Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Pengenalan Notasi Algoritma
1. Perhatikan data berikut!
(1) Melanjutkan sebuah pernyataan bila kondisi terpenuhi
(2) Memilih sebuah pilihan dari beberapa alternatif bila sebuah kondisi terpenuhi
(3) Mengulang sebagian rutin karena tidak terpenuhi satu kondisi
(4) Melakukan manipulasi-manipulasi terhadap suatu nilai variable yang sama
Berdasarkan data di atas, struktur control percabangan merupakan pengatur aliran program berbentuk rangkaian perintah yang harus ditulis untuk memenuhi beberapa keadaan sebagai….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (1) dan (4)
D. (1), (2), dan (3)
E. (2), (3), dan (4)
2. Struktur percabangan ditandai dengan tanda….
A. Kotak
B. Lingkaran
C. Belah ketupat
D. Persegi panjang
E. Jajaran genjang
3. Fungsi perkalian dalam operator dilambangkan dengan….
A. –
B. *
C. /
D. +
E. :
4. Perhatikan data berikut!
(1) Bergambar
(2) Berfungsi
(3) Bervariabel
(4) Menjelaskan algoritma
Berdasarkan data di atas, yang termasuk ciri-ciri pseudo-code adalah….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (1) dan (4)
D. (1), (2), dan (3)
E. (2), (3), dan (4)
5. Nama program diawali dengan kata “Program”, sebagai kata baku dalam Pascal yang diikuti dengan….
A. Identifier
B. Uses crt
C. Begin end
D. Pseudo-code
E. Start begin
6. Perhatikan data berikut!
(1) Source code
(2) Pseudo-code
(3) Flowchart
(4) Executable
(5) Bahasa natural
Berdasarkan data di atas untuk membuat program dilakukan dengan menerjemahkan algoritma dalam bentuk….
A. (1), (2), (3), dan (5)
B. (1), (2), (4), dan (5)
C. (2), (3), (4), dan (5)
D. (1), (3), (4), dan (5)
E. (1), (2), (3), dan (4)
7. Penggunaan perintah/kode program untuk membersihkan layar pada Pascal yaitu….
A. Begin-end
B. Clrscr
C. Cls
D. End
E. If-end-if
8. Bagian dari pemrograman yang tidak memiliki standar baku adalah….
A. Pseudo-code
B. Interpreter
C. In-konverter
D. Executable
E. Compiler
9. Perhatikan data berikut!
(1) Di mulai dengan karakter huruf alphabet a-z atau A-Z
(2) Identifier harus berbeda dengan nama kunci
(3) Penulisan jarak harus menggunakan spasi sebagai pemisah
(4) Setelah karakter pertama, dapat dilanjutkan dengan karakter afanumerik
(5) Tidak menggunakan karakter !@#$%^&*()+`-={}[]:”;’<>?,./\.
Berdasarkan data diatas, yang termasuk aturan pemberian nama identifier adalah….
A. (1), (2), (3), dan (5)
B. (1), (2), (4), dan (5)
C. (2), (3), (4), dan (5)
D. (1), (3), (4), dan (5)
E. (1), (2), (3), dan (4)
10. Bahasa tingkat rendah sebagai rangkaian instruksi menggunakan kode singkat yang disebut sebagai kode….
A. Truth table
B. Relasional
C. Mnemonic
D. Instruksi
E. Boolean
11. Jenis instruksi yang dilakukan sebelum perulangan dilakukan pertama kali adalah….
A. Inisialisasi
B. Instruksi
C. Terminasi
D. Variable
E. Statement
12. Berikut struktur control perulangan adalah….
A. FOR, DO-WHILE, dan WHILE
B. IF, IF-ELSE, dan IF-ELSE-IF
C. FOR, DO-WHILE, dan IF-ELSE-IF
D. IF, IF-ELSE, dan WHILE
E. DO-WHILE, IF-ELSE, dan FOR
13. Pihak yang dapat mengeksekusi dan menjabarkan proses algoritma yaitu….
A. Input
B. Output
C. Data
D. Algoritma
E. Pemroses
14. Notasi yang menyatakan langkah-langkah algoritma dengan untaian kalimat dimana setiap langkah dapat dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami disebut….
