Kumpulan Soal PG Perspektif Global
1. Seorang pakar filsafat yang juga sejarawan dan geografiwan yang mengemukakan bahwa sejarah dan geografi merupakan "ilmu dwitunggal". Tokoh tersebut adalah ....
a. Emmanuel Kant
b. Preston E. James
c. Henry J. Warman
d. Gerald Foley
2. Penerapan model pembelajaran perspektif global dengan cara memperhatikan hakikat dasar mental yang melekat pada diri siswa diantaranya adalah ....
a. Dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan
b. Memberi latihan dari yang sederhana ke arah yang kompleks
c. Mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai fenomena yang kontroversial
d. Memberi tugas kepada siswa mulai dari kepatuhan hingga ketepatan waktu
a. Dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan
b. Memberi latihan dari yang sederhana ke arah yang kompleks
c. Mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai fenomena yang kontroversial
d. Memberi tugas kepada siswa mulai dari kepatuhan hingga ketepatan waktu
3. Suatu proses pengajaran aspek konotatif dari konsep-konsep kegiatan merupakan ....
a. Strategi pembinaan konsep
b. Pembinaan konsep
c. Penerapan konsep
d. Evaluasi konsep
a. Strategi pembinaan konsep
b. Pembinaan konsep
c. Penerapan konsep
d. Evaluasi konsep
4. Membuat daftar, mengelompokkan seperti membuat tabel oleh John Jarolimek dimasukkan dalam pembinaan konsep tertuang dalam strategi ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
5. Evaluasi berkenaan dengan suatu penerapan yang dilakukan untuk mengungkapkan mutu atau hasil, definisi tersebut dikemukakan oleh ....
a. John W. Best
b. Loren Bagus
c. Alexander Graham Bell
d. Steiner
a. John W. Best
b. Loren Bagus
c. Alexander Graham Bell
d. Steiner
6. Membuat laporan presentasi peserta didik berkenaan dengan hasil pembelajaran yang harus diketahui oleh orang tua masing-masing, hal tersebut termasuk dalam ....
a. Hakikat evaluasi
b. Asas evaluasi
c. Fungsi evaluasi
d. Tujuan evaluasi
a. Hakikat evaluasi
b. Asas evaluasi
c. Fungsi evaluasi
d. Tujuan evaluasi
7. Membuat kisi-kisi tes tertulis dalam rancangan prosedur dan alat evaluasi hasil pembelajaran perspektif global termasuk dalam ....
a. Tujuan evaluasi
b. Sasaran evaluasi
c. Prosedur evaluasi
d. Alat evaluasi
a. Tujuan evaluasi
b. Sasaran evaluasi
c. Prosedur evaluasi
d. Alat evaluasi
8. Kelompok Roma yang telah mencanangkan masalah keterbatasan kemampuan planet bumi menjamin kehidupan, jika tidak dilakukan upaya-upaya mengenai pembatasan pertumbuhan penduduk dan menekan kebutuhan hidup hingga batas minimal. Tesisnya terkenal dengan judul ....
a. Perspectives of Global Education
b. Environment ang Development
c. The Limit to Growth
d. New Viewpoints in Geography
a. Perspectives of Global Education
b. Environment ang Development
c. The Limit to Growth
d. New Viewpoints in Geography
9. Suatu kondidi yang menggambarkan norma dan nilai telah tersusun dalam struktur tata tertib, peraturan, hukum, dan undang-undang tertulis "hitam di atas putih" merupakan ciri negara yang ....
a. Sangat modern
b. Modern
c. Tradisional
d. Terbelakang
a. Sangat modern
b. Modern
c. Tradisional
d. Terbelakang
10. Dalam pembelajaran IPS salah satu yang perlu diperhatikan adalah konteks keruangan. Ada beberapa pengembangan terkait dengan keruangan yaitu ....
a. Mempertahankan diri
b. Memperhatikan konteks lingkungan
c. Membiarkan lingkungan
d. Merekayasa lingkungan

1. a. Emmanuel Kant
2. a. Dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan
3. b. Pembinaan konsep
4. a. Pertama
5. a. John W. Best
6. d. Tujuan evaluasi
7. c. Prosedur evaluasi
8. c. The Limit to Growth
9. b. Modern
10. b. Memperhatikan konteks lingkungan
a. Mempertahankan diri
b. Memperhatikan konteks lingkungan
c. Membiarkan lingkungan
d. Merekayasa lingkungan

Jawaban:
1. a. Emmanuel Kant
2. a. Dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan
3. b. Pembinaan konsep
4. a. Pertama
5. a. John W. Best
6. d. Tujuan evaluasi
7. c. Prosedur evaluasi
8. c. The Limit to Growth
9. b. Modern
10. b. Memperhatikan konteks lingkungan
Posting Komentar
Posting Komentar