Kumpulan 40+ Contoh Soal Nilai-Nilai Gotong Royong dalam Kehidupan Sehari-Hari

Posting Komentar

Votere | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal nilai-nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-hari dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran PPKn kelas VI revisi K13. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi contoh soal nilai-nilai gotong royong dalam kehidupan sehari-hari dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran PPKn.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal nilai Kumpulan 40+ Contoh Soal Nilai-Nilai Gotong Royong dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gambar: freepik.com

1. Landasan semangat membangun bangsa yaitu menjadikan gotong royong untuk ....
A. pekerjaan semakin berat
B. memupuk sikap egois
C. perpecahan antar suku
D. kemajuan bersama

2. Berikut yang bukan termasuk sikap dan perilaku sehari-hari dari warga masyarakat di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila, yaitu ....
A. Tidak mengganggu ibadah orang lain
B. Mengerjakan tugas sekolah dengan baik
C. Menghargai hak dan kewajiban orang lai
D. Melakukan kegiatan gotong royong 

3. Tindakan yang tidak mencerminkan pengamalan sila pertama Pancasila adalah ....
A. mengawali kegiatankelompok dengan berdoa
B. mempersilakan teman dalam kelompok untuk beribadah
C. bekerja sama dalam kelompok sekolah walau berbeda suku bangsa
D. tidak mengganggu teman yang sedang beribadah

4. berikut termasuk perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila-sila Pancasila di rumah, kecuali ....
A. mendengarkan dan melaksanakan nasihat orang tua
B. melaksanakan aturan di rumah dengan baik
C. menyayangi adik dan kakak
D. tidak memilih-milih teman

5. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat musyawarah adalah....
A. tercapainya kesepakatan bersama
B. menghasilkan keputusan yang adil
C. mementingkan kepentingan pribadi atau golongan
D. penyatuan pendapat yang berbeda dengan menghasilkan satu keputusan

6. Nilai yang tidak sesuai dengan pengamalan Pancasila di lingkungan sekolah adalah ....
A. berteman dengan semua siswa
B. mengikuti upacara bendera
C. menyontek hasil ulangan teman
D. memberi pinjaman pulpen kepada teman

7. Masyarakat bekerja sama saling membantu untuk mencapai suatu tujuan tertentu demi kepentingan bersama disebut ....
A. Gotong Royong
B. Kerja Bakti
C. Tolong Menolong
D. Kerja Sama

8. Contoh kegiatan yang mencerminkan sila keempat dalam lingkungan masyarakat yaitu ....
A. melaksanakan kerja bakti sosial
B. melaksanakan pemilihan ketua RW
C. membantu warga yang tidak mampu
D. melaksanakan pembangunan rumah ibadah

9. Salah satu alasan mengapa gotong royong dianggap sebagai ciri khas bangsa Indonesia adalah....
A. Masyarakat Indonesia terbiasa sendiri
B. Masyarakat Indonesia tidak memandang perbedaan, baik suku bangsa, budaya, maupun agama dalam menyelesaikan masalah secara bersama
C. Masyarakat Indonesia terbiasa bermusyawarah
D. Masyarakat Indonesia mementongkan kepentingan golongan

10. Indonesia sering dilanda musibah, antara lain tsunami, banjur dan gunung meletus. Ketika kita tidak peduli dengan penderitaan yang dialami oleh yang terkena musibah tersebut, maka siskap kita tidak sesuai dengan penamalan Pancasila terutama sila ....
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat

11. Sikap yang dapat menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa, ditunjukkan pada huruf....
A. kerja bakti, perkelahian dan gotong royong
B. piket kelas, membantu teman yang kesulitan, dan melanggar tata tertib yang ada
C. saling menghormati, gotong royong dan menjenguk teman yang sakit
D. ronda, kerja bakti, menghasut orang lain

12. Pernyataan di bawah ini yang bukan bentuk tanggung jawab sebagai warga di lingkungan sekitar yaitu ....
A. melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar
B. melaksanakan gotong royong dengan keterpaksaan
C. menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan sekitar
D. melaksanakan ronda tiap malam untuk menjaga keamanan lingkungan

13. Bentuk pengamalan sila Pancasila berlambang kepala banteng dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ....
A. menyantuni fakir miskin
B. upacara hari raya keagamaan
C. adanya gotong royong di masyarakat
D. pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung

14. Salah satu contoh sikap yang tidak mencerminkan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yaitu ....
A. membiarkan adik bermain sendiri
B. membersihkan halaman rumah
C. selalu mengerjakan PR
D. tidak pernah terlambat berangkat sekolah

15. Berikut ini termasuk penerapan sikap gotong royong dalam kehidupan masyarakat melalui kegiatan ....
A. membantu tetangga berjualan
B. membantu membuat KTP
C. kerja bakti lingkungan
D. mendirikan usaha

16. Pada hari Minggu Pak Firma berencana pergi berlibur bersama keluarganya ke pantai. Akan tetapi pada hari Minggu yang sama warga masyarakat Desa Mekar Sari akan mengadakan kerja bakti membersihkan selokan. Pak Firma harus ikut kerja bakti. Tindakan Pak Firma tersebut mencerminkan sikap tanggung jawab sebagai ....
A. kepala keluarga
B. diri sendiri
C. warga negara
D. warga masyarakat

17. Bentuk tanggung jawab yang dapat dilakukan oleh seorang siswa di lingkungan sekolah ketika dilaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan adalah ....
A. melihat-lihat kegiatan kerja bakti
B. membantu kerja bakti dengan terpaksa
C. bermain bersama teman
D. ikut serta membantu kerja bakti

18. Sikap solidaritas sosial dalam masyarakat meliputi ....
A. saling bermusuhan
B. saling membantu
C. tidak peduli dengan sesama
D. mengutamakan kepentingan pribadi