A. Deskripsi
B. Flowchart
C. Pseudo-code
D. Pascal
E. Bagian
15. Variable yang digunakan dalam proses algoritma dituliskan pada bagian….
A. Input
B. Output
C. Hasil
D. Algoritma
E. Deklarasi
16. Langkah-langkah penyelesaian masalah dituliskan pada bagian….
A. Input
B. Output
C. Hasil
D. Algoritma
E. Deklarasi
17. Bahasa penghubung agar komputer mengerti instruksi atau perintah yang diberikan disebut….
A. Pemrograman
B. Manusia
C. Kode
D. Coding
E. Format
18. Komentar dalam pseudo-code yang berguna untuk menjelaskan baris code atau instruksi yang dituliskan adalah….
A. Tanda petik
B. Output
C. Dua garis
D. Tanda Tanya
E. Kurang kurawal
19. Guna memenuhi syarat bahwa algoritma harus finite (terbatas) maka dalam perulangan memerlukan….
A. Perulangan akan dijalankan minimal satu kali
B. Selama kondisi belum terpenuhi
C. Pernyataan yang harus diulang
D. Titik pemberhentian
E. Perulangan dengan penghitungan dari baesar ke kecil
20. Pernyataan REPEAT-UNTIL berfungsi hapir sama dengan….
A. WHILE-DO
B. FOR
C. IF
D. IF-ELSE
E. IF-ELSE-IF
21. Semua bahasa pemrograman menyediakan metode perulangan FOR, hanya berbeda pada bagian….
A. Input
B. Output
C. Alur proses
D. Variable
E. Sintaks
22. Ketaatan aturan pada notasi algoritmik digunakan untuk….
A. Menghindari kekeliruan
B. Membuat notasi baru
C. Menghindari persamaa
D. Menghindari perulangan
E. Menghadirkan notasi
23. Berikut ini yang termasuk processor untuk mengerjakan proses algoritma, kecuali….
A. Manusia
B. Komputer
C. Robot
D. Alat-alat elektronik
E. Buku tulis
24. Berikut merupakan keuntungan menggunakan pseudo-code adalah….
A. Kemudahan mengonversi
B. Membuat bagan
C. Cepat dalam menghitung
D. Data lebih kompleks
E. Tidak tercampur bahasa lain
25. Fungsi IF dalam bahasa pemrograman dapat terjadi apabila….
A. Memiliki suatu syarat di mana syarat tersebut bernilai TRUE
B. Beberapa syarat dimana syarat tersebut bernilai FALSE dan TRUE
C. Syarat yang ada di dalam IF sanagt beragam
D. Beberapa syarat dimana syarat tersebut bernilai FALSE
E. Beberapa syarat dimana syarat tersebut bernilai NOT dan NOR
26. Pada dasarnya, statement REPEAT dan UNTIL merupakan pergantian dari….
A. START dan END
B. FOR dan DO
C. WHILE dan DO
D. BEGIN dan END
E. TO dan DO
27. Secara mendasar, Array dapat diartikan sebagai….
A. Garis
B. Input
C. Kolom
D. Larik
E. Output
28. Kumpulan elemen-elemen yang terdiri lebih dari satu baris disebut dengan….
A. Array tiga dimensi
B. Array dimensi dua
C. Array dimensi Satu
D. Array
E. Array tanpa dimensi
29. Semua pernyataan yang terletak dalam struktur dibuat dalam posisi….
A. Berada ditengah-tengah
B. Menjorok pada tepi yang berbeda
C. Menjorok pada tepi yang sama
D. Selalu rata kanan
E. Selalu rata kiri
Jawaban:
1. D. (1), (2), dan (3)
2. C. Belah ketupat
3. B. *
4. E. (2), (3), dan (4)
5. A. Identifier
6. A. (1), (2), (3), dan (5
7. B. Clrscr
8. A. Pseudo-code
9. B. (1), (2), (4), dan (5)
10. C. Mnemonic
11. A. Inisialisasi
12. A. FOR, DO-WHILE, dan WHILE
13. E. Pemroses
14. A. Deskripsi
15. E. Deklarasi
16. D. Algoritma
17. A. Pemrograman
18. E. Kurang kurawal
19. D. Titik pemberhentian
20. A. WHILE-DO
21. E. Sintaks
22. A. Menghindari kekeliruan
23. E. Buku tulis
24. A. Kemudahan mengonversi
25. A. Memiliki suatu syarat di mana syarat tersebut bernilai TRUE
26. D. BEGIN dan END
27. D. Larik
28. A. Array tiga dimensi
29. C. Menjorok pada tepi yang sama
Posting Komentar
Posting Komentar