Kumpulan Soal Pilihan Ganda Materi Debat
1. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode....A. langka
B. menjatuhkan lawan
C. mengkritik lawan
D. terpatahkan
E. logika
2. Salah satu manfaat membuat kerangka debat adalah....
A. memudahkan menjatuhkan lawan debat
B. menilai kerja lawan
C. membuat argumen-argumen yang tepat
D. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
E. memilih cara damai
3. Pada dasarnya, menulis menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus .... dengan baik.
A. terlihat
B. terstruktur
C. terakomodir
D. terencana
E. teramati
4. Dapat digunakan jika diperlukan pemahaman dan keterampilan dalam bertanya. Berdasarkan pernyataan tersebut, metode yang digunakan dalam kegiatan debat adalah....
A. metode debat
B. metode logika
C. metode dialektika
D. metode tanya jawab
E. metode impromtu
5. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berdeba dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus....
A. rapi dan bijaksana
B. terstruktur dengan baik
C. terorganisir dan dipresentasikan
D. adanya tanya jawab dengan narasumber
E. dapat mengajukan gagasan atau sanggahan yang sesuai dengan topik
6. Perlu disadari bahwa adanya perbedaan pendapat lumrah dalam suatu debat. Kedua belah pihak harus menyadari tujuan mengikuti debat, yaitu....
A. mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.
B. mematikan lawan debat dengan sempurna.
C. menilai jalannya kegiatan debat.
D. menyimpulkan hasil debat.
E. menyampaikan pendapat masing-masing.
7. Salah satu hal yang tidak dibenarkan dalam kegiatan debat adalah....
A. menilai baik lawan debat
B. berdiskusi dengan lawan debat
C. melakukan perlawanan terhadap dewan juri
D. tidak menghina lawan debat
E. memberikankeleluasaan kaepada lawan debat
8. Dalam kegiatan debat sangat deiperlukan seorang yang bisa bertindak atau menangani acara debat tersebut. Orang yang dimaksud adalah....
A. moderator
B. dewan juri
C. peserta
D. lawab debat
E. narasumber
9. Di Indonesia, debat kompotitif dalam sistem debat parlementer sudah mulai berkembang, walupun masih didominasi oleh kompetisi debat bahasa inggris. Kejuaraan debat se Indonesia yang pertama adalah....
A. Indonesia Varsity English Debate (IVED)
B. Java Overland Varsities English Debate (JOVED)
C. ASEAN Law Student Association (ALSA)
D. ALSA Universitas Padjadjaran English Challenge
E. National Environmental Debate (NED)
10. Bentuk rasa tidak setuju seseorang terhadap gagasan orang lain. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
A. sanggahan
B. gagasan
C. opini
D. pendapat
E. fakta
11. Salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk menyajikan argumen. Hal tersebut merupakan pengertian debat...
A. antartim
B. publik
C. formal
D. bebas
E. Lincoln-Douglas
12. Dalam kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau snggahan yang ditujukan pada....
A. narasumber
B. lawan debat
C. moderator
D. pembicara
E. penengah
13. Pentingnya membuat kerangka (bagan) untuk sebuah acara perdebatan merupakan salah satu kewajiaban seseorang .... sebelum melakukan debat.
A. tim debat
B. panelis
C. lawan debat
D. moderator
E. narasumber
15. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
A. debat
B. argumen
C. diskusi
D. seminar
E. simposium
16. Kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota parlemen termasuk jenis debat....
A. informal
B. formal
C. terstruktur
D. ada aturannya
E. terencana
17. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain....
A. membela kita
B. memberikan yang terbaik
C. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
D. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
E. membuat lawan debat mengamuk.
2. D. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
3. B. terstruktur
4. C. metode dialektika
5. B. terstruktur dengan baik
6. E. menyampaikan pendapat masing-masing.
7. C. melakukan perlawanan terhadap dewan juri
8. A. moderator
9. A. Indonesia Varsity English Debate (IVED)
A. sanggahan
B. gagasan
C. opini
D. pendapat
E. fakta
11. Salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk menyajikan argumen. Hal tersebut merupakan pengertian debat...
A. antartim
B. publik
C. formal
D. bebas
E. Lincoln-Douglas
12. Dalam kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau snggahan yang ditujukan pada....
A. narasumber
B. lawan debat
C. moderator
D. pembicara
E. penengah
13. Pentingnya membuat kerangka (bagan) untuk sebuah acara perdebatan merupakan salah satu kewajiaban seseorang .... sebelum melakukan debat.
A. tim debat
B. panelis
C. lawan debat
D. moderator
E. narasumber
14. Dalam kegiatan debat, moderator layaknya seorang wasit dalam pertandingan. Untuk itu, moderator yang dipilih harus....
