Kumpulan Soal (Uraian/Essay) Kebugaran Jasmani
1. Bagaimana bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan?
2. Apakah komponen kebugaran jasmani yang bisa meningkatkan kesehatan?
3. Jelaskan pelaksanaan tes pengukuran kelincahan dengan lari bolak-balik!
4. Apakah yang dimaksud dengan TKJI! Apa kegunaannya?
5. Tuliskan tujuan utama latihan kebugaran!
6. Tuliskan bentuk-bentuk latihan kekuatan!
Jawaban:
1. Bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan:
a. Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter
b. Lari dengan mengubah-ubah kecepatan.
c. Lari naik dan turun di suatu tempat, seperti bukit dan tangga
2. Komponen kebugaran jasmani yang bisa meningkatkan kesehatan
a. Daya tahan jantung dan paru-paru
b. Kekuatan
c. Daya tahan otot
d. Kelenturan
e. Komposisi tubuh
3. Tes pengukuran kelincahan dengan lari bolak-balik
Lari Bolak Balik (Shuttle – Run) merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kelincahan, yaitu kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat sambil melakukan gerakan. Kelincahan merupakan komponen kebugaran jasmani penting untuk banyak cabang olahraga seperti tenis, sepak bola, dan bola basket.
Peralatan Stopwatch, pancang, pita pengukur, dan kapur atau pita untuk membuat lintasan lari dengan lebar 1,2 meter dan panjang lintasan 5 meter. Tempat pelaksanaan tes harus datar dan lurus.
Prosedur Pelaksanaan Siswa berdiri di belakang garis dengan kaki depan tepat di atas garis start. Pada aba-aba “ya” siswa lari kedepan secepat mungkin ke garis lain, kemudian berputar dan kembali lagi ke garis start. Setiap melakukan putaran kedua kaki harus melewati garis start dan garis finish. Siswa harus melakukan kegiatan tersebut sebanyak 5 kali (siklus). Satu siklus diartikan sebagai satu kali lari bolak balik. Hidupkan stopwatch pada aba-aba “ya” dan hentikam stopwatch pada saat dada pelari melewati garis. Penilaian : Siswa diberi kesempatan melakukan lari bolak-balik sebanyak 2 kali. Catat kedua waktunya dengan tingkat ketepatan 0,1 detik. Ambil waktu terbaik. Bagi siswa yang gagal melakukan tes bisa diberikan kesempatan untuk mengulangi lagi.
4. TKJI
Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) adalah suatu tolak ukur untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani yang berbentuk rangkaian butir-butir tes yang menjadi salah satu tolak ukur dalam mengetahui tingkat kesegaran jasmani anak yang digolongkan sesuai dengan umur anak tersebut.
5. Tujuan utama latihan kebugaran
a. Meningkatkan daya tahan tubuh
b. Meningkatkan kelentukan persendian
c. Meningkatkan kekuatan otot
d. Meningkatkan kecepatan
e. Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari
6. Bentuk-bentuk latihan kekuatan!
a. Kontraksi isomretik atau statis adalah kontraksi sekelompok otot yang dihasilkan tanpa menggerakkan anggota tubuh.
b. Kontraksi isotonik atau kontraksi dinamik karena dalam latihan ini anggota tubuh mengalami gerak, yaitu sekolompok otot mengalami memanjang dan memendek.
c. Kontraksi isokineti, otot mendapatkan tahanan yang sama melalui seluruh ruang geraknya sehingga otot bekerja secara maksimal pada setiap sudut persendiannya.
d. Bentuk latihan kekuatan sederhana, dilakukan setelah melakukan pemanasan-pemanasan.
a. Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter
b. Lari dengan mengubah-ubah kecepatan.
c. Lari naik dan turun di suatu tempat, seperti bukit dan tangga
2. Komponen kebugaran jasmani yang bisa meningkatkan kesehatan
a. Daya tahan jantung dan paru-paru
b. Kekuatan
c. Daya tahan otot
d. Kelenturan
e. Komposisi tubuh
3. Tes pengukuran kelincahan dengan lari bolak-balik
Lari Bolak Balik (Shuttle – Run) merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kelincahan, yaitu kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat sambil melakukan gerakan. Kelincahan merupakan komponen kebugaran jasmani penting untuk banyak cabang olahraga seperti tenis, sepak bola, dan bola basket.
Peralatan Stopwatch, pancang, pita pengukur, dan kapur atau pita untuk membuat lintasan lari dengan lebar 1,2 meter dan panjang lintasan 5 meter. Tempat pelaksanaan tes harus datar dan lurus.
Prosedur Pelaksanaan Siswa berdiri di belakang garis dengan kaki depan tepat di atas garis start. Pada aba-aba “ya” siswa lari kedepan secepat mungkin ke garis lain, kemudian berputar dan kembali lagi ke garis start. Setiap melakukan putaran kedua kaki harus melewati garis start dan garis finish. Siswa harus melakukan kegiatan tersebut sebanyak 5 kali (siklus). Satu siklus diartikan sebagai satu kali lari bolak balik. Hidupkan stopwatch pada aba-aba “ya” dan hentikam stopwatch pada saat dada pelari melewati garis. Penilaian : Siswa diberi kesempatan melakukan lari bolak-balik sebanyak 2 kali. Catat kedua waktunya dengan tingkat ketepatan 0,1 detik. Ambil waktu terbaik. Bagi siswa yang gagal melakukan tes bisa diberikan kesempatan untuk mengulangi lagi.
4. TKJI
Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) adalah suatu tolak ukur untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani yang berbentuk rangkaian butir-butir tes yang menjadi salah satu tolak ukur dalam mengetahui tingkat kesegaran jasmani anak yang digolongkan sesuai dengan umur anak tersebut.
5. Tujuan utama latihan kebugaran
a. Meningkatkan daya tahan tubuh
b. Meningkatkan kelentukan persendian
c. Meningkatkan kekuatan otot
d. Meningkatkan kecepatan
e. Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari
6. Bentuk-bentuk latihan kekuatan!
a. Kontraksi isomretik atau statis adalah kontraksi sekelompok otot yang dihasilkan tanpa menggerakkan anggota tubuh.
b. Kontraksi isotonik atau kontraksi dinamik karena dalam latihan ini anggota tubuh mengalami gerak, yaitu sekolompok otot mengalami memanjang dan memendek.
c. Kontraksi isokineti, otot mendapatkan tahanan yang sama melalui seluruh ruang geraknya sehingga otot bekerja secara maksimal pada setiap sudut persendiannya.
d. Bentuk latihan kekuatan sederhana, dilakukan setelah melakukan pemanasan-pemanasan.
Posting Komentar
Posting Komentar