menunjukkan kemungkinan warna bulu kelinci hasil persilangan dua induk yang disusun berdasarkan Hukum Mendel.
Gregor Johann Mendel adalah ilmuwan yang dijuluki sebagai Bapak Genetika Modern. Ia menemukan bahwa pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya mengikuti suatu pola tertentu. Penemuan itulah yang sampai sekarang kita sebut dengan nama Hukum Mendel. Tabel berikut menunjukkan kemungkinan warna bulu kelinci hasil persilangan dua induk yang disusun berdasarkan Hukum Mendel.
Soal 4. Jika induk kelinci yang berbulu abu-abu disilangkan dengan induk kelinci yang berbulu abu-abu, maka peluang keturunannya berbulu putih adalah .... *
Tandai satu oval saja.
◯ A. 0
◯ B. 1/4
◯ C. 1/2
◯ D. 0

Wacana 4: 

Gizi Buruk Gizi buruk adalah kondisi tubuh kekurangan gizi yang didasarkan pada indeks berat badan menurut usia yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pola makan yang buruk. Ada dua jenis gizi buruk yang umum terjadi yaitu Marasmus dan Kwashiorkor. 

Lembaga Kesehatan Masyarakat di kelurahan Maju Jaya, berupaya menuntaskan masalah gizi buruk di lingkungannya dengan cara memberikan penyuluhan (informasi) kepada warga dan membagikan bantuan kepada warga di lingkungan tersebut yang terdampak gizi buruk. 

Pada saat ini tercatat ada 100 anak di kelurahan Maju Jaya yang masuk kategori gizi buruk. Tabel berikut memuat data sebaran kategori gizi buruk berdasarkan jenis dan kelompok umur.
 Jenis Gizi Buruk
Usia penderita
1-3 Tahun 
Usia Penderita
4-7 Tahun
 Marasmus4010
 Kwashiorkor3020

Soal 5. Seorang anak akan dipilih untuk diperiksa oleh tim gizi provinsi. Kemungkinan anak terpilih bergizi buruk jenis Marasmus berusia 1-3 tahun adalah .... *
Tandai satu oval saja
◯ A. 4/7
◯ B. 2/5
◯ C. 3/10
◯ D. 1/5
Soal 6. Pernyataan-pernyataan berikut merupakan simpulan terkait peluang berdasarkan data di atas. Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang menunjukkan simpulan benar! *
Centang semua yang sesuai

 A. Peluang seorang anak menderita gizi buruk jenis Marasmus berusia 4-7 adalah 1/10
 B. Peluang seorang anak menderita gizi buruk jenis Marasmus lebih besar dari jenis Kwashiorkor.
 C. Peluang seorang anak berusia 1-3 tahun menderita gizi buruk 4 kali lebih besar dibanding anak berusia 4-7 tahun.
 D. Peluang seorang anak penderita gizi buruk jenis Kwashiorkor adalah 1/2

Soal 7. Dalam toples terdapat 100 permen rasa buah-buahan yang bentuknya sama dengan kuantitas seperti tampak pada diagram berikut. *
Ayah meminta Budi mengambil satu permen dari toples dan dia tidak dapat melihat permen rasa buah-buahan tersebut. Tentukan Benar atau Salah setiap pernyataan berikut!  Tandai satu oval saja per baris.

Ayah meminta Budi mengambil satu permen dari toples dan dia tidak dapat melihat permen rasa buah-buahan tersebut. Tentukan Benar atau Salah setiap pernyataan berikut! 
Tandai satu oval saja per baris.
A. BenarB. Salah
1. Peluang Budi mengambil satu permen rasa duren adalah 0,15.
2. Perbandingan peluang terambil satu permen rasa Nanas dan
rasa Jeruk adalah 1/4.
3. Peluang terambil bukan permen rasa Apel adalah 9/10.

Soal 8. Berikut ini adalah diagram yang menggambarkan jenis pekerjaan yang menjadi cita-cita siswa di sekolah.
Berikut ini adalah diagram yang menggambarkan jenis pekerjaan yang menjadi cita-cita siswa di sekolah.