A. baik
B. memihak salah satu peserta
C. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
D. memebuat suasana memanas
E. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
A. baik
B. memihak salah satu peserta
C. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
D. memebuat suasana memanas
E. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
15. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
A. debat
B. argumen
C. diskusi
D. seminar
E. simposium
16. Kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota parlemen termasuk jenis debat....
A. informal
B. formal
C. terstruktur
D. ada aturannya
E. terencana
17. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain....
A. membela kita
B. memberikan yang terbaik
C. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
D. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
E. membuat lawan debat mengamuk.
18. Salah satu sistem debat yang umum digunakan di kejuruan-kejuaruan di Indonesia adalah....
A. Indonesia Dabate
B. Indonesia Varsity English Dabete
C. Dabete Competition
D. Australasian Parliamentery
E. National Universities English Debating Championship
A. Indonesia Dabate
B. Indonesia Varsity English Dabete
C. Dabete Competition
D. Australasian Parliamentery
E. National Universities English Debating Championship
19. Suatu sistem debat atau adu argumen dengan salah satu dari tiga sistem yang diakui dalam skala global (dunia). Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
A. perdebatan
B. debat dua kelompok
C. debat parlementer
D. debat formal
E. debat bebas
A. perdebatan
B. debat dua kelompok
C. debat parlementer
D. debat formal
E. debat bebas
20. Pihak yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan debat. Hal tersebut merupakan pengertian dari....
A. debat parlementer
B. moderator
C. narasumber
D. peserta debat
E. audiens debat
A. debat parlementer
B. moderator
C. narasumber
D. peserta debat
E. audiens debat
21. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat lawan debat tidak berkutik saat adu argumen adalah....
A. katakan dengan kata fakta dan data.
B. baut suasana debat tegang.
C. lakukan debat dengan ikhlas.
D. matikan lawan dengan berbagai cara.
E. buat lawan bertekuk lutut.
A. katakan dengan kata fakta dan data.
B. baut suasana debat tegang.
C. lakukan debat dengan ikhlas.
D. matikan lawan dengan berbagai cara.
E. buat lawan bertekuk lutut.
22. Dalam melakukan debat, jumlah peserta dari kedua kelompok tersebut harus sama. Dalam debat terdapat dua kelompok ,yaitu....
A. positif dan negatif
B. pro dan kontra
C. pasif dan aktif
D. afirmatif dan negatif
E. plus dan minus
A. positif dan negatif
B. pro dan kontra
C. pasif dan aktif
D. afirmatif dan negatif
E. plus dan minus
23. Sebelum debat dimulai, harus menentukan topik yang akan diperdebatkan. Topik debat harus dapat....
A. dipertentangkan
B. dipertanyakan
C. ditanya-jawab
D. dianalisis
E. diambil hikmatnya
A. dipertentangkan
B. dipertanyakan
C. ditanya-jawab
D. dianalisis
E. diambil hikmatnya
24. Berikut ini termasuk cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik, kecuali....
A. kuasailah topik yang akan iperdebatkan.
B. carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran.
C. carilah narasumber yang tepat dan dipercaya.
D. kupaslah topik itu secara mendalam
E. tanggaplah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang akan dibicarakan.
A. kuasailah topik yang akan iperdebatkan.
B. carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran.
C. carilah narasumber yang tepat dan dipercaya.
D. kupaslah topik itu secara mendalam
E. tanggaplah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang akan dibicarakan.
25. Berikut ini kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam debat, kecuali....
A. sampaikanlah gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.
B. gunakan kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens
C. gunakan bahas yang baik dan benar
D. sesuai gagasan dengan topik yang dipedebatkan
E. gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas.
A. sampaikanlah gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.
B. gunakan kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens
C. gunakan bahas yang baik dan benar
D. sesuai gagasan dengan topik yang dipedebatkan
E. gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas.
Kunci Jawaban:
1. E. logika2. D. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
3. B. terstruktur
4. C. metode dialektika
5. B. terstruktur dengan baik
6. E. menyampaikan pendapat masing-masing.
7. C. melakukan perlawanan terhadap dewan juri
8. A. moderator
9. A. Indonesia Varsity English Debate (IVED)
10. A. sanggahan
11. A. antartim
12. B. lawan debat
13. D. moderator
11. A. antartim
12. B. lawan debat
13. D. moderator
14. E. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
15. A. debat
16. B. formal
17. C. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
15. A. debat
16. B. formal
17. C. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
18. D. Australasian Parliamentery
19. C. debat parlementer
20. C. narasumber
21. A. katakan dengan kata fakta dan data.
22. D. afirmatif dan negatif
23. A. dipertentangkan
24. C. carilah narasumber yang tepat dan dipercaya.
25. B. gunakan kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens
19. C. debat parlementer
20. C. narasumber
21. A. katakan dengan kata fakta dan data.
22. D. afirmatif dan negatif
23. A. dipertentangkan
24. C. carilah narasumber yang tepat dan dipercaya.
25. B. gunakan kalimat yang efektif yang mudah dipahami audiens
Posting Komentar
Posting Komentar