19. Pernyataan yang bukan dampak positif dari keberagaman sosial budaya adalah ....
A. menumbuhkan rasa saling menghargai
B. menumbuhkan sikap tenggang rasa
C. menjadi beban warga masyarakat
D. menjadikan lingkungan desa wisata

20. Hubungan timbal balik antara seseorang dengan orang lain maupun kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok lainnya, disebut ....
A. interaksi sosial
B. interaksi budaya
C. keragaman sosial budaya
D. keragaman agama

21. Untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, diperlukan rasa ....
A. kemandirian
B. keadilan
C. persatuan dan kesatuan
D. kebenaran

22. perhatikan bentuk kerja sama berikut!
1) Gotong royong mendirikan pos kamling.
2) Kerja bakti membersihkan halaman sekolah.
3) Kerjasama dalam mengerjakan soal ulangan.
4) Kerjasama untuk berbohong pada guru.

Bentuk kerja sama yang perlu di kembangkan dalam kehidupan sehari-hari ditunjukan oleh nomor....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

23. Dalam suatu rapat, untuk mencapai kata mufakat dibutuhkan ....
A. tunjuk langsung
B. suara terbanyak
C. voting
D. musyawarah

24. Salah satu contoh penerapan nilai pancasila Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia....
A. gotong royong
B. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
C. melaksanakan kewajiban sebagai seorang pelajar
D. mengakui persamaan hak sebagai warga negara

25. Nilai kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari sebagai siswa adalah ....
A. melaksanakan ronda malam
B. melaksanakan piket kelas
C. memperbaiki jembatan penyeberangan
D. membersihkan selokan di masyarakat

26. Contoh penerapan nilai-nilai sila keempat Pancasila dalam lingkungan sekolah adalah....
A. mengikuti kegiatan musyawarah desa
B. turut andil dalam pemilihan ketua kelas
C. memberikan suara dalam pemilu
D. ikut berpendapat saat bermusyawarah dengan ayah dan ibu

27. Nilai yang mengajarkan kepada kita untuk menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertenatangan dengan pendapat kita , nilai yang dimaksud adalah ....
A. kebersamaan
B. toleransi
C. musyawarah
D. kerja keras

28. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan antarwarga sekolah adalah ....
A. mengadakan belajar bersama
B. menghormati bapak dan ibu guru
C. bertengkar dengan teman
D. bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah

29. Musyawarah mufakat sesuai dengan Pancasila sila ke....
A. Kelima
B. Kesatu
C. Kedua
D. Keempat

30. Berikut ini yang bukan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah ....
A. tidak membeda-bedakan teman
B. meningkatkan kerukunan antarwarga
C. menumbuhkan rasa menghargai teman
D. menciptakan rasa tak peduli terhadap teman

31. Salah satu kegiatan gotong-royong yang diadakan di lingkungan sekolah adalah ....
A. pembuatan pos ronda
B. membersihkan saluran air
C. membersihkan lingkungan sekolah
D. kerja bakti pengecoran jalan

32. Menjaga keutuhan bangsa serta menghindari adanya perpecahan merupakan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan ....
A. keluarga
B. masyarakat
C. bangsa dan negara
D. sekolah

33. Negara Indonesia dapat mencapai kemerdekaan karena ....
A. Rakyatnya yang bersatu padu
B. Rakyatnya pandai melakukan silat
C. Rakyatnya gagah dan berani
D. Rakyatnya yang pintar persenjataan

34. Salah satu bentuk perwujudan semangat persatuan dan kesatuan adalah gotong royong. Gotong royong perlu kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari karena ....
A. merupakan kebiasaan suku bangsa
B. merupakan ciri khas daerah tertentu
C. dapat mewujudkan ketenangan lingkungan
D. dapat mewujudkan kesejahteraan bersama

35. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan antarwarga sekolah adalah ....
A. mengadakan belajar bersama
B. menghormati bapak dan ibu guru
C. bertengkar dengan teman
D. bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah

36. Fera dan teman-teman sedang mengumpulkan dana untuk temannya yang mengalami musibah. Bunyi sila yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah ....
A. Kemanusiaan yang adil dan beradab
B. Ketuhanan Yang Maha Esa
C. Persatuan Indonesia
D. Kerakyatan yang dipimpin olehhikmat kebijaksanaan dalam permuswaratan perwakilan

37. Berikut ini yang bukan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah ....
A. tidak membeda-bedakan teman
B. meningkatkan kerukunan antarwarga
C. menumbuhkan rasa menghargai teman
D. menciptakan rasa peduli terhadap teman

38. Berikut yang tidak termasuk nilai-nilai yang dapat diambil dalam proses perumusan Pancasila ....
A. Semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan
B. Semangat kekeluargaan dan kebersamaan sebagai bangsa Indonesia
C. Semangat untuk mengutamakan kepentingan daerah sendiri
D. Rasa cinta tanah air yang begitu besar

39. Negara Kesatuan Republik Indonesia bukanlah negara yang berdiri dengan sendirinya, tetapi melalui ....
A. pengorbanan jiwa, raga, dan harta seluruh rakyat
B. pemberian pemerintah Jepang
C. hasil perjuangan para pemimpin terdahulu
D. perjuangan para pahlawan semata

40. Hasil keputusan dari musyawarah harus dapat dipertanggungjawabkan oleh ....
A. Ketua rapat
B. Sekretaris rapat
C. Diri sendiri
D. Seluruh peserta rapat

Materi Sekolah Lengkap


Materi Kelas 4


Materi Kurikulum Merdeka Kelas 7


PTS 12 2023


CP


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter

Iklan