Apabila seluruh siswa yang memiliki cita-cita bekerja sebagai perias wajah artis berpindah menjadi blogger, berapa persen peluang terpilihnya siswa yang memiliki cita-cita sebagai blogger?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................

Wacana 5: 
Data Kepemilikan Kendaraan Bermotor Sekolah harus bisa memberi akses bagi siswa dari keluarga kurang mampu. Di sisi lain, kualitas pendidikan tetap harus diperhatikan. 
Salah satu kebijakan untuk mengatasi hal ini ialah melalui kebijakan subsidi silang pendanaan pendidikan, yakni keluarga mampu menyumbang dana pendidikan lebih banyak untuk membantu siswa dari keluarga kurang mampu. 

Untuk mendata status ekonomi keluarga, pihak sekolah melakukan pendataan kepemilikan kendaraan bermotor. Dari 50 siswa diperoleh data sebagai berikut.
Data Kepemilikan Kendaraan Bermotor Sekolah harus bisa memberi akses bagi siswa dari keluarga kurang mampu. Di sisi lain, kualitas pendidikan tetap harus diperhatikan.   Salah satu kebijakan untuk mengatasi hal ini ialah melalui kebijakan subsidi silang pendanaan pendidikan, yakni keluarga mampu menyumbang dana pendidikan lebih banyak untuk membantu siswa dari keluarga kurang mampu.   Untuk mendata status ekonomi keluarga, pihak sekolah melakukan pendataan kepemilikan kendaraan bermotor. Dari 50 siswa diperoleh data sebagai berikut.

Soal 9. Satu dari siswa tersebut akan dipilih secara acak untuk menjadi koordinator pendanaan sekolah. Tentukan benar atau salah nilai peluang untuk setiap kelompok kepemilikan kendaraan bermotor berikut! *
Tandai satu oval saja per baris.

A. BenarB. Salah
1. Peluang siswa yang keluarganya hanya memiliki mobil
adalah 14/25.
2. Peluang siswa yang keluarganya hanya memiliki
sepeda motor adalah 17/25.
3. Peluang siswa yang keluarganya memiliki mobil
dan sepeda motor adalah 8/25.
4. Peluang siswa yang keluarganya tidak memiliki mobil
adalah 9/25

Soal 10. Setelah 1 tahun berlalu, pihak sekolah melakukan pendataan ulang dan mendapatkan informasi sebagai berikut: Ada 2 siswa yang keluarganya hanya memiliki mobil mengatakan telah menjual mobilnya sehingga tidak memilik mobil lagi. Ada 2 siswa yang keluarganya tidak memiliki mobil maupun motor telah membeli motor. Berdasarkan wacana, Pilihlah “Ya” atau “Tidak” dari setiap pernyataan berikut! *


A. BenarB. Salah
1. Nilai peluang siswa yang keluarganya memiliki mobil
dansepeda motor setelah pendataan dan sebelumnya
adalah sama.
2. Nilai peluang siswa yang keluarganya tidak memiliki mobil
maupun sepeda motor setelah pendataan dan sebelumnya
adalah berbeda.
3. Nilai peluang siswa yang keluarganya tidak memiliki
mobil setelah pendataan dan sebelumnya adalah sama.
4. Nilai peluang siswa yang keluarganya tidak memiliki
sepeda motor setelah pendataan dan sebelumnya adalah
sama

Wacana 6: Manfaat Buah-Buahan

Buah-buahan


Soal 11. Semua buah-buahan yang ada di rumah Akbar tersebut, disimpan di dalam sebuah keranjang. Apabila Akbar akan mengambil secara acak 1 buah dari dalam keranjang, tentukan benar atau salah setiap pernyataan berikut ini! *

A. BenarB Salah
1. Peluang terambil buah jeruk atau pisang adalah 16/19.
2. Peluang terambil buah jeruk atau apel adalah 14/19.
3. Peluang terambil buah jeruk lebih besar daripada
peluang terambil pisang atau apel

Soal 12. Akbar telah memakan 3 buah jeruk dan 1 buah apel, kemudian ayahnya akan mengambil 2 buah-buahan secara acak dengan pengambilan satu per satu. Berdasarkan hal tersebut, pilihlah setiap pernyataan yang benar. *
Centang semua yang sesuai.
⬜ A. Peluang terambil keduanya pisang adalah 1/3. 
⬜ B. Peluang terambil keduanya jeruk adalah 2/10. 
⬜ C. Peluang terambil keduanya apel adalah 1/35. 
⬜ D. Peluang terambil keduanya bukan pisang 3/7.

Soal ANBK Numerasi Data dan Ketidakpastian Kelas 7-8

Demikian Soal ANBK Numerasi dan Dataketidakpastian kelas 7-8, selamat mencoba dan berlatih.


Soal ANBK Numerasi Geometri Fase D Kelas 7-8

Dibawah ini, kalian akan mengerjakan asesmen Numerasi-Geometri untuk Fase D.
Pastikan kamu:
✅ Menuliskan identitas kamu dengan benar
✅ Memeriksa kembali jawaban sebelum menekan tombol “Kirim

Nama lengkap      : .....
Tanggal lahir        : ...
NISN                    : ...

Wacana 1: Peta Kota

Tujuh orang remaja sedang melakukan perjalanan di kota. Gambar berikut merupakan denah bagian kota yang mereka kunjung
Tujuh orang remaja sedang melakukan perjalanan di kota. Gambar berikut merupakan denah bagian kota yang mereka kunjung

Soal 1. Blok yang memiliki luas terbesar adalah .... *
Tandai satu oval saja.
⚪ A. Blok 1
⚪ B. Blok 2
⚪ C. Blok 3
⚪ D. Blok 4

Soal 2. Posisi mereka saat ini ditunjukkan dengan lingkaran merah pada denah. Posisi mereka saat ini adalah sebagai berikut: 
 * Andi berada di blok 1
 * Budi berada di blok 2
 *Chanda, Deni , Eki berada di blok yang sama, Chandra dekat dengan rumah sakit dan Deni dekat dengan pemadam kebakaran
 *Fani berada di blok 4
 *Gina berada di blok 5
Berdasarkan posisi ketujuh anak tersebut, tentukan benar atau salah pernyataan-pernyataan berikut!

Tandai satu oval saja per baris.

A. BenarB. Salah
1. Jarak Chandra ke Deni sama dengan jarak Chandra ke Fani.
2. Jarak terjauh adalah jarak antara Andi dan Fani.
3. Jarak terdekat adalah jarak antara Gina dan Eki

Wacana 2: Kurir Barang

Soal 3. Jika total waktu tempuh sepeda motor Pak Oni dalam menyelesaikan semua pengantaran adalah 1 jam, maka kecepatan rata-rata motor Pak Oni adalah

Soal 3. Jika total waktu tempuh sepeda motor Pak Oni dalam menyelesaikan
semua pengantaran adalah 1 jam, maka kecepatan rata-rata motor Pak Oni adalah
.... *
Tandai satu oval saja.
⚪ A. 15 km/jam
⚪ B. 16 km/jam
⚪ C. 17 km/jam
⚪ D. 19 km/jam
⚪ E. 20 km/jam

Soal 4. Berikut adalah gambar rumah adat Papua Honai.
Rumah ini dulunya tidak memiliki jendela, hanya terdapat satu buah pintu. Rumah ini memiliki tinggi 2,5 meter dan memiliki ruangan yang sempit yaitu sekitar 5 meter. Hal tersebut bertujuan untuk menahan suhu yang dingin di pegunungan. Di bagian tengahnya dibuat lingkaran yang berfungsi sebagai tempat membuat api untuk menghangatkan badan sekaligus penerangan.


Rumah ini dulunya tidak memiliki jendela,
hanya terdapat satu buah pintu. Rumah ini
memiliki tinggi 2,5 meter dan memiliki ruangan
yang sempit yaitu sekitar 5 meter. Hal tersebut
bertujuan untuk menahan suhu yang dingin di
pegunungan. Di bagian tengahnya dibuat
lingkaran yang berfungsi sebagai tempat
membuat api untuk menghangatkan badan
sekaligus penerangan.

Dari rumah adat tersebut terdapat beberapa bentuk bangun, pilih Benar atau Salah pernyataan berikut!
Tandai satu oval saja per baris.

A. BenarB. Salah
1. Terdapat lebih dari satu bangun ruang pada rumah adat Honai.
2. Atap rumah adat Honai berbentuk kerucut.
3. Jarak terdekat adalah jarak antara Gina dan Eki

Wacana 3: Sistem Pengairan Lahan

Sebuah lahan pertanian berbentuk persegipanjang seperti pada gambar berikut.
Sebuah lahan pertanian berbentuk persegipanjang seperti pada gambar berikut.

Soal 5. Karena pengairan yang dirasa cukup jauh untuk menjangkau tanaman
yang berada di tengah lahan, maka petani tersebut memutuskan untuk membuat
saluran pengairan dengan pipa seperti terlihat pada gambar. 

Pilihlah Benar atau Salah pernyataan berikut ini berdasarkan informasi tersebut! 
Tandai satu oval saja per baris.

A. BenarB. Salah
1. Luas lahan yang harus dialiri air adalah 384 m2..
2. Setelah ada pipa pengairan yang baru maka luas lahan yang
    dialiri air sama.
3. Total pipa yang dibutuhkan untuk menyambungkan saluran
    air adalah  40 meter


Wacana 4: Desain Rumah

Sebagian orang menyukai rumah yang bentuknya unik. Selain untuk tempat tinggal, rumah berbentuk unik mengandung seni dan estetik dapat menjadi kesenangan tersendiri bagi pemilik rumah. 

Salah satu bentuk rumah unik tampak pada gambar.
Sebagian orang menyukai rumah yang bentuknya unik. Selain untuk tempat tinggal, rumah berbentuk unik mengandung seni dan estetik dapat menjadi kesenangan tersendiri bagi pemilik rumah.   Salah satu bentuk rumah unik tampak pada gambar.

Soal 6. Tentukan benar atau salah setiap pernyataan berikut berkaitan dengan
gambar atau ilustrasi bangun datar desain rumah tersebut! *

Tandai satu oval saja per baris.

A. BenarB. Salah
1. Panjang AE sama dengan panjang GO.
2. Luas persegi EFGH sama dengan dua kali luas segitiga EBF.
3. Luas belah ketupat ABCD sama dengan dua kali luas persegi EFGH.

Wacana 5: Keramik Lantai

Soal 7. Di sebuah toko, diketahui harga keramik berbeda-beda berdasarkan luas keramiknya. Berikut adalah rincian harga keramik di toko tersebut. *
Soal 7. Di sebuah toko, diketahui harga keramik berbeda-beda berdasarkan luas keramiknya. Berikut adalah rincian harga keramik di toko tersebut. *
 No Harga Keramik Harga satuan
1< 500 cm²Rp. 40.000,-
2500 - 700 cm²Rp. 50.000,-
3800 - 1000 cm²Rp. 60.000,-
41500 - 2000 vRp. 70.000,-
5> 2000 cm²Rp. 80.000,-
Pasangkanlah bentuk keramik dan harga satuannya yang tepat berikut ini!
Tandai satu oval saja per baris.

A
Rp. 40.000
B
Rp. 50.000
C
Rp. 60.000
D
Rp. 70.000
E
Rp. 80.000
 1. D  
 2. H      
 3. I
 4. J

Wacana 6: Sebidang tanah berbentuk trapesium  dengan luas 102 m2. Di atas lahan
tersebut akan dibangun rumah dengan ukuran seperti pada gambar.

Sisa lahan akan digunakan untuk halaman, area kolam dan taman.
Sisa lahan akan digunakan untuk halaman, area kolam dan taman.

Soal 8. Keliling lahan yang digunakan untuk bangunan rumah ialah .... *
Tandai satu oval saja.
⚪ A. 20 m
⚪ B. 21 m
⚪ C. 26 m
⚪ D. 27 m
⚪ E. 36 m

Soal 9. Pernyataan-pernyataan berikut berkaitan dengan ukuran beberapa bagian rumah sesuai dengan gambar desain yang diberikan.  Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar! 
Centang semua yang sesuai.
▭ A. Area kolam berukuran 3 m x 4,5 m.
▭ B. Panjang sisi taman paling pendek ialah 5 m.
▭ C. Panjang sisi taman yang berbatasan dengan jalan lebih dari 17 m.
▭ D. Halaman di samping kolam, berukuran 5 m x 4 m.

Wacana 7: Halaman Rumah

Halaman rumah


Soal 10. Susunan batu persegi panjang dan batu persegi kecil memiliki ukuran
yang sama dengan batu persegi besar adalah 25 cm x 25 cm.

Susunan batu persegi panjang dan batu persegi kecil memiliki ukuran yang sama dengan batu persegi besar adalah 25 cm x 25 cm.

Mana sajakah pernyataan berikut yang benar berkaitan dengan susunan batu alam di halaman rumah Pak Rahmat?

Tandai satu oval saja.
⚪ A. Batu persegi kecil lebih banyak digunakan daripada batu persegi besar.
⚪ B. Jika disediakan batu persegi besar sejumlah 80 buah maka cukup untuk
            menutup seluruh halaman rumah.
⚪ C. Banyaknya batu persegi besar sama dengan banyaknya batu persegi panjang.
⚪ D. Luas seluruh batu persegi kecil adalah seperempat dari luas halaman rumah.

Wacana 8: Bermain Di Kolam Renang

Pak Adi mengajak anak-anaknya berenang dikolam renang yang baru saja dibuka di sekitar rumahnya. Kolam renang tersebut berbentuk setengah lingkaran dan sebuah persegi serta mempunyai ember yang besar yang digunakan untuk mengisi kolam renangnya sebagaimana ilustrasi berikut:
Pak Adi mengajak anak-anaknya berenang dikolam renang yang baru saja dibuka di sekitar rumahnya. Kolam renang tersebut berbentuk setengah lingkaran dan sebuah persegi serta mempunyai ember yang besar yang digunakan untuk mengisi kolam renangnya sebagaimana ilustrasi berikut:

Wacana 9

Diketahui ember akan tumpah mengisi kolam renang setelah ember penuh. Pemilik kolam renang berkeinginan supaya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kolam renangnya lebih cepat dengan harapan para pengunjung lebih cepat berenang. Pemilik berencana menggantikan ember yang lama dengan dengan ember baru yang ukurannya dua kali lipat yang ada sekarang.

Soal 11. Berdasarkan wacana 8 dan 9, maka berapa banyak waktu yang dapat
dihemat oleh pemilik kolam renang dalam mengisi kolam renangnya? Jelaskan
jawabmu! *
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Wacana 10: Tabung Reaksi

Tabung reaksi banyak digunakan oleh kimiawan untuk menampung, mencampur, atau memanaskan sejumlah kecil bahan kimia padat atau cair, lebih-lebih untuk uji kualitatif.

Tabung reaksi banyak digunakan oleh kimiawan untuk menampung, mencampur, atau memanaskan sejumlah kecil bahan kimia padat atau cair, lebih-lebih untuk uji kualitatif.


Soal 12. Nyatakan pernyataan berikut ini benar atau salah! *
Nyatakan pernyataan berikut ini benar atau salah! *
Tandai satu oval saja per baris.

A. BenarB. Salah
1. Volume tabung reaksi B adalah 8 kalinya volume tabung reaksi A..
2. Luas permukaan tabung reaksi B adalah 4 kali volume
    tabung reaksi A..
3. Luas permukaan tabung reaksi C adalah 2 kali luas
    permukaan tabung reaksi B.

3. permukaan tabung reaksi C adalah 2 kali luas
    permukaan tabung reaksi B


Selamat berlatih

Soal ANBK Numerasi Geometri Fase D Kelas 7-8

Silahkan download contoh soal AKM Numerasi Geometri Fase D kelas 7-8 dilink berikut ini :


Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan